MATERI BAHASA INGGRIS KELAS 9 SEMESTER 2 CHAPTER 5 ADVERTISEMENT

      

    CHAPTER 5

    ADVERTISEMENT

    (IKLAN)

     




    Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

    Kelas : IX (SEMBILAN)

    Semester : 2 / Genap  

    Kompetensi Dasar :

    3.10 membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk  iklan dengan memberi dan meminta informasi terkait produk dan jasa, sesuai dengan konteks penggunaannya.

    4.10 menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk iklan, pendek dan sederhana, terkait produk dan jasa.

     

    A.   Advertisement

    1.   Pengertian Advertisement

    Advertisement (disingkat menjadi Ads) adalah iklan. Advertisement merupakan pemberitahuan atau berita komersial mengenai suatu barang atau jasa yang dipasang di media cetak ataupun elektronik. Iklan dapat kita temui di TV, Radio, Koran, Majalah, Banner, Baliho, Pamflet, Sosial Media, dan lain lain. Selain itu, iklan umumnya berisi berita tentang produk, jasa, ataupun lowongan pekerjaan. Advertisement bertujuan untuk mengumumkan sesuatu agar banyak orang tertarik untuk membelinya atau menggunakannya dan tentu menambah kepopuleran dari produk tersebut. Dilihat dari wujudnya, iklan dapat berupa tulisan, lisan, maupun audio-visual.

     

    2.   Fungsi Sosial Advertisement

    Advertisement atau iklan memiliki beberapa social function atau fungsi sosial di antaranya yaitu: 

    a.   To advertise or promote a product or service

    Advertisement atau iklan berfungsi untuk mengiklankan atau mempromosikan tentang suatu produk atau jasa kepada masyarakat.

    b.   Giving an information

    Advertisement atau iklan tentu memberikan informasi kepada konsumen berbagai hal terkait produk/jasa yang akan dijual. Dari iklan tersebut, konsumen menjadi tahu informasi mengenai produk tersebut, baik harga, spesifikasi, fungsi, dan lain-lain.

    c.    To influence or to persuade

    Advertisement atau iklan berfungsi untuk membujuk atau mempengaruhi seseorang untuk membeli barang atau jasa yang terdapat pada Advertisement tersebut. Tentu dengan menggunakan kata-kata yang menarik dan kreatif hingga membuat orang-orang ingin membelinya.

    d.   To give the impression 

    Advertisement atau iklan memperkenalkan produk ke orang lain sehingga memberikan kesan kepada mereka. Advertisement tersebut tentunya menarik, lucu, mudah diingat, bahkan sampai terbawa ke kehidupan sehari-hari.

    e.   Communication tool

    Advertisement atau iklan bisa menjadi alat komunikasi yang baik antara penjual dan pembeli secara tidak langsung. Jadi ketika calon pembeli melihat Advertisement suatu produk dan merasa tertarik maka dia pasti akan membeli produk tersebut kepada penjual.

     

    3.   Struktur Umum Advertisement

    Generic structure atau struktur umum advertisement atau iklan yaitu sebagai berikut.

    a.   Title (Judul)

    Title atau judul merupakan penjelasan rangkuman atau merupakan topik utama dari Advertisement (iklan). Bagian ini biasanya berupa kata-kata yang singkat, jelas, dan menarik minat pembaca sehingga mereka terdorong untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Contohnya: Buy one get one free! (Beli satu geratis satu!), Big sale! 50% discount! (Penjualan besar! 50% diskon!), Hotel for rent (hotel untuk disewakan), dan lain-lain. Selain itu, title atau judul ini juga disebut sebagai purpose (tujuan) iklan tersebut.

    b.   Explanation (Penjelasan)

    Explanation merupakan informasi sekilas terkait produk atau jasa yang dicantumkan pada advertisement (iklan). Bagian ini biasanya berupa: apa produk/jasa yang ditawarkan, apa kandungan/ bahan yang terdapat pada produk, siapa yang harus memakainya, bagaimana cara menggunakannya, berapa harga produk/jasanya, dan lain sebagainya. Tentunya bagian explanation (penjelasan) ini harus mendukung title atau judul. Selain itu, explanation (penjelasan) biasanya memuat: 1) Name Of Product (nama produk) yaitu tentang nama dan merek, seperti apa produk, layanan atau acara untuk menjual?, dan 2) User (pengguna) yaitu siapa yang membutuhkan produk? Atau untuk siapa produk dan layanan tersebut?.

     

    4.    Ciri-ciri Kebahasaan Advertisement

    Ciri-ciri kebahasaan atau language features pada advertisement (iklan) yaitu antara lain:

    §  Pilihan kata yang digunakan menonjolkan informasi yang dipentingkan. Seringkali informasi tersebut dicetak besar, tebal, atau unik;

    §  Pilihan kata yang digunakan menunjukan sasaran;

    §  Pilihan kata yang digunakan menarik, tepat, logis, dan sopan;

    §  Pilihan kata yang digunakan memiliki sugesti (bersifat dorongan atau bujukan) kepada khalayak untuk tertarik dan bahkan membeli produk atau jasa yang diiklankan.

     

    5.   Jenis-Jenis Advertisement

    Berdasarkan sesuatu hal yang ditawarkan, advertisement (iklan) dibedakan menjadi 2, yaitu:

    1)   Product Advertisement (Iklan Produk)

    Product advertisement atau iklan produk merupakan iklan yang menawarkan produk kepada masyarakat sehingga membuat mereka mengetahui produk dan akhirnya mereka tertarik untuk membelinya. Contoh: Iklan provider telekomunikasi, produk kecantikan, peralatan masak, makanan, dan lain-lain.

    2)   Service Advertisement (Iklan Jasa)

    Service advertisement atau iklan jasa merupakan iklan yang menawarkan jasa kepada masyarakat sehingga menjadikan mereka tertarik untuk menggunakan jasa tersebut. Contoh: iklan penanganan pasien HIV/AIDS, iklan pencegahan demam berdarah, iklan kampanye "save our earth" dan "save our energy", iklan asuransi, dan lain-lain.

     

    Berdasarkan jenis media yang digunakan, iklan dapat digolongkan sebagai berikut:

    1)   Printed Advertisement (Iklan Cetak)

    Iklan cetak adalah jenis iklan yang dipublikasikan menggunakan media cetak seperti Koran, majalah, tabloid, dan lain- lain. berdasarkan ruang yang digunakan dalam media surat kabar, majalah,tabloid, iklan dikenal dalam 2 bentuk yaitu: Iklan Baris dan Iklan Kolom

    2)   Advertorial Advertisement (Iklan Advertorial)

    Iklan advertorial adalah jenis iklan yang dikemas seperti berita.

    3)   Display Advertisement (Iklan Display)

    Dilihat dari bentuk, iklan display lebih besar dari pada iklan kolom. Dalam iklan ini, ditampilkan gambar dan tulisan yang lebih besar.

    4)   Electronic Advertisement (Iklan Elektronik)

    Iklan elektronik adalah iklan yang dipublikasikan dalam media elektronik. Iklan elektronik dapat digolongkan menjadi: iklan radio,  iklan televisi, iklan internet, iklan perusahaan, iklan layanan masyarakat.

     

    6.   Contoh Advertisement

    a.   Advertisement 1


     

    b.   Advertisement 2


     

    c.    Advertisement 3


     

    d.   Advertisement 4


     

    e.   Advertisement 5


     

     

    References:

    1.https://www.jagoanbahasainggris.com/2017/03/materi-struktur-dan-contoh-teks-advertisement.html accessed on 14th January 2021

    2.http://www.kursusmudahbahasainggris.com/2017/01/penjelasan-tentang-advertisement-materi.html accessed on 14th January 2021

    3.https://www.ilmubahasainggris.com/advertisement-pengertian-tujuan-jenis-ciri-generic-structure-dan-contohnya-dalam-bahasa-inggris/ accessed on 14th January 2021

     

     

    Demikian tadi sekilas penjelasan Materi Bahasa Inggris Kelas IX Semester 2 terkait “Advertisement”. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru bagi kita dalam belajar bahasa Inggris. Terima kasih...

     

    Post a Comment

    "Terima kasih Anda telah mengunjungi blog kami. Kami berharap Anda dapat memberikan saran, kritik, ataupun dukungan yang positif dan membagun agar kami dapat melakukan perbaikan pada artikel blog kami."

    Previous Post Next Post