Expression of Agreeing & Disagreeing with an Opinion


    EXPRESSION OF AGREEING & DISAGREEING WITH AN OPINION
    (UNGKAPAN MENYETUJUI ATAU TIDAK MENYETUJUI PENDAPAT)




    Hi, sobat EFL!
    Tahukah kamu bagaimana untuk mengungkapkan rasa setuju dan tidak setuju terhadap pendapat dalam bahasa Inggris?
    Ya, expression of agreeing and disagreeing with an opinion atau ungkapan menyetujui dan tidak menyetujui pendapat merupakan bentuk respon atau tanggapan terhadap ide, gagasan, pemikiran, pendapat, atau sudut pandang seseorang terkait topik tertentu. Kita menyetujui pendapat seseorang jika merasa apa yang mereka sampaikan sesuai dengan pengetahuan, pemahaman, dan pengalaman kita, serta sama dengan sudut pandang kita. Sebaliknya, kita tidak menyetujui pendapat orang lain jika kita merasa ide, gagasan, atau pemikiran yang disampaikan tidak sesuai dengan sudut pandang rasional kita dan atau fakta-fakta umum yang kita jumpai di masyarakat. Berikut ini kami sajikan pembahasan terkait expression of agreeing and disagreeing with an opinion (ungkapan menyetujui dan tidak menyetujui pendapat). Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

    Expression of Agreeing with an Opinion

    Expression of agreeing with an opinion merupakan ungkapan menyetujui ide, pemikiran, gagasan, atau pendapat orang lain. Ungkapan ini bertujuan untuk membenarkan apa yang dikatakan oleh orang lain, baik hal tersebut sesuai dengan fakta ataupun berdasarkan sudut pandang pribadi. Selain itu, ketika kita menyetujui orang lain berarti kita memiliki pemikiran atau pemahaman yang sama terkait suatu hal atau topik tertentu. Hal ini dikarenakan ide, gagasan, pemikiran, atau pendapat yang disampaikan tersebut sesuai dengan apa yang kita rasakan dan alami. Namun, setiap orang memiliki kebebasan untuk menyetujui atau tidak menyutujui pendapat orang lain hal ini berkaitan dengan sudut pandang pribadi masing-masing.

    Contoh Expression of Agreeing with an Opinion

    Berikut ini beberapa contoh expression of agreeing with an opinion (ungkapan menyetujui pendapat) yang dapat digunakan dalam percakapan sehari-hari yaitu:
    • That’s right! (Hal itu benar!)
    • Absolutely! (Pasti!)
    • Exactly! (Tepat sekali!)
    • Me too! (Saya juga!)
    • Yes, I agree! (Ya, saya setuju!)
    • I totally agree! (Saya sepenuhnya setuju!)
    • I couldn’t agree more (with you)! (Saya setuju sekali (denganmu)!)
    • I see exactly what you mean! (Saya tahu dengan jelas apa yang kamu maksud!)
    • You're right. That's (really) a good point. (Kamu benar. Itu (sungguh) adalah hal yang bagus.)
    • I agree with you 100 percent. (Saya setuju denganmu 100 %)
    • That's so true. (Hal itu sangat benar)
    • That's for sure. (Itu pasti)
    • You're absolutely right. (Kamu pasti benar)
    • That's exactly how I feel. (Itu sesuai dengan apa yang saya rasakan)
    • I'm afraid I agree with ... (Saya khawatir saya setuju dengan …)
    • I have to side with … on this one. (Saya harus berpihak pada … terkait hal ini)
    • No doubt about it. (Tidak diragukan lagi)
    • (weak) I suppose so./I guess so. (Saya harap/Saya kira demikian)
    • You have a point there. (Kamu tepat dalam hal ini)
    • I was just going to say that. (Saya baru akan mengatakan hal demikian)
    • Of course. (Tentu)
    • This is absolutely right. (Ini pasti benar)
    • I agree with this (your) opinion. (Saya setuju dengan pendapat ini(-mu))
    • I agree with what you are saying. (Saya setuju dengan apa yang kamu katakana)
    • I agree, I never thought of that. (Saya setuju, saya tidak pernah kepikiran dengan hal itu)
    • Neither do I. (Saya juga sama)
    • I think so too. (Saya berpikiran demikian juga)
    • I (completely / really / totally / absolutely / honestly / truly) agree with you (on that) (Saya sepenuhnya/sunggguh/sepenuhnya/pasti/ dengan jujur/ sebenarnya) setuju denganmu tentang hal itu)
    • I really think / believe so, too. (Saya sungguh berpikir/bercaya demikian juga)
    • I have come to the same conclusion. (Saya mendapati kesimpulan yang sama)
    • I hold the same opinion. (Saya berpegah teguh pada pendapat yang sama)
    • I have no objection whatsoever. (Saya tidak apa penolakan apapun)
    • I see what you mean and I (must) agree with you. (Saya tahu apa yang kamu maksud dan saya (harus) setuju denganmu)
    • I see it that way, too. (Saya tahu hal itu juga)
    • I share your opinion / view. (Saya membagikan pendapat/pandanganmu)
    • You’re (completely / totally / absolutely) right. (Kamu sepenuhnya/sepenuhnya/pasti benar)
    • You’ve made a good point. (Kamu memiliki sudut pandang yang bagus)
    • We are of one mind (on…) (Kita satu pemikiran terkait …)
    • We are of the same mind (on…) (Kita sepemikiran terkait …)
    • That’s (so / completely / absolutely / undeniably) true. (Itu (sangat/sepenuhnya/pasti/tidak bisa dipungkiri) benar)
    • Yeah, that’s just it. (Yeah, demikianlah)
    • Fair enough. (Sesuai)
    • Yes, of course. (Ya, tentu)
    • I tend to agree with you. (Saya cenderung sependapat denganmu)
    • That's a good idea. (Itu ide yang bagus)
    • I'm with you on that point. (Saya sama dengamu pada hal itu)
    • I'll go along with that. (Saya ikut dengan hal itu)
    • Absolutely! I agree with your point. (Pasti! Saya setuju dengan maksudmu)
    • I totally agree with that idea/proposal. (Saya sepenuhnya setuju dengan ide/pemikiran itu)
    • I hold exactly the same view. (Kita jelas menganut pada sudut pandang yang sama)
    • You're dead right. (Kamu sungguh benar)
    • That's just what I was thinking. (Itulah apa yang sedang saya pikirkan)
    • That's spot on. (Itu tepat)
    • That's exactly my position. (Itu tepat pada pendirianku)
    • That's how I see it too/ how I feel too. (Itulah bagaimana saya memandangnya juga/ bagaimana saya merasakannya juga)

    Expression of Partially Agreeing with An Opinion

    Expression of partially agreeing with an opinion merupakan ungkapan yang tidak sepenuhnya (kurang) menyetujui ide, pemikiran, gagasan, atau pendapat orang lain. Hal ini dikarenakan pendapat yang disampaikan tersebut tidak sepenuhnya berdasarkan fakta ataupun sesuai sudut pandangnya. Selain itu, ketika kita tidak sepenuhnya menyetujui orang lain berarti kita memiliki pemikiran atau pemahaman yang sama terkait suatu hal atau topik tertentu, namun dengan syarat, kondisi, dan solusi tertentu. Hal ini dikarenakan ide, gagasan, pemikiran, atau pendapat yang disampaikan tersebut dirasa masih belum lengkap (adanya keraguan dan ketidak yakinan) dan tidak mengandung pemikiran yang utuh. Oleh sebab itu, kita juga menyampaikan sudut pandang kita untuk menganggapi pendapat orang lain terkait topik pembicaraan tertentu.

    Contoh Expression of Partially Agreeing with An Opinion

    Berikut ini beberapa contoh expression of partially agreeing with an opinion (ungkapan tidak sepenuhnya menyetujui pendapat) yang dapat digunakan dalam percakapan sehari-hari yaitu:
    • I agree up to a point, but ... (Saya setuju dengan hal itu, tetapi …)
    • I see your point, but ... (Saya tahu yang kau tuju, tetapi …)
    • That’s partly true, but ... (Itu tidak sepenuhnya benar, tetapi …)
    • I'm not so sure about that. (Saya tidak yakin pa hal itu)
    • I agree with you up to a point, but … (Saya setuju denganmu atas hal itu, namun …)
    • I see what you mean, but … (Saya tahu apa yang kamu maksud, tetapi …)
    • That idea is OK, but … (Ide itu bagus, tapi …)
    • I understand that, but… (Saya paham hal itu, tapi …)
    Catatan:
    Pada expression of partially agreeing with an opinion (ungkapan tidak sepenuhnya menyetujui pendapat) kita menambahkan conjunction (kata hubung), yaitu but yang berarti tetapi atau namun. Hal ini bertujuan untuk menyampaikan adanya ketidak sesuaian antara pendapat orang lain dengan pendapat kita dan kemudian kita berusaha melengkapi atau menambahi pendapat tersebut.

    Expression of Disagreeing with an Opinion

    Expression of disagreeing with an opinion merupakan ungkapan tidak menyetujui ide, pemikiran, gagasan, atau pendapat orang lain. Ungkapan ini tidak membenarkan dan meyakini (meragukan) apa yang dikatakan oleh orang lain berdasarkan sudut pandang mereka. Hal ini tidak berarti pendapat orang lain tersebut salah, melainkan tidak sesuai dengan kemaslahatan atau kebaikan bersama, serta sedikit menyimpang sudut pandang pada umumnya. Selain itu, ketika kita tidak menyetujui orang lain berarti kita tidak memiliki pemikiran atau pemahaman yang sama terkait suatu hal atau topik tertentu. Hal ini dikarenakan ide, gagasan, pemikiran, atau pendapat yang disampaikan tersebut tidak sesuai dengan apa yang kita rasakan dan alami, atau fakta yang terjadi di lapangan.

    Contoh Expression of Disagreeing with an Opinion

    Berikut ini beberapa contoh expression of disagreeing with an opinion (ungkapan tidak menyetujui pendapat) yang dapat digunakan dalam percakapan sehari-hari yaitu:
    • I don’t agree! (Saya tidak setuju)
    • I totally disagree! (Saya sepenuhnya tidak setuju)
    • Absolutely not! (Pasti tidak)
    • That’s not right! (Itu tidak benar)
    • I’m not sure about that. (Saya tidak yakin pada hal itu)
    • I am sorry, I don't agree with you. (Saya mohon maaf, saya tidak setuju denganmu)
    • I am not sure I agree with you. (Saya tidak yakin saya setuju denganmu)
    • I don't agree with you. (Saya tidak setuju denganmu)
    • I am afraid I have to disagree with you. (Saya khawatir saya harus tidak setuju dengamu)
    • I do not believe that. (Saya tidak percaya hal itu)
    • By this I mean … (Berdasarkan hal ini saya bermaksud …)
    • I disagree with you. (Saya tidak setuju denganmu)
    • I think you are wrong. (Saya pikir kamu salah)
    • That's not the same thing at all. (Hal itu bukan hal yang sama)
    • It is not justified to say so. (Itu tak adil mengatakan hal demikian)
    • I am not convinced that … (Saya tidak yakin bahwa …)
    • I can't say I agree with this, and here's why. (Saya tidak bisa megatakan saya setuju dengan hal ini, dan inilah mengapa)
    • I don’t think so. (Saya tidak berpikir begitu)
    • If I may say so, … (Jika saya boleh berkata demikian, …)
    • I disagree. (Saya tidak setuju)
    • I can’t say that. (Saya tidak bisa mengatakan hal itu)
    • I don't think so. (Saya tidak berpikir demikian)
    • (strong) No way. (Tidak demikian)
    • I'm afraid I disagree. (Saya khawatir saya tidak setuju)
    • I beg to differ. (Saya mohon tak sependapat)
    • (strong) I'd say the exact opposite. (Saya ingin mengakatakan hal yang pasti berlawanan)
    • Not necessarily. (Tidak perlu)
    • That's not always true. (Itu tidak selalu benar)
    • That's not always (necessarily) the case. (Itu tidak selalu (perlu) hal itu)
    • I’m afraid … (Saya khawatir …)
    • I’m sorry, but … (Saya mohon maaf, tetapi …)
    • You may be right, but … (Kamu mungkin benar, tetapi …)
    • That might be true, but … (Itu mungkin benar, tetapi …)
    • I don’t agree with you on that / what you say. (Saya tidak setuju denganmu terkait hal itu/ apa yang kamu katakan)
    • I don’t think you’re right. (Saya tidak berpikir bahwa kamu benar)
    • I don’t share your view. (Saya tidak bersama dengan pandanganmu)
    • I think otherwise. (Saya berpikir sebaliknya)
    • I take a different view. (Saya memiliki pandangan yang berbeda)
    • I believe your argument doesn’t hold water. (Saya percaya pendapatmu tidak masuk akal)
    • That doesn’t make much sense to me. (Tidak masuk akal menurutku)
    • I see things differently. (Saya memandang hal-hal itu berbeda)
    • I tend to disagree with that idea. (Saya cenderung tidak setuju dengan ide itu)
    • I agree up to a point. However ... (Saya setuju terhadap hal itu. Namun …)
    • You have a point there, but ... (Kamu sesuai dengan hal itu, namun …)
    • Sorry, but I think you've missed the point. (Maaf, tetapi saya rasa kamu sudah tidak mengenai sasaran)
    • You could be right. However ... (Kamu bisa saja benar. Namun …)
    • The idea is worth considering, but ... (Ide itu layak dipertimbangkan, tetapi …)
    • Perhaps a weakness of this is that ... (Barangkali kelemahan pada hal ini adalah bahwa …)
    • Well, I'm not sure of that because ... (Baik, Saya tidak yakin dengan hal itu karena …)
    • That might be acceptable if ... (Itu pasti dapat diterima jika …)
    • I strongly / totally disapprove of ... (Saya sangat/sepenuhnya tidak menyetujui …)
    • I'm absolutely against ... (Saya pasti menentang)
    Catatan:
    Dalam mengungkapkan tidak persetujuan terhadap pendapat orang lain, kita perlu menggunakan pilihan kata atau ungkapan yang baik, santun, dan tidak menyinggung perasaan orang lain tersebut. Jika perlu, kita juga harus menyertakan alasan mengapa kita tidak menyetujui pendapat tersebut atau menyampaikan argumen yang paling sesuai dan tepat. Dalam hal ini kita bisa menggunakan beberapa frasa, seperti I`m sorry, I`m afraid, dan I`m not sure agar tidak menyinggung perasaan orang lain. Selain itu, kita bisa menggunakan conjunction (kata hubung), seperti but (tetapi), however (namun), yet (tetapi) untuk mengimbuhkan pendapat atau sudut pandang kita. Because dan due (karena) juga dapat digunakan untuk menyatakan alasan mengapa ketidak setujuan tersebut. Perhatikan contoh berikut ini.
    • I`m sorry, I don`t agree with you because it will be not suitable with our budget. (Saya mohon maaf, saya tidak setuju dengamu karena hal itu tidak sesuai dengan anggaran kita)
    • I`m not sure I agree with you, but I think we have to discuss it together before making decision. (Saya tidak setuju denganmu, tetapi saya rasa kita perlu mendiskusikannya bersama sebelum membuat keputusan)
    • I`m afraid I disagree with you. However, we should celebrate it together with all the students and their parents. (Saya khawatir saya tidak setuju denganmu. Namun, kita sebaiknya merayakannnya Bersama dengan seluruh siswa dan orang tua mereka)

    Contoh Dialog Expression of Agreeing & Disagreeing with an Opinion

    Berikut ini beberapa contoh penggunaan expression of agreeing & disagreeing with an opinion (ungkapan menyetujui & tidak menyetujui sebuah pendapat) dalam percakapan sehari-hari.

    Dialogue 1
    Dila : “Television brings more bad impacts toward the children right now.” (Televisi memberikan banyak dampak yang buruk bagi anak-anak saat ini
    Desi : “I am exactly feeling the same that television contains with a lot of programs which are showing inappropriate scenes on the children age.” (Saya jelas merasakan hal yang sama bahwa televisi mengandung banyak program yang menunjukkan adegan-adegan yang tidak sesuai pada umur anak-anak)
    Dani : “I`m not sure on that point. I believe that children will get some benefits of information shown on TV if their parents control and direct them.” (Saya tidak yakin pada hal itu. Saya percaya bahwa anak-anak akan mendapatkan banyak manfaat dari informasi yang ditayangkan pada TV jika orang tua mereka mengawasi dan mengarahkan mereka)

    Dialogue 2
    Rafa : “Cheating is still a main problem for the students during exam.” (Menyontek masih menjadi masalah utama bagi siswa saat ujian)
    Rafi : “You`re absolutely right, Rafa. Cheating will lead the students to be lazy and not to think creatively and critically.” (Kamu benar sekali Rafa. Menyontek akan mengarahkan siswa pada rasa malas dan enggan berpikir kreatif dan kritis)
    Refa : “I`m with you, Rafi. Moreover, it shows that they haven`t prepared well for test for themselves. It will definitely affect their characters.” (Saya sependapat dengamu, Rafi. Lebih-lebih, hal itu menunjukkan bahwa mereka sendiri belum mempersiapkan tes dengan baik. Itu pasti akan memengaruhi karakter mereka)

    Dialogue 3
    Denisa : “Playing game is nowadays unstoppable thing for children and even adults. It is negative for them.” (Bermain game saat ini menjadi hal yang tidak terhentikan bagi anak-anak dan bahkan orang dewasa)
    Dani : “That`s exactly what I feel. Playing game wastes the time to do some useful activities and also it costs of much money, doesn`t it.” (Itulah tepatnya apa yang saya rasakan. Bermain game membuang-buang waktu untuk melakukan beberapa aktivitas yang bermanfaat dan juga menghabiskan banyak uang, kan)
    Sania : “I have the same point on that, but playing game is for killing the time and even it stimulates people to think and do strategically. Moreover, it is now to be contested internationally.” (Saya sependapat dengan hal itu, namun bermain game itu untuk bersantai dan bahkan merangsang orang untuk berpikir dan bertindak secara strategis)

    Dialogue 4
    Jaka : “The students should put their respect to their teachers in the school.” (Para siswa harus menghormati guru-guru mereka di sekolah)
    Santi : “I totally agree with you, Jaka. Our teachers are the ones who have taught us many useful things.” (Saya sepenuhnya setuju denganmu, Jaka. Guru kita adalah orang yang telah mengajarkan kita banyak hal yang bermanfaat)
    Sinta : “That`s absolutely right, Santi. We have to respect them because they always guide us to the good manner and it is important to reach our future.” (Itu tepat sekali, Santi. Kita harus menghormati mereka karena mereka selalu membimbing kita pada kepribadian yang baik dan hal itu penting untuk meraih masa depan kita)

    Referensi

    Expressions for Agreeing and Disagreeing. Site: https://www.englishclub.com/speaking/agreeing-disagreeing-expressions.htm diakses pada tanggal 7 Desember 2021
    Agreeing and Disagreeing. Site: https://learnenglishteens.britishcouncil.org/exams/speaking-exams/agreeing-disagreeing diakses pada tanggal 7 Desember 2021
    Luis @ KSE Academy. (2019). How to Express Agreement and Disagreement. Site: https://kseacademy.com/how-express-agreement-disagreement/ diakses pada tanggal 7 Desember 2021
    Useful Phrases And Expressions Agreement – Disagreement. Site: https://www.learn-english-today.com/vocabulary/expressions-agreeing-disagreeing.html diakses pada tanggal 7 Desember 2021

    Demikian tadi sekilas penjelasan “Expression Of Agreeing and Disagreeing with an Opinion” yaitu ungkapan menyetujui dan tidak menyetujui pendapat. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru bagi kita dalam belajar bahasa Inggris. Terima kasih : )

    Post a Comment

    "Terima kasih Anda telah mengunjungi blog kami. Kami berharap Anda dapat memberikan saran, kritik, ataupun dukungan yang positif dan membagun agar kami dapat melakukan perbaikan pada artikel blog kami."

    Previous Post Next Post