MATERI BAHASA INGGRIS KELAS XII SEMESTER 1_CHAPTER 4 APPLICATION LETTER


    CHAPTER 2

    APPLICATION LETTER

    (SURAT LAMARAN KERJA)

     


    Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

    Kelas : XII (Duabelas)

    Semester : 1 / Ganjil

    Kompetensi Dasar :

    3.2 membedakan fungsi  sosial,  struktur teks, dan unsur  kebahasaan beberapa teks khusus dalam  bentuk surat  lamaran kerja,  dengan memberi dan meminta informasi terkait  jati diri, latar belakang pendidikan/pengalaman kerja, sesuai dengan konteks penggunaannya

     

    A.  Application Letter

    1.   Pengertian Application Letter

    Application Letter is a business letter or a letter that have function to apply a job in a company or an institution. (Surat Lamaran Kerja adalah sebuah surat bisnis atau surat yang mempunyai fungsi untuk melamar suatu pekerjaan di sebuah perusahaan atau institusi.

     

    2.   Struktur Umum Application Letter

    Secara umum application letter (surat lamaran pekerjaan) memiliki struktur teks sebagai berikut.

    a.   Sender/ Applicant Address (Alamat Pengirim/ Pelamar);

    b.   Place,Date (Tempat dan tanggal pembuatan surat);

    c.   *Nomor surat;

    d.   *Lampiran;

    e.   *Hal atau perihal;

    f.    Company/ Institution Address (Alamat perusahaan/ institusi yang dituju);

    g.   Salutation (Salam pembuka);

    h.   Body of Application Letter (Tubuh Surat Lamaran Kerja);

    Bagian ini yang terbagi menjadi tiga bagian pokok, yaitu:

    1)   Opening Paragraph (paragraf pembuka), berisi:

    -          Position (Posisi atau jabatan) yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan yang ada di suatu perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan tentunya. *Pastikan anda memiliki atau memenuhi kualifikasi (pernsyaratan) yang dibutuhkan.

    -          Source of Information of Job Vacancy (Sumber Informasi) darimana anda mendapatkan informasi mengenai Lowongan Pekerjaan itu.

    -          Enclosure/ attachment (Lampiran) terdapat pada kalimat terakhir, anda dapat menulis atau melampirkan tentang data diri anda secara detail/ spesifik pada sebuah lampiran/ dokumen yang anda sertakan bersamaan dengan Surat Lamaran yang anda buat. Lampiran ini dapat berupa: 1) (CV) Curriculum Vitae/ Daftar Riwayat Hidup, 2) Identity Card/ KTP, 3) Certificate/ Ijazah, 4) Photo/Foto, etc.

    2)   Content Paragraph (isi surat), berisi:

    -          Educational Background (Latar Belakang Pendidikan Terakhir)

    -          Experince (Pengalaman Bekerja) *Pengalaman ini tidak wajib dituliskan bagi anda yang masih berstatus Fresh Graduated/ Lulusan Baru. Tetapi apabila anda sudah memiliki banyak sekali pengalaman, maka anda perlu mencantumkannya sebagai bahan pertimbangan untuk diterima di suatu perusahaan/ instansi yang anda lamar.

    -          Skills and Character (Kemampuan atau Karakter) yang anda miliki. Karakter atau kemampuan ini merupakan karakter atau kemampuan yang khas dalam diri anda dan tentunya akan menguntungkan perusahaan/ instansi yang membutuhkan tersebut. Hal ini memudahkan anda untuk diterima di perusahaan yang anda lamar.

    3)  Closing Paragraph (Paragraf penutup), berisi tentang harapan bahwa anda diterima di perusahaan atau instansi tersebut atau di-interview dan di-test secepatnya untuk mengetahui Kemampuan/ Skill yang anda miliki.

    i.     Closing (Salam penutup), berisi tentang ucapan “Terima Kasih” dan atau harapan menerima surat balasan. Diikuti dengan penutup “Complimentary Close” seperti Sincerely yours, best regards, etc.

    j.    Signature and Name (Tanda tangan dan nama terang).

     

    *) Catatan:

    §  Berbeda dengan Application Letter (surat lamaran pekerjaan) versi Indonesia. Dalam bahasa Inggris, tidak mencantumkan *Nomor surat, *Lampiran, dan *Hal atau perihal;

    §  Tidak aturan struktur penulisan Application Letter (Surat Lamaran Pekerjaan) yang baku atau tetap dalam bahasa Inggris. Namun, Application letter yang baik, memuat bagian-bagian yang disebutkan di atas;

    §  Tata bahasa yang digunakan dalam penulisan Application Letter harus jelas, ringkans, baku, sopan, komunikatif, to the point (langsung menuju sasaran/ keinginan yang ingin Anda sampaikan). Selain itu, pemilihan kata-kata yang tepat akan meyakinkan HRD (Human Resource Development) suatu instansi/ perusahaan yang Anda lamar untuk memperhitungkan Application Letter tersebut;

    §  Cantumkan alamat Anda dengan detail (lengkap): alamat tempat tinggal, alamat e-mail, no. HP, dan lain-lain. Kemudian, Application Letter tersebut sebaiknya menyebutkan karakter, pengalaman, dan kemampuan (skill) yang benar-benar Anda miliki.

     

    3.   Contoh Appllication Letter

    Berikut ini contoh Application Letter yang bisa anda jadikan referensi penulisan Surat Lamaran Pekerjaan Versi bahasa Inggris.

    Text 1

    Jln. Cisadane No. 200

    Bandung 15600

    Sender/ Applicant Address

    Jakarta, February 4th, 2016

    Place,Date

    General Television and Radio. Inc.

    Jln. Jendral Sudirman No 342

    JAKARTA 14700

     

    Company/ Institution Address

    Dear Sir,

    Salutation

    I am writing this letter in response to your advertisement regarding Job Vacancy as aGeneral Manager published bat Jakarta Post (January 28, 2016). I am interested in applying for that position. Please find cattached files of my CV and other required documents.

    Opening Paragraph

    a)   Position

    b)   Source of Information

    c)   Attachment

    I dgraduated from Esa Unggul majoring in Management in 2013 and ehas experience in working for two years. I am fcapable of operating Word Processor, Excel, PowerPoint, MYOB, ZAHIR and a little bit about PhotoShop. I am very fflexible with anyone besides me. I am responsible for my job, reliable, independent, discipline, as well as humorous. I have proved that my work as an employee was excellent.

    Content Paragraph

    d)   Educational Background

    e)   Experience

    f)    Skill and Character

    I hope that you will interview me to negotiate and investigate my skills and expertise as soon as possible.

    Closing Paragraph

    Thank you very much for your time and consideration.

     

    Sincerely yours,

    Closing

    Maya

    Romana Maya, S.M.

    Signature and Aplicant Name

     

    Text 2

    Jl. Danau Sunter Selatan

    North Jakarta 14360           

    January 25, 2013 

    Human Resources Manager

    PT. Astrea Graphica Visual             

    Jl. Jend. Sudirman 25

    Jakarta Selatan

     

    Dear Sir/Madame,                 

    I read your advertisement on Media Indonesia 2nd January 2007 edition, and I would like to apply for the position offered, as Graphic Designer.

    I was graduated from Bina Nusantara University Jakarta on 2004, majoring in Graphic Design. I have 3 years working experience in Graphic Design department at PT. Penerbitan Grahamedia,  successfully handling the graphic design for its several top rated magazines such as Qiblati, As Sunnah and Keluarga Sakinah. I am able to work in team, responsible for my job, reliable, independent, discipline, as well as humorous.

    I enclose my resume and recent photograph. I will appreciate an interview opportunity where I can convince you that my service will be an asset to your company. I hope my educational background and excellent achievement on current works merit to your consideration.

    Thank you for kind attention. I am looking forward to your reply.

    Sincerely,

    Mita

    Dwiyanti Paramita

     

    Demikian tadi sekilas penjelasan Materi Bahasa Inggris Kelas XII Semester 1 terkait Application Letter (Surat Lamaran Pekerjaan). Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru bagi kita dalam mempelajari bahasa Inggris. Terima kasih...


    2 Comments

    "Terima kasih Anda telah mengunjungi blog kami. Kami berharap Anda dapat memberikan saran, kritik, ataupun dukungan yang positif dan membagun agar kami dapat melakukan perbaikan pada artikel blog kami."

    1. Ada beragam versi penulisan application letter (surat lamaran pekerjaan), khusunya berkaitan dengan struktur penulisan surat. Namun, dari segi isi surat pada umumnya sebagaimana yang disebutkan di atas. Terima kasih. Semoga bermanfaat 🙏😊

      ReplyDelete

    Post a Comment

    "Terima kasih Anda telah mengunjungi blog kami. Kami berharap Anda dapat memberikan saran, kritik, ataupun dukungan yang positif dan membagun agar kami dapat melakukan perbaikan pada artikel blog kami."

    Previous Post Next Post