Soal TOEFL Error Analysis of Inverted Subject & Verb with Question Word dan Pembahasannya


    Soal TOEFL Error Analysis of Inverted Subject & Verb with Question Word dan Pembahasannya



    Hi, sobat!
    Pernahkah kamu menjumpai atau mengerjakan soal error analysis pada TOEFL Test? Ya, soal error analysis ini merupakan bagian dari TOEFL Test, khususnya Grammar or Structure atau Written Expression. 

    Lantas apa sih Error Analysis itu? Ya, Error Analysis, atau yang seringkali disebut juga dengan error recognition, merupakan bagian dari jenis soal baik pilihan ganda atau isian yang bertujuan agar test taker dapat mengenali atau menganalisis error atau kesalahan dalam grammar/structure (gramatika) sebuah kalimat atau wacana, khususnya English grammar atau English structure. 

    Grammar atau Structure itu sendiri merupakan bentuk atau kaidah bahasa, disebut juga gramatika, yang dipengaruhi oleh aturan-aturan suatu pemerolehan bahasa tertentu. Misalnya, penggunaan kata, penyusunan kata dalam klausa atau kalimat, penyesuaian konteks dan konten kalimat, pembentukan kata, pemerhatian kesopanan bahasa, dan sebagainya. 

    Soal TOEFL Error Analysis of Inverted Subject & Verb with Question Word dan Pembahasannnya 


    Subject (subjek) & verb (kata kerja) dalam bahasa Inggris dalam berbagai situasi seringkali diinversi (dibalik) atau disebut dengan “inverted subject & verb”. Kemudian, subjek dan kata kerja yang diinversi tersebut terjadi pada pembentukan sebuah pertanyaan atau question.  
    Dalam pembentuk question (kalimat tanya), helping verb (kata bantu), seperti be (is, am, are, was, were), have/has/had, can, could, will, would, dll.) seringkali digunakan. Subjek dan helping verb tersebut dibalik atau diinversi. Sementara itu, penggunaan helping verb itu sendiri dipengaruhi oleh pola tense pada kalimat. Perhatikan contoh inverted subject & verb with helping verb in question berikut ini!
    (+) He can go to the movies.
    (?) Can he go to the movies?

    (+) You would tell me the truth.
    (?) Would you tell me the truth?

    (+) She was sick yesterday.
    (?) Was she sick yesterday?

    Selain itu, untuk membentuk kalimat pertanyaan ketika tidak ada helping verb yang disebutkan di atas, maka kita dapat menggunakan helping verb, seperti do, does, dan did. Perhatikan contoh inverted subject & verb with helping verb in question berikut ini!
    (+) He goes to the movies.
    (?) Does he go to the movies?

    (+) You make a cake for her.
    (?) Do you make a cake for her?

    (+) You told me the truth.
    (?) Did you tell me the truth?

    Dalam Tes TOEFL, permasalahan berkaitan dengan inverted subjects & verbs sering terjadi pada situasi-situasi berikut: 
    (1) dengan question words (kata tanya), seperti what, when, where, why, and how; 
    (2) setelah beberapa place expressions (ungkapan yang menyatakan tempat); 
    (3) setelah negative expressions (ungkapan yang memiliki makna negatif); 
    (4) dalam beberapa conditionals (kalimat pengandaian), and; 
    (5) setelah beberapa comparisons (kalimat perbandingan).

    What is Question?

    Question atau pertanyaan merupakan kalimat yang berfungsi untuk meminta atau menanyakan informasi terkait sesuatu hal; informasi tersebut dapat berupa seseorang, tempat, waktu, dan lain-lain. Question atau disebut juga dengan interrogative sentence selalu diawali dengan: 1) Question Word (kata tanya) ataupun 2) Auxiliary Verb. 
    Question word yang sering kali digunakan dalam kalimat pertanyaan, yaitu Wh (who: siapa (subjek), when: kapan, why: mengapa, what: apa, where: dimana, which: yang mana, whose: (milik) siapa, whom: siapa (objek)) dan H (how: bagaimana, how far: berapa jauh, how long: berapa lama; how much/many: berapa banyak, dan lain-lain). 
    Sementara itu, auxiliary verb merupakan kata kerja bantu yang dapat digunakan pada kalimat pertanyaan, seperti be (present: is, am, are; past: was/were), have/has/had (perfect: have/has, past perfect: had), do/does/did (present: do/does, past: did), dan modals (will, can, may, should, would, dan lain-lain). Untuk kata tanya yang diawali auxiliary verb di atas biasanya berarti “-kah”, misalnya: is/am/are/was/were/do/does: apakah, have/has/had: sudahkah & modals: can (dapatkah), will (maukah/ akankah), should (haruskah), may (bolehkah/ mungkinkah), dan lain-lain. Kemudian, penggunaan auxiliary verb dalam kalimat pertanyaan menyesuaikan dengan tenses (pola waktu) yang digunakan.

    Baca Juga:
    Auxiliary Verb: Primary Auxiliary Verb & Modal Auxiliary Verb 
    Question: Wh/H Question & Yes-No Question 

    What is Kind of Question?

    Dalam bahasa Inggris, Question atau kalimat tanya dibagi menjadi dua macam yaitu 1) Yes/No Question (pertanyaan ya/tidak), dan 2) Wh/H Question (pertanyaan Wh/H). Perhatikan penjelasannya berikut ini!

    1. Yes/No Question

    Yes/No Question (pertanyaan ya/tidak) merupakan kalimat pertanyaan yang hanya membutuhkan jawaban berupa Yes (ya) atau No (tidak). Yes/No Question ini biasanya diawali dengan auxiliary verb, seperti: 1) be (is, am, are, was, atau were); 2) do, does, atau did; 3) have, has, atau had; dan modal (will, would, shall, should, can, could, may, might, dsb). Kemudian, kalimat pertanyaan ini pada umumnya bermakna “-kah...?”. Perhatikan contoh yes-no question berikut ini!
    Question: Are you a student?
    Answer: Yes, I’m atau No, I’m not.
     
    Question: Do you like the movie?
    Answer: Yes, I do atau No, I don’t. 

    Question: Were they at home yesterday?
    Answer: Yes, They were atau No, They were not.

    Question: Has Sania told him the truth?
    Answer: Yes, She has atau No, She hasn’t.

    Question: Can you speak Japanese?
    Answer: Yes, I can atau No, I can’t.

    2. Wh/H Question

    Wh/H Question, disebut juga dengan Information Question, merupakan kalimat pertanyaan yang membutuhkan jawaban berupa informasi terkait seseorang, tempat, waktu, sebab, proses, dan lain-lain. Wh/H Question merupakan pertanyaan yang diawali dengan question word (kata tanya), seperti 1) Wh yaitu who: siapa (subjek), when: kapan, why: mengapa, what: apa, where: dimana, which: yang mana, whose: (milik) siapa, whom: siapa (objek), atau 2) H yaitu how: bagaimana, how far: berapa jauh, how long: berapa lama; how much/many: berapa banyak, dan lain-lain). Perhatikan contoh Wh/H Question berikut ini!
    Question: Where do you live?
    Answer: I live in Indonesia. 

    Question: How long have you been in America?
    Answer: I have been in America for 5 years. 

    Question: When will the project begin?
    Answer: It will begin in next month. 

    Question: What should I do for this case?
    Answer: You should confirm to Mr. John and ask for the solution. 

    Question: Who speaks to you?
    Answer: He is my new roommate, Jessica. 


    What is The Structure of Question?

    Question seringkali disebut dengan interrogative sentence. Question dibedakan menjadi dua macam yaitu 1) Wh/H Question dan 2) Yes-No Question. Adapun structure kalimat question tersebut yaitu sebagai berikut:
    1) Wh/H Question
    Struktur kalimat Wh/H Question yaitu sebagai berikut:

    Question Word + Auxiliary Verb + Subject + Verb or Complement?

    Example of Wh/H Question, yaitu:
    • How are you today?
    • What are you talking about?
    • Who sits beside her?
    • How can you do that?
    • How many cars does Doni have?

    2) Yes-No Question
    Struktur kalimat Yes-No Question yaitu sebagai berikut:

    Auxiliary Verb + Subject + Verb or Complement?

    Example of Yes-No Question:
    • Are you okay?
    • Do they believe it?
    • Can you speak loudly?
    • Have the students finished it?
    • Is the class being cleaned?

    Catatan:
    • Auxiliry verb yang digunakan dalam question tergantung pada subject, yaitu 1) singular subject atau 2) plural subject. Selain itu, auxiliary verb pada question juga dipengaruhi oleh jenis tense yang digunakan dalam question tersebut. Misalnya, dalam past tense auxiliary verb yang digunakan yaitu was, were, dan did. Sedangkan, present tense mengunakan auxiliary verb, seperti is, am, are, dan does/do.
    • Complement merupakan pelengkap pada sebuah kalimat yang terletak sesudah verb atau auxiliary verb. Complement ini terdiri dari: a) Adverb (kata keterangan), b) Noun (kata benda), atau c) Adjective (kata sifat). 

    What is Inverted Subject & Verb in Question?

    Dalam bahasa Inggris, question word seperti when, who, which, when, where, what, why, how, dan sebagainya tersebut dapat memiliki dua fungsi yang berbeda dalam sebuah kalimat di antarana yaitu:
    Pertama, question word dapat menunjukkan question (kalimat pertanyaan). Dalam hal ini, subject dan verb yang mengikuti kata tanya tersebut harus diinversi (dibalik).  Perhatikan contoh penggunaan question word pada question berikut ini!
    • What is the homework?
    • When can I leave?
    • Where are you going?
    Pembahasan: Question word pada kalimat di atas berfungsi sebagai question atau kata tanya sehingga subject dan auxiliary verb sesudahnya perlu diinversi atau dibalik. 

    Kedua, question words dapat menghubungkan dua klausa atau sebagai connector (kata hubung). Dalam hal ini subject dan verb yang mengikuti tidak dapat diinversi (dibalik). Perhatikan question word pada clause berikut ini!
    • I do not know what the homework is.
    • When I can leave, I will take the first train.
    • Do you know where you are going ?
    Pembahasan: Pada masing-masing contoh di atas, ada 2 klausa yang dihubungkan dengan question word yaitu sebagai connector (kata hubung), seperti what, when, & where. Oleh karena itu, subject dan verb dalam kalimat tersebut tidak diinversi.

    Pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan soal TOEFL error analysis of inverted subject & verb with question word dan pembahasannya. Yuk, simak selengkapnya pada pembahasan berikut ini!

    Soal TOEFL Error Analysis of Inverted Subject & Verb with Question Word dan Pembahasannya 


    Indicate if the sentences are correct (C) or incorrect (I). Pay attention to the subject, verb, and question word and indicate the reduced adverb clause in each of the following sentences.

    1. The phone company is not certain when will the new directories be ready. 
    Jawaban: INCORRECT
    Pembahasan:
    Kalimat di atas memiliki struktur kalimat yang kurang tepat. Hal ini dikarenakan question word pada kalimat di atas berfungsi sebagai connector atau kata hubung antar clausa sehingga subject dan auxiliary verb sesudahnya tidak perlu diinversi atau dibalik.
    CORRECTION: The phone company is not certain when the new directories will be ready. 

    2. The professor does not understand why so many students did poorly on the exam. 
    Jawaban: CORRECT
    Pembahasan: Kalimat di atas memiliki struktur kalimat yang tepat. Hal ini dikarenakan question word pada kalimat di atas berfungsi sebagai connector atau kata hubung antar clausa sehingga subject dan verb sesudahnya tidak perlu diinversi atau dibalik. 

    3. How new students can get information about parking? 
    Jawaban: INCORRECT
    Pembahasan: Kalimat di atas memiliki struktur kalimat yang kurang tepat. Hal ini dikarenakan question word pada kalimat di atas berfungsi sebagai question atau kata tanya sehingga subject dan auxiliary verb sesudahnya perlu diinversi atau dibalik. 
    CORRECTION: How can new students get information about parking? 



    4. Where is it cheapest to get typeset copies printed? 
    Jawaban: CORRECT
    Pembahasan: Kalimat di atas memiliki struktur kalimat yang tepat. Hal ini dikarenakan question word pada kalimat di atas berfungsi sebagai question atau kata tanya sehingga subject dan auxiliary verb sesudahnya perlu diinversi atau dibalik. 

    5. Only the pilot can tell you how far can the plane go on one tank of fuel. 
    Jawaban: INCORRECT
    Pembahasan: Kalimat di atas memiliki struktur kalimat yang kurang tepat. Hal ini dikarenakan question word pada kalimat di atas berfungsi sebagai connector atau kata hubung antar clausa sehingga subject dan auxiliary verb sesudahnya tidak perlu diinversi atau dibalik.
    CORRECTION: Only the pilot can tell you how far the plane can go on one tank of fuel. 


    6. What type of security does he prefer for his investment? 
    Jawaban: CORRECT
    Pembahasan: Kalimat di atas memiliki struktur kalimat yang tepat. Hal ini dikarenakan question word pada kalimat di atas berfungsi sebagai question atau kata tanya sehingga subject dan auxiliary verb sesudahnya perlu diinversi atau dibalik. 


    7. Not even the bank president knows when vault will be opened. 
    Jawaban: CORRECT
    Pembahasan: Kalimat di atas memiliki struktur kalimat yang tepat. Hal ini dikarenakan question word pada kalimat di atas berfungsi sebagai connector atau kata hubung antar clausa sehingga subject dan auxiliary verb sesudahnya tidak perlu diinversi atau dibalik.


    8. How long it has been since you arrived in the United States? 
    Jawaban: INCORRECT
    Pembahasan: Kalimat di atas memiliki struktur kalimat yang tepat. Hal ini dikarenakan question word pada kalimat di atas berfungsi sebagai question atau kata tanya sehingga subject dan auxiliary verb sesudahnya perlu diinversi atau dibalik. 
    CORRECTION: How long has it been since you arrived in the United States? 


    9. The jury doubts what the witness said under cross-examination. 
    Jawaban: CORRECT
    Pembahasan: Kalimat di atas memiliki struktur kalimat yang tepat. Hal ini dikarenakan question word pada kalimat di atas berfungsi sebagai connector atau kata hubung antar clausa sehingga subject dan auxiliary verb sesudahnya tidak perlu diinversi atau dibalik.


    10. Do you know why he wants to take an extended leave of absence? 
    Jawaban: CORRECT
    Pembahasan: Kalimat di atas memiliki struktur kalimat yang tepat. Hal ini dikarenakan question word pada kalimat di atas berfungsi sebagai connector atau kata hubung antar clausa sehingga subject dan auxiliary verb sesudahnya tidak perlu diinversi atau dibalik. Sementara itu, kalimat di atas merupakan Yes-No Question. 


    Summary 

    Question seringkali disebut dengan interrogative sentence. Question dibedakan menjadi dua macam yaitu 1) Wh/H Question dan 2) Yes-No Question. Wh/H Question merupakan kalimat tanya yang diawali dengan question word. Sedangkan Yes-No Question merupakan kalimat tanya yang diawali dengan auxiliary verb. 
    Sementara itu, question pada umumnya diawali dengan 1) Question words yaitu who, what, when, where, why, which, whose, whom, how, *how long, *how far, dan sebagainya; atau 2) Auxiliary Verb, baik primary auxiliary verb atau modal auxiliary verb yaitu is, am, are, was, were, do, does, did, has, have, had, will, shall, would, should, dan sebagainya
    1. Ketika question word menunjukkan question (kalimat pertanyaan), maka subject dan verb diinversi atau dibalik.  
    • What are they? (Question Word + Verb + Subject?)
    • What does Shane buy? (Question Word + Auxiliary Verb + Subject + Main Verb?)
    • Is Danial at home? (Auxiliary Verb + Subject + Complement?)
    • Do you understand him (Auxiliary Verb + Subject + Main Verb + Object?)

    2. Ketika question word menghubungkan dua klausa, yaitu sebagai connector atau kata hubung, maka subjek dan verb yang mengikuti tidak diinversi atau dibalik.
    • I know what they are. (Subject + Verb + Question Word as Connector + Subject + Verb)
    • What you draw is amazing. (Question Word as Connector + Subject + Verb + Verb + Complement)

    Referensi

    Longman Preparation Course for the TOEFL Test

    Demikian, sekilas penjelasan terkait soal TOEFL error analysis of inverted subject & verb with question word dan pembahasannya pada TOEFL Test bagian Structure atau Written Expression pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan dapat menambah wawasan kita dalam mempelajari bahasa Inggris. Terima kasih 😊  



    Post a Comment

    "Terima kasih Anda telah mengunjungi blog kami. Kami berharap Anda dapat memberikan saran, kritik, ataupun dukungan yang positif dan membagun agar kami dapat melakukan perbaikan pada artikel blog kami."

    Previous Post Next Post