CHAPTER 5
ADVERTISEMENT
(IKLAN)
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : IX (SEMBILAN)
Semester : 2 / Genap
Kompetensi Dasar :
3.10 membandingkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk iklan dengan memberi dan meminta informasi
terkait produk dan jasa, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.10 menangkap makna
secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
teks khusus dalam bentuk iklan, pendek dan sederhana, terkait produk dan jasa.
A. Advertisement
1. Pengertian Advertisement
Advertisement (disingkat
menjadi Ads) adalah iklan.
Advertisement merupakan pemberitahuan atau berita komersial mengenai suatu
barang atau jasa yang dipasang di media cetak ataupun elektronik. Iklan dapat
kita temui di TV, Radio, Koran, Majalah, Banner, Baliho, Pamflet, Sosial Media,
dan lain lain. Selain itu, iklan umumnya berisi berita tentang produk, jasa,
ataupun lowongan pekerjaan. Advertisement bertujuan untuk mengumumkan sesuatu
agar banyak orang tertarik untuk membelinya atau menggunakannya dan tentu
menambah kepopuleran dari produk tersebut. Dilihat dari wujudnya, iklan dapat
berupa tulisan, lisan, maupun audio-visual.
2. Fungsi Sosial Advertisement
Advertisement
atau iklan memiliki beberapa social function atau fungsi sosial di antaranya
yaitu:
a. To advertise or promote a product or service
Advertisement
atau iklan berfungsi untuk mengiklankan atau mempromosikan tentang suatu produk
atau jasa kepada masyarakat.
b. Giving
an information
Advertisement atau iklan tentu memberikan
informasi kepada konsumen berbagai hal terkait produk/jasa yang akan dijual.
Dari iklan tersebut, konsumen menjadi tahu informasi mengenai produk tersebut,
baik harga, spesifikasi, fungsi, dan lain-lain.
c. To
influence or to persuade
Advertisement atau iklan berfungsi untuk membujuk atau
mempengaruhi seseorang untuk membeli barang atau jasa yang terdapat pada
Advertisement tersebut. Tentu dengan menggunakan kata-kata yang menarik dan
kreatif hingga membuat orang-orang ingin membelinya.
d. To give
the impression
Advertisement atau iklan memperkenalkan produk ke
orang lain sehingga memberikan kesan kepada mereka. Advertisement tersebut
tentunya menarik, lucu, mudah diingat, bahkan sampai terbawa ke kehidupan
sehari-hari.
e. Communication
tool
Advertisement atau iklan bisa menjadi alat komunikasi
yang baik antara penjual dan pembeli secara tidak langsung. Jadi ketika calon
pembeli melihat Advertisement suatu produk dan merasa tertarik maka dia pasti
akan membeli produk tersebut kepada penjual.
3. Struktur Umum Advertisement
Generic
structure atau struktur umum advertisement atau iklan yaitu sebagai berikut.
a.
Title (Judul)
Title atau judul
merupakan penjelasan rangkuman atau merupakan topik utama dari Advertisement
(iklan). Bagian ini biasanya berupa kata-kata yang singkat, jelas, dan menarik
minat pembaca sehingga mereka terdorong untuk membeli atau menggunakan produk
atau jasa yang ditawarkan. Contohnya: Buy one get one free! (Beli satu geratis
satu!), Big sale! 50% discount! (Penjualan besar! 50% diskon!), Hotel for rent
(hotel untuk disewakan), dan lain-lain. Selain itu, title atau judul ini juga
disebut sebagai purpose (tujuan)
iklan tersebut.
b. Explanation (Penjelasan)
Explanation merupakan
informasi sekilas terkait produk atau jasa yang dicantumkan pada advertisement
(iklan). Bagian ini biasanya berupa: apa produk/jasa yang ditawarkan, apa
kandungan/ bahan yang terdapat pada produk, siapa yang harus memakainya,
bagaimana cara menggunakannya, berapa harga produk/jasanya, dan lain
sebagainya. Tentunya bagian explanation (penjelasan) ini harus mendukung title
atau judul. Selain itu, explanation (penjelasan) biasanya memuat: 1) Name Of Product (nama produk) yaitu tentang nama dan merek,
seperti apa produk, layanan atau acara untuk menjual?,
dan 2) User (pengguna) yaitu
siapa yang membutuhkan produk? Atau untuk siapa produk dan layanan tersebut?.
4. Ciri-ciri Kebahasaan Advertisement
Ciri-ciri
kebahasaan atau language features pada advertisement (iklan) yaitu antara lain:
§ Pilihan kata yang
digunakan menonjolkan informasi yang dipentingkan. Seringkali informasi
tersebut dicetak besar, tebal, atau unik;
§ Pilihan kata yang
digunakan menunjukan sasaran;
§ Pilihan kata yang
digunakan menarik, tepat, logis, dan sopan;
§ Pilihan kata yang
digunakan memiliki sugesti (bersifat dorongan atau bujukan) kepada khalayak
untuk tertarik dan bahkan membeli produk atau jasa yang diiklankan.
5. Jenis-Jenis Advertisement
Berdasarkan
sesuatu hal yang ditawarkan, advertisement (iklan) dibedakan menjadi 2, yaitu:
1) Product Advertisement (Iklan Produk)
Product
advertisement
atau iklan produk merupakan iklan yang menawarkan produk kepada masyarakat
sehingga membuat mereka mengetahui produk dan akhirnya mereka tertarik untuk
membelinya. Contoh: Iklan provider telekomunikasi, produk kecantikan, peralatan
masak, makanan, dan lain-lain.
2) Service Advertisement (Iklan Jasa)
Service
advertisement
atau iklan jasa merupakan iklan yang menawarkan jasa kepada masyarakat sehingga
menjadikan mereka tertarik untuk menggunakan jasa tersebut. Contoh: iklan
penanganan pasien HIV/AIDS, iklan pencegahan demam berdarah, iklan kampanye
"save our earth" dan "save our energy", iklan asuransi, dan
lain-lain.
Berdasarkan
jenis media yang digunakan, iklan dapat digolongkan sebagai berikut:
1) Printed Advertisement (Iklan Cetak)
Iklan
cetak adalah jenis iklan yang dipublikasikan menggunakan media cetak seperti
Koran, majalah, tabloid, dan lain- lain. berdasarkan ruang yang digunakan dalam
media surat kabar, majalah,tabloid, iklan dikenal dalam 2 bentuk yaitu: Iklan
Baris dan Iklan Kolom
2) Advertorial Advertisement (Iklan Advertorial)
Iklan
advertorial adalah jenis iklan yang dikemas seperti berita.
3) Display Advertisement (Iklan Display)
Dilihat
dari bentuk, iklan display lebih besar dari pada iklan kolom. Dalam iklan ini,
ditampilkan gambar dan tulisan yang lebih besar.
4) Electronic Advertisement (Iklan Elektronik)
Iklan
elektronik adalah iklan yang dipublikasikan dalam media elektronik. Iklan
elektronik dapat digolongkan menjadi: iklan radio, iklan televisi, iklan internet, iklan
perusahaan, iklan layanan masyarakat.
6. Contoh Advertisement
a. Advertisement 1
b. Advertisement 2
c. Advertisement 3
d. Advertisement 4
e. Advertisement 5
References:
1.https://www.jagoanbahasainggris.com/2017/03/materi-struktur-dan-contoh-teks-advertisement.html accessed on
14th January 2021
2.http://www.kursusmudahbahasainggris.com/2017/01/penjelasan-tentang-advertisement-materi.html
accessed on 14th January 2021
3.https://www.ilmubahasainggris.com/advertisement-pengertian-tujuan-jenis-ciri-generic-structure-dan-contohnya-dalam-bahasa-inggris/
accessed on 14th January 2021
Demikian
tadi sekilas penjelasan Materi Bahasa Inggris Kelas IX Semester 2 terkait “Advertisement”. Semoga bermanfaat dan
dapat menambah wawasan baru bagi kita dalam belajar bahasa Inggris. Terima
kasih...
Post a Comment
"Terima kasih Anda telah mengunjungi blog kami. Kami berharap Anda dapat memberikan saran, kritik, ataupun dukungan yang positif dan membagun agar kami dapat melakukan perbaikan pada artikel blog kami."