Daily English Expression

     

    DAILY EXPRESSION
    (UNGKAPAN SEHARI-HARI)
     
    englishforpractice02.blogspot.com
    Gambar 1. Daily English Vocabulary (Kosakata Bahasa Inggris Sehari-hari)

    Hi, sobat! Apakah kalian sering praktik berbicara bahasa Inggris dengan teman-teman atau anggota keluarga kalian? Atau mungkin seringkali mendengarkan ungkapan-ungkapan bahasa Inggris di film atau video dari native speaker. Berikut ungkapan-ungkapan bahasa Inggris sehari-hari (Daily Expression) yang perlu kamu ketahui dan tentunya, wajib kalian praktikan ya! Selamat dan semangat belajar!

    A. Daily Expression 1

    No.

    Kalimat

    Arti/ Terjemah

    1

    Take It Easy!

    Santai aja!

    2

    Let Me Be

    Biarkan aku saja

    3

    For What?

    Untuk apa?

    4

    Dead Meat

    Matilah kau

    5

    What’ Up?

    Hai Apa Kabar?

    6

    Nothing Much

    Biasa saja

    7

    I guess so

    Saya pikir juga begitu

    8

    Don’t bother

    Jangan ganggu

    9

    No hard feeling

    Jangan tersinggung

    10

    Don’t be Noisy

    Jangan rame

    11

    Piece of cake

    Mudah sekali

    12

    Poor thing

    Kasihannya

    13

    So what?

    Lalu kenapa?

    14

    So so

    Biasa saja

    15

    Just for fun

    Hanya tuk senang-senang

    16

    One way or another

    ini atau itu

    17

    Help yourself!

    Bantu diri anda sendiri

    18

    Absolutely!

    Tentu Saja

    19

    What have you been doing?

    Apa yang telah Anda lakukan?

    20

    Nothing Much

    Bukan apa apa

     

    B. Daily Expression 2

    No.

    Kalimat

    Arti/ Terjemah

    1

    What’s on your mind?

    Apa yang anda pikirkan?

    2

    I was just thinking

    Saya hanya sedang berpikir

    3

    I was just day dreaming

    Saya hanya sedang melamun

    4

    It’s none of your business

    Bukan urusan Anda

    5

    Is that so?

    Hanya itu?

    6

    How come?

    Bagaimana bisa?

    7

    How’s it going?

    Bagaimana itu berjalan?

    8

    Definitely!

    Tentu saja!

    9

    Of course!?

    Pastinya!

    10

    You better believe it!

    Anda harus mempercayainya

    11

    I guess so

    Saya pikir begitu

    12

    There’s no way to know

    Tidak ada cara untuk mengetahuinya

    13

    I can’t say for sure

    Saya tidak dapat memastikannya

    14

    This is too good to be true

    Terlalu baik untuk menjadi kenyataan

    15

    No way, stop joking!

    Sudah! Cukup bercandanya

    16

    I got it

    Saya paham

    17

    Right on! (Great)

    Luar biasa

    18

    I did it! ( I made it )

    Saya berhasil melakukannya

    19

    Got a minute?

    Anda punya waktu sebentar?

    20

    About when?

    Sekitar kapan?

     

    C. Daily Expression 3

    No.

    Kalimat

    Arti/ Terjemah

    1

    I won't take but a minute

    Saya tidak akan lama, hanya sebentar

    2

    Speak up!

    Bicaralah!

    3

    Never mind

    Tidak masalah

    4

    So we've met again, Eh?

    Jadi kita bertemu lagi kan?

    5

    Come here!

    Kemarilah

    6

    Come over!

    Datanglah!

    7

    Don't go yet!

    Jangan pergi dulu!

    8

    Please go first. After you

    Pergilah dahulu, saya menyusul

    9

    Thanks for letting me go first

    Terima kasih telah mengizinkan saya pergi dahulu

    10

    What a relief!

    Sangat melegakan!

    11

    Bad luck!

    Sial!

    12

    You're a life saver

    Anda adalah penyelamat hidup

    13

    I know I can count on you

    Saya tahu saya bisa mengandalkan Anda

    14

    Anything else?

    Ada lagi?

    15

    Do as I say!

    Lakukan seperti apa yang saya katakan!

    16

    This is the limit!

    Ini adalah batasnya

    17

    Explain to me why!

    Jelaskan pada saya kenapa!

    18

    Ask for it!

    Tanyalah!

    19

    In the nick of time

    Hampir terlambat

    20

    No litter!

    Dilarang buang sampah sembarangan!

     

    D. Daily Expression 4

    No.

    Kalimat

    Arti/ Terjemah

    1

    Go for it!

    Lanjutkan!

    2

    Don't forget

    Jangan lupa

    3

    How cute!

    Lucunya!

    4

    None of your business!

    Bukan urusan Anda!

    5

    Don't peep!

    Jangan mengintip!

    6

    What i'm going to do if...

    Apa yang akan saya lakukan jika ...

    7

    Stop it right away!

    Berhenti sekarang

    8

    A wise guy, eh?!

    Laki-laki bijaksana bukan?!

    9

    Be good!

    Jadilah anak baik

    10

    You'd better stop dawdling

    Berhenti membuang waktu

    11

    Say cheese!

    Katakan kejuu!

    12

    Please speak more slowly!

    Tolong bicara lebih pelan

    13

    Me? Not likelySaya?

    Tidak seperti itu

    14

    Scratch one's head

    Berpikir keras

    15

    Take it or leave it!

    Ambil atau tinggalkan

    16

    What a pity

    Sayangnya

    17

    Congratulations!

    Selamat!

    18

    Mark my words

    Ingat kata-kata saya

    19

    Boys will be boys

    Anak lak-laki akan selalu jadi anak laki-laki

    20

    Good job! Well done!

    Bagus sekali!

     

    E. Daily Expression 5

    No.

    Kalimat

    Arti/ Terjemah

    1

    Just for fun

    Hanya untuk senang-senang

    2

    Try your best!

    Cobalah yang terbaik

    3

    Make some noise!

    Membuat kegaduhan

    4

    Calm down!

    Tenanglah

    5

    Go for it!

    Lanjutkanlah!

    6

    Strike it lucky

    Membuat keberuntungan

    7

    Always the same

    Selalu begitu/sama saja

    8

    Hit it off

    Supel

    9

    Hit or miss

    Sekarang atau kehilangan kesempatan

    10

    Add fuel to the fire

    Semakin membuat parah keadaan

    11

    Don't mention it/Nor at all

    Bukan apa apa

    12

    Just Kidding

    Hanya bercanda

    13

    No, not a bit

    Tidak sedikitpun

    14

    Nothing particular!

    Tidak ada yang spesial

    15

    I'll take your word for it

    Saya pegang kata-kata Anda

    16

    The same as usual

    Sama seperti biasanya

    17

    Almost done!

    Hampir selesai

    18

    You'll have to step on it

    Anda harus melaluinya

    19

    I'm in hurry

    Saya buru-buru

    20

    Sorry for bothering!

    Maaf saya mengganggu

     

    F. Daily Expression 6

    No.

    Kalimat

    Arti/ Terjemah

    1

    Give me a certain time

    Berikan waktu yang pasti

    2

    Provincial!

    Orang udik!

    3

    Discourages me much!

    Mematahkan semangat saya!

    4

    It's a kind of once-in-life!

    Sangat jarang terjadi!

    5

    The God Knows!

    Hanya Tuhan yang tahu!

    6

    Poor you/me/him/her..

    Kasihannya Anda/saya/dia...

    7

    Got a minute?

    Punya waktu sebentar?

    8

    I’ll be shot if I know.

    Saya bisa dibunuh jika saya tahu

    9

    To argue hot and long.

    Berargumen/Beralasan yang tiada habisnya

    10

    This one is on me!

    Biar saya yang selesaikan yang ini!

    11

    No problem.

    Nggak masalah

    12

    Be Patient!

    Sabar ya!

    13

    Congratulations to you!

    Saya ucapkan Selamat pada Anda!

    14

    Look at ...!

    Lihatlah ...!

    15

    Lucky You

    Sukses!

    16

    How beautiful!

    Alangkah indahnya

    17

    Nice to meet you.

    Senang ketemu kamu

    18

    How are you?

    Apa kabar mu?

    19

    Are you Ok?

    Apa kamu baik-baik saja?

    20

    Where are you going?

    Kemana kamu pergi?

     

    G. Daily Expression 7

    No.

    Kalimat

    Arti/ Terjemah

    1

    Hello/ Hallo!

    Helo!

    2

    Hi!

    Hai!

    3

    Good Morning!

    Selamat pagi!

    4

    Good day!

    Selamat Siang!

    5

    Good Afternoon!

    Selamat sore!

    6

    Good evening!

    Selamat malam!

    7

    Good night!

    Selamat tidur / malam!

    8

    How are you?

    Bagaimana kabarmu?

    9

    How do you do?

    Apa kabar? ( Perkenalan )

    10

    Very well, thank you.

    Baik-baik saja, terima kasih.

    11

    Allow me introduce my self.

    Saya perkenalkan diri saya.

    12

    My name is Boby.

    Nama saya Boby.

    13

    Do you know each other?

    Apakah kamu sudah saling kenal?

    14

    I am glad to see you.

    Senang bertemu denganmu.

    15

    How long have you been here?

    Sudah berapa lama anda di sini?

    16

    I haven't seen you for a long time.

    Sudah lama saya tidak bertemu kamu.

    17

    What a surprise to see you!

    Benar-benar mengejutkan bertemu denganmu.

    18

    We must keep in touch.

    Kita mesti saling berhubungan.

    19

    Don't forget me!

    Jangan lupakan aku!

    20

    What happened?

    Apa yang terjadi?

    21

    What's wrong?

    Ada apa ( kamu sakit )?

     

    H. Daily Expression 8 (Congratulations: Ucapan Selamat)

    No.

    Kalimat

    Arti/ Terjemah

    1

    Congratulations to you!

    Saya ucapkan selamat pada anda!

    2

    Congratulations on your escape!

    Selamat anda terhindari dari bahaya!

    3

    Please accept my congratulations!

    Terimalah ucapan selamat saya!

    4

    Have a good trip!

    Selamat bepergian!

    5

    Have a nice sleep!

    Selamat tidur nyenyak!

    6

    Have a nice dream!

    Selamat mimpi indah!

    7

    Happy new year!

    Selamat tahun baru!

    8

    Happy Birthday!

    Selamat ulang tahun!

    9

    Good bye! Bye Bye!

    Selamat jalan selamat tinggal

    10

    See you

    Sampai bertemu

    11

    See you later

    Sampai bertemu nanti

    12

    Good luck

    Semoga berhasil/semoga sukses

    13

    Give me love to Rendy

    Salam hangat saya pada Rendy

    14

    Give me regards to him

    Sampaikan salam saya kepadanya

    15

    I must say good bye

    Saya ucapkan selamat tinggal

    16

    I hope you'll come again soon

    Saya harap anda segera datang lagi

    17

    Come whenever you like

    Datanglah kapan saja kamu mau

     

    I. Daily Expression 9 (Excuses: Ucapan Maaf/ Penyesalan)

    No.

    Kalimat

    Arti/ Terjemah

    1

    Please pardon me!

    Maafkan saya!

    2

    Excuse me for coming late.

    Maafkan saya datang terlambat.

    3

    May I be excused?

    Bisakah saya dimaafkan?

    4

    It's very regretable.

    Sangat disesalkan hal itu.

    5

    I'm so regretful.

    Saya sangat menyesal.

    6

    I'm so sorry.

    Maaf ( Kalau membuat orang terluka )

    7

    Forgive me please!

    Maafkan saya!

    8

    I didn't mean to hurt you.

    Saya tidak bermaksud menyakitimu.

    9

    I'm sorry for not coming to your party.

    Maaf tidak bisa datang ke pestamu.

     

    J. Daily Expression 10 (Thanks: Ucapan Terima Kasih)

    No.

    Kalimat

    Arti/ Terjemah

    1

    Thanks a lot

    Terima kasih banyak

    2

    Thank you very much

    Terima kasih banyak

    3

    Thank you so much

    Terima kasih banyak

    4

    No, Thanks.

    Tidak, terima kasih

    5

    You're welcome

    Terima kasih kembali

    6

    Don't mention it.

    Terima kasih kembali

    7

    I appreciate for your help.

    Saya menghargai pertolonganmu

    8

    Thanks heaven!

    Alhamdulillah

    9

    My pleasure

    Dengan senang hati

     

    K. Daily Expression 11 (Common Sign: Tanda-Tanda Umum)

    No.

    Kalimat

    Arti/ Terjemah

    1

    In

    Masuk

    2

    Out

    Keluar

    3

    Entrance

    Ada/ masuk

    4

    Exit

    Keluar

    5

    Push

    Dorong

    6

    Way up

    Jalan naik

    7

    Pull

    Tarik

    8

    Arrival

    Tiba

    9

    Departure

    Berangkat

    10

    To rent

    Disewakan

    11

    To Lift

    Ke lift

    12

    Beware!

    Awas!

    13

    Admission free

    Tidak ada pungutan

    14

    Staff only

    Hanya untuk anggota staf

    15

    Fire Extinguisher

    Alat pemadam kebakaran

    16

    Emergency exit

    Pintu darurat

    17

    To staircase

    Ke tangga

    18

    To elevators

    Ke elevator

    19

    To escalator

    Ke tangga berjalan

    20

    Ground floor

    Lantai bawah

    21

    First floor

    Lantai pertama

     

    L. Daily Expression 12 (Common Road Sign: Tanda-Tanda Lalu Lintas umum)

    No.

    Kalimat

    Arti/ Terjemah

    1

    No through road

    Jalan buntu

    2

    No waiting

    Dilarang berhenti

    3

    No stopping for 4 miles

    Dilarang berhenti sepanjang 4 mil

    4

    Slow major road a head

    Pelan-Pelan, jalan raya di depan

    5

    Halt at major road a head

    Berhenti di jalan raya di muka

    6

    End of motorway

    Akhir jalur lalu lintas cepat

    7

    No over talking

    Dilarang mendahului

    8

    Road works ahead

    Perbaikan jalan di muka

    9

    Level Crossing

    Jalan bercabang

    10

    To car park

    Ke tempat parkir

     

    M. Daily Expression 13 (Requests and Regrets: Permintaan dan Penyesalan)

    No.

    Kalimat

    Arti/ Terjemah

    1

    Let me have it, please!

    Tolonglah berikan kepada saya!

    2

    May I borrow this book?

    Bolehkah saya pinjem buku ini?

    3

    Please, do.

    Tentu, silahkan.

    4

    Can I ask you favour?

    Bolehkah saya minta tolong?

    5

    With pleasure, thanks.

    Ya, terima kasih

    6

    Excuse me, please.

    Maaf...

    7

    It won't happen again.

    Tak kan terjadi lagi.

    8

    Let me try and explain!

    Baiklah saya mencoba dan menjelaskannya!

    9

    What a pity!

    Sayang betul!

    10

    How awful!

    Buruk benar!

    11

    I'm sorry to hear that.

    Berita itu tidak menyenangkan.

    12

    I hope it's nothing serious.

    Mudah-mudahan tidak ada apa-apa.

     

    N. Daily Expression 14 (Questions and Answers: Pertanyaan dan jawaban)

    No.

    Kalimat

    Arti/ Terjemah

    1

    How do you do?

    Apa kabar?

    2

    I am good.

    Saya baik saja.

    3

    What is your name?

    Siapa nama Anda?

    4

    My name is Jelita.

    Namaku Jelita

    5

    May I call you Jeli?

    Bolehkan saya panggil kamu Jeli aja?

    6

    With Pleasure.

    Boleh saja, dengan senang hati

    7

    Where do you live?

    Di mana Anda tinggal?

    8

    I live at Jl A yani no 29.

    Saya tinggal di dalam A Yani no 29

    9

    Do you have telephone?

    Apakah Anda punya telepon?

    10

    Yes, I have, it's 021-19101974.

    Ya saya punya, ini 021-19101974

    11

    May I use it?

    Bolehkah saya menggunakannya?

    12

    Certainly, you may.

    Tentu saja boleh.

    13

    Do you live a lone?

    Kamu tinggal sendirian?

    14

    No, I live with my sister.

    Tidak, saya tinggal bersama saudara perempuanku

    15

    How is your mother?

    Bagaimana kabar ibumu?

    16

    She is so well.

    Ia baik saja.

    17

    And how old is your sister?

    Berapa umur saudara perempuanmu?

    18

    She is thirty years old.

    Umurnya 30 tahun.

    19

    Is that you, Ayu?

    Kaukah itu Ayu?

    20

    Yes, I am as you see Jelita.

    Ya, seperti yang kau lihat Jelita

    21

    Glad to see you too.

    Senang juga bertemu kamu.


    Demikian ulasan singkat mengenai Daily Expression (Ungkapan Sehari-hari) dalam bahasa Inggris. Tentunya masih ada banyak lagi yang belum disebutkan di atas. Semoga bermanfaat! Tetap semangat belajar dan praktikkan pengetahuan yang Kalian peroleh, terutama pengetahuan berbahasa ya! Terima kasih ;)

    Post a Comment

    "Terima kasih Anda telah mengunjungi blog kami. Kami berharap Anda dapat memberikan saran, kritik, ataupun dukungan yang positif dan membagun agar kami dapat melakukan perbaikan pada artikel blog kami."

    Previous Post Next Post