MATERI BAHASA INGGRIS KELAS XII SEMESTER 1_CHAPTER 3 CAPTION TEXT


    CHAPTER 2

    CAPTION TEXT

    (PENJELASAN GAMBAR ATAU ILUSTRASI)

     


    Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

    Kelas : XII (Duabelas)

    Semester : 1 / Ganjil

    Kompetensi Dasar :

    3.3  Membedakan fungsi  sosial,  struktur teks, dan unsur  kebahasaan beberapa teks khusus dalam  bentuk teks caption,  dengan memberi dan meminta informasi terkait  gambar/foto /tabel/grafik/ bagan,  sesuai dengan konteks penggunaannya

     

    A.  Caption Text

    1.   Pengertian Caption Text

    Caption text biasanya digunakan untuk memberikan penekanan suatu content artikel, laporan, essay dan lainnya. Menurut kamus Caption berarti “explanation for a picture or illustration”, yaitu penjelasan untuk gambar atau ilustrasi. Caption dapat diartikan sebagai keterangan singkat berupa teks yang yang umumnya ditemukan dibawah sebuah gambar, foto, tabel, grafik, dan bagan yang gunanya untuk mendeskripsikan sebuah objek tersebut. Jadi Caption text adalah penjelasan singkat atas gambar, foto, tabel, grafik, dan bagan untuk melengkapi penjelasan suatu artikel atau teks news item.

     

    2.   Contoh Caption Text

    Berikut ini salah satu contoh Caption Text yang mengilustrasikan/ menjelaskan situasi yang terjadi pada gambar.

    Caption text 1

     


    Indonesian President Joko Widodo, center, in white shirt, visits the site of a bomb blast at Thamrin business district in Jakarta, Jan. 14, 2016.

    Arti dari Caption diatas adalah “Presiden Indonesia Joko Widodo, tengah, dengan kemeja putih, mengunjungi lokasi ledakan di pusat bisnis Thamrin di Jakarta”.

              Caption Text 2

     


    “A woman walks among the bell-shaped spires of Indonesia’s Borobudur—the world’s largest Buddhist temple. Photograph by Nigel Pavitt, Corbis Images”

     

    Arti dari Caption diatas adalah “Seorang wanita berjalan di antara menara-menara berbentuk lonceng Borobudur Indonesia--kuil Buddha terbesar di dunia. Foto oleh Nigel Pavitt, Corbis Images”.

     

    3.   Ciri-Ciri Caption Text

    Ciri-ciri caption text yang baik antara lain sebagai berikut.

    a.   Dengan jelas mengidentifikasi subjek (orang atau benda) pada gambar; tanpa mendetail; 

    b.   Singkat/ ringkas;

    c.   Membangun relevansi (keterkaitan) gambar dengan isi artikel atau essay;

    d.   Menyediakan konteks (isi pembahasan) pada gambar;

    e.   Menarik pembaca terhadap sebuah artikel atau essay.

     

    4.   Jenis-Jenis Caption Text

    Caption digunakan untuk memberi informasi lebih mengenai gambar atau untuk memperindah suatu gambar. Saat ini ada beberapa jenis tulisan pelengkap gambar yang bisa disebut sebagai Caption, dikutip dari brainly, yaitu:

    a.   Identification Bar: Jenis Caption ini hanya menyebutkan siapa yang berada di gambar. Contoh:

     


    Bollywood actress Rai Bachchan poses in front of the Taj Mahal in Agra (image: Reuters).

    Arti dari Caption diatas adalah “Artis Bollywood, Rai Bachchan, berpose di depan Taj Mahal, Agra”.

     

    b.   Cutline: Jenis Caption ini menyebutkan siapa yang berada digambar dan apa yang dilakukannya. Contoh:

     


    Water vendor Sumara, 70, pushes a cart carryying jerrycanas of water in the Penjaringan area in North Jakarta in this file photo. (Antara/Wahyu Putro A.)

    Arti dari Caption diatas adalah “Pedagang air, Sumara (70), mendorong sebuah gerobak yang membawa beberapa jerigen air di kawasan Pejaringan, Jakarta Utara (Antara/Wahyu Putro A.)”.

     

    c.   Summary: Berisi penjelasan lengkap tentang siapa yang berada digambar, apa yang dilakukan, kapan kejadiannya, dimana tempat terjadinya, dan kenapa hal tersebut dilakukan. Contoh:

     


    Indian workers scrub a sewer cleaning machine on truck before its unveiling during an event to celebrate World Toilet Day in New Dehli on November 19, 2018. Hundreds of (AFP/ Money Sharma)

    Arti dari Caption diatas adalah “Para pekerja India menggosok sebuah mesin pembersih kotoran di atas truk sebelum pembukaannya selama acara untuk merayaan Hari Toilet Dunia di New Dehli, November 19, 2018. Hundreds of (AFP/ Money Sharma)”.

     

    d.   Expanded: Bentuk lebih lengkap dari summary, jenis Caption ini juga memuat bagaimana kejadiannya dan kutipan. Contoh:

     


    The American Dream is many things to many people. For the Savchuk family who came to the U.S. from Ukraine more than 15 years ago, achieving their dream meant opening a small bussiness and making a decent living. VOA’a Iryna Matvlichuk met with family and saw their dream come true.

    Arti dari Caption diatas adalah “American Dream (Mimpi Orang-orang Amerika) adalah banyak hal untuk banyak orang. Karena Keluarga Savchuk yang datang ke Amerika dari Ukrania lebih dari 15 tahun lalu, mencapai mimpi mereka bermaksud membuka sebuah bisniss kecil, dan memperoleh penghidupan yang layak. VOA’a Iryna Matvlichuk bertemu dengan keluarga, dan melihat mimpi mereka menjadi kenyataan”.

     

    e.   Group identification: Sama seperti jenis Caption identification bar, hanya saja jenis ini digunakan apabila gambar memuat lebih dari satu orang. Contoh:

     


    Canadian Prime Minister Justin Trudeau, his wife, Sophie Gregoire Trudeau, Theri sons Hadrien and Xavier, and daughter Ella-Grace, second right, prepare to pose in front of Taj Mahal in Agra, India, On Sunday. (The Associated Press).

    Arti dari Caption diatas adalah “Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Istrinya, Sophie Gregoire Trudeau, anak laki-laki Hadrien and Xavier, and anak perempuan mereka Ella-Grace, ke-2 dari kanan, bersiap-siap untuk berpose di depan Taj Mahal di Agra, India, pada hari Minggu (The Associated Press)”.

     

    f.    Quote: Berisi kutipan perkataan seseorang yang berhubungan dengan gambar. Contoh:

     


    I demolish my bridges behind me ... then there is no choice but to move forward

    Arti dari Caption diatas adalah “Saya menghancurkan jembatan-jembatan di belakangku ... kemudian tidak ada pilihan kecuali melangkah maju”.

     

    5.   Tata Cara Penulisan Caption Text

    Caption text yang baik adalah sebagai pelengkap atau ilustrasi gambar yang bisa ditulis dengan tata cara berikut.

    a.   Jangan menggunakan kata kata articles seperti a, an, atau the; 

    b.   Sebisa mungkin memakai  Present Tenses agar gambar bisa terdeskripsikan;

    c.   Berikan pembaca  informasi yang tidak didapatkan dari hanya melihat gambarnya saja (mewakili headline (isi berita) secara sekilas);

    d.   Keberadaan Caption itu untuk melengkapi foto bukan pengganti foto;

    e.   Penulisan Caption tidak perlu diawali dengan nama;  

    f.    Penulisan Caption untuk menunjukkan suatu individu, bisa gunakan kata “from left,” BUKAN “from left to right”;

    g.   Tidak perlu menulisakan kata kata yang sudah jelas seperti “Above” dan “pictured here”;

    h.   Penyebutan nama dalam Caption hanya jika nama itu benar-benar penting;

    i.     Memulai penulisan Caption yang baik dalam bahasa Inggris dengan beberapa variasi kata berikut: a) prepositional phrases (frasa preposisi), b) infinitive phrases (frasa infinitif (to Verb 1)), c) participial phrases (frasa dengan Verb-ed/ Verb-ing), d) adjective phrases (frasa adjectiva), e) questions (pertanyaan), atau e) exclamations (kalimat seru).

     

    See also:

    1.   Kinds of Phrases

     

    References:

    1. https://www.fabelia.com/arti-dan-jenis-phrase-frase-bahasa-inggris-contohnya/ accessed on 17th November 2020.
    2. https://www.kampunginggris.id/jenis-jenis-phrase-dalam-bahasa-inggris accessed on 17th November 2020.
    3. https://www.wordsmile.com/pengertian-macam-contoh-kalimat-phrase accessed on 17th November 2020.

     

    Demikian tadi sekilas penjelasan Materi Bahasa Inggris Kelas XII Semester 1 terkait Caption Text (Penjelasan Gambar atau Ilustrasi). Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru bagi kita dalam mempelajari bahasa Inggris. Terima kasih...


    2 Comments

    "Terima kasih Anda telah mengunjungi blog kami. Kami berharap Anda dapat memberikan saran, kritik, ataupun dukungan yang positif dan membagun agar kami dapat melakukan perbaikan pada artikel blog kami."

    1. Contoh caption yang kedua (candi Borobudur) masuk ke identification bar atau cutline ya?

      ReplyDelete
    2. Caption ke-2 (Borobudur Temple) termasuk cutline karena memuat siapa dan apa yang dilakukan pada gambar tersebut; berupa clause atau sentence (Subjek + Predikat + Objek ...).
      Sedangkan Identification bar umumnya hanya memuat siapa yang ada pada gambar dan deskripsi profesi atau status orang tersebut; berupa phrase (noun phrase). Thanks for asking ;)

      ReplyDelete

    Post a Comment

    "Terima kasih Anda telah mengunjungi blog kami. Kami berharap Anda dapat memberikan saran, kritik, ataupun dukungan yang positif dan membagun agar kami dapat melakukan perbaikan pada artikel blog kami."

    Previous Post Next Post