CHAPTER 4
REPORT TEXT
(TEKS REPORT)
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : IX (SEMBILAN)
Semester : 2 / Genap
Kompetensi Dasar :
3.9 membandingkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks information
report lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait mata
pelajaran lain di Kelas IX, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.9.1 menangkap
makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks information report lisan dan tulis, sangat pendek dan
sederhana, terkait topik yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas IX.
4.9.2 menyusun teks
information report lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait topik yang
tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas IX, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.
A. Report Text
1. Pengertian Report Text
Report Text (to report:
melaporkan atau mendeskripsikan) adalah teks yang mendeskripsikan sesuatu atau
benda-benda secara umum, contohnya berbagai benda atau fenomena alam, buatan
dan sosial yang ada atau terjadi di lingkungan kita. Report text umumnya
mendeskripsikan suatu, seperti benda atau binatang, orang atau tempat, yang
diperoleh dari hasil pengamatan, penelaahan, penelitian, observasi, atau study
yang sistematis.
Report
Text hampir sama dengan Descriptive Text yang membedakan adalah objek yang
diceritakan berbentuk jamak, sedangkan objek yang diceritakan pada Descriptive
Text berbentuk tunggal. Sementara itu, dalam report text terdapat fakta-fakta
ilmiah atau penjelasan yang berupa hasil pengamatan visual atau keilmuan.
Namun, baik report text dan descriptive text masing-masing fokus menjelaskan
atau memberikan informasi objek secara rinci.
2. Fungsi Sosial Report Text
Tujuan
sosial atau social function dari Report text adalah untuk menggambarkan atau
tentang sesuatu objek, seperti benda, binatang, orang atau tempat, yang
merupakan hasil observasi atau penelitian dan analisa secara sistematis dan apa
adanya. Pada dasarnya, Report text berisi fakta-fakta sebuah objek yang bisa
dibuktikan secara ilmiah. (to report, tell, or describe an object in general)
3. Struktur Umum Report Text
Struktur
umum atau generic structure dari report text antara lain sebagai berikut.
a. General Classification (Klasifikasi Umum)
General
classification atau klasifikasi umum merupakan bagian teks yang berfungsi
sebagai pengantar tentang sesuatu atau fenomena yang akan dibahas. Bagian ini
biasanya berupa definisi singkat (pengertian), ataupun informasi umum yang
mungkin sudah diketahui oleh masyarakat.
b. Description (Deskripsi)
Description
atau deskripsi merupakan bagian teks yang berfungsi untuk menerangkan sesuatu
atau fenomena yang dibahas, meliputi bagian-bagian, kualitas dan perilaku yang
diperoleh dari hasil observasi atau penelitian dan analisa ilmiah terkait objek
yang dideskripsikan. Bagian ini merupakan bagian yang memuat fakta-fakta ilmiah
untuk mendukung informasi terkait objek yang dideskripsikan.
4. Ciri-ciri Kebahasaan Report Text
Ciri-ciri
kebahasaan atau language features yang ada pada report text yaitu sebagai
berikut.
§ Menggunakan Simple Present Tense. Tenses ini
digunakan karena dalam descriptive text kita akan menjelaskan suatu fakta atau
kebenaran yang terdapat dalam suatu hal atau orang. Simple present tense
ditandai dengan penggunaan: 1) to be, seperti is, am, atau are, 3) Verb-1 (base
form) atau Verb-s/es, dan 2) auxiliary verb (kat kerja bantu), seperti do atau
does yang digunakan pada kalimat tanya atau negatif;
Lihat juga >>> Kinds of Tense: Present Tense
§ Menggunakan banyak Adjective (kata sifat). Kata Adjective
digunakan karena dalam report text kita akan menjelaskan sifat - sifat dari
suatu benda, manusia, binatang, atau tempat;
Lihat juga >>> Part of Speech: Adjective
§ Menggunakan General
Noun (Kata Benda Umum), yaitu kata-kata yang biasanya digunakan atau umum
ditemukan di masyarakat.
Lihat juga >>> Part of Speech: Noun
§ Terdapat banyak kata
to be, seperti "is, am, atau
are". Be disebut juga sebagai relating/linking verb karena merupakan
penghubung antara subjek dengan objek. Kemudian, 'is, am, atau are' disini
biasanya diartikan 'adalah' yang mengarahkan pada penjelasan benda, orang atau
binatang yang sedang kita jelaskan (meskipun demikian be “is, am, atau are”
umunya tidak memiliki arti);
Lihat juga >>> Part of Speech: Auxiliary Verb
§ Report text hanya
fokus pada satu objek yang dideskripsikan dan memuat pernyataan atau fakta ilmiah
yang diperoleh dari hasil pengamatan, penelaahan, penelitian, observasi, atau
study yang sistematis. Fakta-fakta ilmiah tersebut dapat disajikan dalam bentuk
hasil statistik, seperti rata-rata, persentase, jumlah, dan lain-lain. Objek
yang dideskripsikan biasanya berupa fenomena alam, sosial, atau budaya.
*Catatan:
Antara Descriptive
Text dan Report Text memiliki tujuan atau fungsi sosial yang sama yaitu untuk mendeskripsikan
objek. Selain itu, keduanya memiliki ciri-ciri kebahasaan yang sama. Namun,
report text cenderung lebih bersifat formal dan dapat dikategorikan sebagai
laporan ilmiah karena merupakan hasil dari observasi, penelitian, atau analisis
ilmiah. Oleh karena itu, bagian description (penjelasan) pada report text lebih
banyak memuat fakta-fakta, temuan, atau pernyataan ilmiah.
5. Contoh Report Text
Berikut ini contoh report text:
a. Report Text 1 “Elephant”
ELEPHANT |
General
Classification |
The trunk is the elephant's peculiar feature. This trunk has various usages. The elephant draws up water by its trunk and can squirt the water all over its body like a shower bath. The elephant's trunk also lifts leaves and put them into its mouth. In fact, the trunk serves the elephant as a long arm and hand. An elephant looks very clumsy and heavy and yet an elephant can move very quickly. The elephant is a very intelligent animal. Its intelligence combined with its great strength makes an elephant a
very useful servant to man. Elephants can be trained to serve in various ways such as carry heavy loads, hunt for tigers, and even fight. An elephant is really a smart animal. |
Description |
b. Report Text 2 “Komodo Dragon”
Komodo Dragon Komodo dragons have thrived in the harsh climate of Indonesia’s Lesser Sunda Islands for millions of years, although amazingly, their existence was unknown to humans until about 100 years ago. |
General
Classification |
Reaching 10 feet (3 meters) in length
and more than 300 pounds (136 kilograms), Komodo dragons are the heaviest
lizards on Earth. They have long, flat heads with rounded snouts, scaly skin,
bowed legs, and huge, muscular tails. As the dominant predators on the handful of islands they inhabit, they will eat almost anything, including carrion, deer, pigs, smaller dragons, and even large water buffalo and humans. When hunting, Komodo dragons rely on camouflage and patience, lying in wait for passing prey. When a victim ambles by, the dragon springs, using its powerful legs, sharp claws, and serrated, shark-like teeth to eviscerate its prey. Animals that escape the jaws of a
Komodo will only feel lucky briefly. Dragon saliva teems with over 50 strains of bacteria, and within 24 hours, the stricken creature usually dies of blood poisoning. Dragons calmly follow an escapee for miles as the bacteria takes effect, using their keen sense of smell to hone in on the corpse. A dragon can eat a whopping 80 percent of its body weight in a single feeding. There is a stable population of about
3,000 to 5,000. Komodo dragons on the islands of Komodo, Gila Motang, Rinca,
and Flores. However, a dearth of egg-laying females, poaching, human encroachment, and natural disasters has driven the species to. |
Description |
See also:
1.
Kinds of Tense: Present Tense
7.
Part of Speech: Conjunction
8.
Auxiliary
Verb: Primary & Modal Auxiliary Verb
References:
1.http://www.kursusmudahbahasainggris.com/2013/09/pengertian-struktur-ciri-dan-contoh.html
accessed on 10th January 2021
2.http://grashivaputri.blogspot.com/2016/03/repor-text-bahasa-inggris.html accessed on 10th January 2021
Demikian
tadi sekilas penjelasan Materi Bahasa Inggris Kelas IX Semester 2 terkait “Report Text”. Semoga bermanfaat dan
dapat menambah wawasan baru bagi kita dalam belajar bahasa Inggris. Terima kasih...
Post a Comment
"Terima kasih Anda telah mengunjungi blog kami. Kami berharap Anda dapat memberikan saran, kritik, ataupun dukungan yang positif dan membagun agar kami dapat melakukan perbaikan pada artikel blog kami."