MATERI BAHASA INGGRIS KELAS XI SEMESTER 1_CHAPTER 2 EXPRESSION OF GIVING OPINION

     

    CHAPTER 2

    EXPRESSION OF GIVING OPINION

    (UNGKAPKAN MEMBERIKAN PENDAPAT)

     


    Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

    Kelas : XI (Sebelas)

    Semester : 1 / Ganjil

    Kompetensi Dasar :

    3.2 menerapkan fungsi  sosial,  struktur teks, dan unsur  kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait  pendapat dan  pikiran, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur  kebahasaan I think, I suppose,  in my opinion).

     

    A.  Expression of Asking Opinion

    Expression of Asking Opinion merupakan ungkapan meminta pendapat kepada seseorang terkait sesuatu hal, seperti issue (permasalahan), penampilan, benda yang dimiliki, hasil pekerjaan, karya, dan lain-lain. Berikut ini contoh Expression of Asking Opinion yang dapat kita gunakan untuk meminta pendapat orang lain terkait suatu hal.

    Expression of Asking Opinion

    Artinya

    §  What do you think of ...?

    §  Apa pendapat Anda tentang ...?

    §  What’s your opinion (about) ....?

    §  Apa pendapat Anda (tentang) ....?

    §  What are your ideas?

    §  Apa ide Anda?

    §  Do you have any thoughts on that?

    §  Apakah Anda memiliki pendapat tentang itu?

    §  How do you feel about ... (that)?

    §  Bagaimana perasaan Anda tentang ... (itu)?

    §  Do you agree?

    §  Apakah Anda setuju?

    §  Have you got any comments on ...?

    §  Apakah Anda mendapat komentar tentang ...?

    §  Do you have any idea?

    §  Apakah Anda punya ide?

    §  Do you have any opinion on ...?

    §  Apakah Anda memiliki pendapat tentang ...?

    §  Would you give me your opinion on ...?

    §  Maukah Anda memberi saya pendapat Anda tentang ...?

    §  What is your reaction to ...?

    §  Apa reaksi Anda terhadap ...?

    §  What are you feeling about ...?

    §  Apa yang Anda rasakan tentang ...?

    §  What are your views on ...?

    §  Apa pendapat Anda tentang ...?

    §  Please give me your opinion about ...?

    §  Tolong beri saya pendapat Anda tentang ...

    §  What do you think about … (this)?

    §  Apa pendapat Anda tentang … (ini)?

    §  Do you think that’s right?

    §  Apakah menurut Anda itu benar?

    §  What’s your view?

    §  Apa pandangan Anda?

     

    B.  Expression of Giving Opinion

    Expression of Giving Opinion merupakan ungkapan memberikan pendapat terkait sesuatu hal, seperti issue (permasalahan), penampilan, benda, hasil pekerjaan, karya, dan lain-lain. Pendapat yang diberikan oleh seseorang merupakan penilaian, ide atau gagasan, pemikiran, dan sudut pandang seseorang secara individu sehingga pendapat tersebut bersifat subjektif (berbeda-beda antar orang yang satu dengan yang lainnya). Berikut ini contoh Expression of Giving Opinion yang dapat kita gunakan untuk memberi pendapat terkait suatu hal.  

    Expression of Giving Opinion

    Artinya

    §  I hold the opinion ...

    §  Saya berpendapat ...

    §  My own view of the matter is ...

    §  Pandangan saya sendiri tentang masalah ini adalah ...

    §  Well, personally ...

    §  Nah, secara pribadi ...

    §  If I had my view, I would ...

    §  Jika saya memiliki pandangan saya, saya akan ...

    §  If I were you, I would ...

    §  Jika saya jadi Anda, saya akan ...

    §  In my experience, ...

    §  Dalam pengalaman saya, ...

    §  I strongly believe that ...

    §  Saya sangat percaya bahwa ...

    §  As far as I am concerned, ...

    §  Sejauh yang saya ketahui, ...

    §  From my point of view ...

    §  Dari sudut pandang saya ...

    §  As I understand ...

    §  Seperti yang saya mengerti ...

    §  I am compelled to say that ...

    §  Saya terpaksa mengatakan bahwa ...

    §  I would like to point out that ...

    §  Saya ingin menunjukkan bahwa ...

    §  In my humble opinion ...

    §  Menurut pendapat saya ...

    §  I think ...

    §  Saya pikir ...

    §  I don’t think …

    §  Saya tidak berpikir ...

    §  I believe …

    §  Saya percaya ...

    §  I don’t believe …

    §  Saya tidak percaya ...

    §  In my opinion, ...

    §  Menurut saya, ...

    §  For me, ...

    §  Bagi saya, ...

    §  Personally, I think …

    §  Secara pribadi, saya pikir …

    §  I feel (that) ...

    §  Saya merasa (bahwa) …

    §  I don’t feel (that) ...

    §  Saya tidak merasa (itu) …

    §  What I mean is ...

    §  Yang saya maksud adalah ...

    §  By this I mean ...

    §  Dengan ini saya maksud ...

    §  To my mind ...

    §  Menurut saya ...

    §  As I see it ...

    §  Seperti yang saya lihat ...

    §  I reckon ...

    §  Saya rasa ...

    §  I suppose

    §  Saya kira

    *) Untuk mengungkapkan kata “menganggap/mengira”, kita bisa menggunakan kata, seperti think, suppose, expect, assume, guess, presume, estimate, surmise, gather, say, dan lain-lain. Atau kata “merasa” dengan kata, seperti feel, find, sense, believe, perceive, sensate, dan lain-lain.

     

    C.  Expression of Agreeing with Opinion

    Expression of Agreeing Opinion merupakan ungkapan menerima atau menyetujui pendapat seseorang terkait sesuatu hal, seperti issue (permasalahan), penampilan, benda, hasil pekerjaan, karya, dan lain-lain. Ketika kita menyetujui pendapat yang disampaikan oleh seseorang, hal itu berarti bahwa kita membenarkan pendapat, ide/pemikiran, dan sudut pandang seseorang tersebut. Berikut ini contoh Expression of Agreeing Opinion yang dapat kita gunakan untuk menyetujui pendapat terkait suatu hal. 

    Agreeing with an Opinion

    Artinya

    §  Of course.

    §  Tentu saja.

    §  Sure.

    §  Tentu.

    §  Certainly.

    §  Tentu.

    §  This is absolutely right.

    §  Ini benar sekali.

    §  I agree with this opinion.

    §  Saya setuju dengan pendapat ini.

    §  I couldn't agree more.

    §  Saya sangat setuju.

    §  I agree with what you are saying.

    §  Saya setuju dengan apa yang Anda katakan.

    §  I agree, I never thought of that.

    §  Saya setuju, saya tidak pernah memikirkan itu.

    §  Neither do I.

    §  Begitu pula saya.

    §  That's a good point.

    §  Itu poin yang bagus.

    §  I think so too.

    §  Saya kira juga begitu.

     

    D.  Expression of Disagreeing with Opinion

    Expression of Disagreeing Opinion merupakan ungkapan tidak menerima atau menyetujui pendapat seseorang terkait sesuatu hal, seperti issue (permasalahan), penampilan, benda, hasil pekerjaan, karya, dan lain-lain. Ketika kita tidak menerima atau menyetujui pendapat yang disampaikan oleh seseorang, hal itu berarti bahwa kita menyalahkan (tidak membenarkan) pendapat, ide/pemikiran, dan sudut pandang seseorang tersebut. Berikut ini contoh Expression of Disagreeing Opinion yang dapat kita gunakan untuk menolak atau tidak menyetujui pendapat terkait suatu hal. 

     

    Disagreeing with an Opinion

    Artinya

    §  I am sorry, I don't agree with you.

    §  Maaf, saya tidak setuju dengan Anda.

    §  I am not sure I agree with you.

    §  Saya tidak yakin saya setuju dengan Anda.

    §  I don't agree with you.

    §  Saya tidak setuju dengan Anda.

    §  I am afraid I have to disagree with you.

    §  Saya khawatir saya harus tidak setuju dengan Anda.

    §  I do not believe that.

    §  Saya tidak percaya itu.

    §  By this I mean.....

    §  Dengan ini saya maksud .....

    §  I disagree with you.

    §  Saya tidak setuju dengan Anda.

    §  I think you are wrong.

    §  Saya pikir Anda salah.

    §  That's not the same thing at all.

    §  Itu sama sekali tidak sama.

    §  It is not justified to say so.

    §  Tidak dibenarkan untuk mengatakannya.

    §  I am not convinced that.....

    §  Saya tidak yakin bahwa .....

    §  I can't say I agree with this, and here's why.....

    §  Saya tidak bisa mengatakan saya setuju dengan ini, dan inilah alasannya .....

    *) Seseorang perlu menggunakan kata-kata yang sopan dan baik untuk menolak atau tidak menyetujui pendapat yang diberikan oleh orang lain agar tidak melukai hati atau menyinggung perasaan orang tersebut.

     

    E.   Contoh Dialog Expression of Asking, Giving, Agreeing & Disagreeing with Opinion

    Berikut ini contoh dialog yang memuat Expression of Asking, Giving, Agreeing & Disagreeing with Opinion (ungkapan meminta, memberi, menyetujui & tidak menyetujui pendapat).

    Dialogue 1

    Marry        : “What do you think of my new picture?

    Paula : “It is beautiful. I think. Oh you have many novels in your new house.”

    Marry        : “Yeah, some. I like Agata’s novels.”

    Paula : “How do you feel about Agata’s novels?

    Marry        : “I feel they are great novels.

    Paula : “Yes, you are right. I think it is going to rain.”

    Marry        : “I don’t think so. Look outside at the sky! It’s so clear. No clouds there.”

    Paula : “But I watched the weather forecast yesterday. It said that today is going to rain. OK Marry, see you.”

    Ø  Expression of Asking Opinion:

    1)   “What do you think of my new picture?”

    2)   “How do you feel about Agata’s novels?”

    Ø  Expression of Giving Opinion:

    1)   “It is beautiful. I think. ...”

    2)   “I feel they are great novels.”

    3)   “... I think it is going to rain.”

    Ø  Expression of Agreeing Opinion:

    1)   “Yes, you are right.”

    Ø  Expression of Disagreeing Opinion:

    1)   “I don’t think so.”

     

    Dialogue 2

    Tami : “Hi Aufa, You look worried. What’s the matter?”

    Aufa  : “Er.. it’s nothing.”

    Tami : “Is it the exam tomorrow? You shouldn’t worry. You’ll pass easily.” 

    Aufa  : “I know.”

    Tami : “Come on, tell me. What are you worried about?” 

    Aufa  : “OK… it’s about Joddy. I think he has started smoking. I was talking to him yesterday about this topic and he told me that he isn’t smoking.” 

    Tami : “That’s serious. What are you going to do?”  

    Aufa  : “I’m not sure. I should tell someone. What do you think I should do?

    Tami : “If I were you, I’d speak to his older sister. She’s really friendly.

    Aufa  : “That’s really a good idea. Actually, I’ve never met her. Can you come with me?” 

    Tami : “Yes, of course. Let’s go and find her.”

    Ø  Expression of Asking Opinion:

    1)   “What do you think I should do?” (juga menyatakan asking for suggestion)

    Ø  Expression of Giving Opinion:

    1)   “I think he has started smoking.”

    2)   “If I were you, I’d speak to his older sister. She’s really friendly.”

    Ø  Expression of Agreeing Opinion:

    1)   “That’s really a good idea.”

    Ø  Expression of Disagreeing Opinion: --

     

    Demikian tadi sekilas penjelasan Materi Bahasa Inggris Kelas XI Semester 1 terkait Expression of Giving Opinion (Ungkapan Memberikan Pendapat). Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru bagi kita dalam mempelajari bahasa Inggris. Terima kasih...

    Post a Comment

    "Terima kasih Anda telah mengunjungi blog kami. Kami berharap Anda dapat memberikan saran, kritik, ataupun dukungan yang positif dan membagun agar kami dapat melakukan perbaikan pada artikel blog kami."

    Previous Post Next Post