MATERI BAHASA INGGRIS KELAS 9 SEMESTER 2 CHAPTER 4 REPORT TEXT

     

    CHAPTER 4

    REPORT TEXT

    (TEKS REPORT)



    Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

    Kelas : IX (SEMBILAN)

    Semester : 2 / Genap  

    Kompetensi Dasar :

    3.9 membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks information report lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait mata pelajaran lain di Kelas IX, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.

    4.9.1 menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks information report lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait topik yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas IX.

    4.9.2 menyusun teks information report lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait topik yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas IX, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.

     

    A.   Report Text

    1.   Pengertian Report Text

    Report Text (to report: melaporkan atau mendeskripsikan) adalah teks yang mendeskripsikan sesuatu atau benda-benda secara umum, contohnya berbagai benda atau fenomena alam, buatan dan sosial yang ada atau terjadi di lingkungan kita. Report text umumnya mendeskripsikan suatu, seperti benda atau binatang, orang atau tempat, yang diperoleh dari hasil pengamatan, penelaahan, penelitian, observasi, atau study yang sistematis.

    Report Text hampir sama dengan Descriptive Text yang membedakan adalah objek yang diceritakan berbentuk jamak, sedangkan objek yang diceritakan pada Descriptive Text berbentuk tunggal. Sementara itu, dalam report text terdapat fakta-fakta ilmiah atau penjelasan yang berupa hasil pengamatan visual atau keilmuan. Namun, baik report text dan descriptive text masing-masing fokus menjelaskan atau memberikan informasi objek secara rinci.

     

    2.   Fungsi Sosial Report Text

    Tujuan sosial atau social function dari Report text adalah untuk menggambarkan atau tentang sesuatu objek, seperti benda, binatang, orang atau tempat, yang merupakan hasil observasi atau penelitian dan analisa secara sistematis dan apa adanya. Pada dasarnya, Report text berisi fakta-fakta sebuah objek yang bisa dibuktikan secara ilmiah. (to report, tell, or describe an object in general)

     

    3.   Struktur Umum Report Text

    Struktur umum atau generic structure dari report text antara lain sebagai berikut.

    a.   General Classification (Klasifikasi Umum)

    General classification atau klasifikasi umum merupakan bagian teks yang berfungsi sebagai pengantar tentang sesuatu atau fenomena yang akan dibahas. Bagian ini biasanya berupa definisi singkat (pengertian), ataupun informasi umum yang mungkin sudah diketahui oleh masyarakat. 

    b.   Description (Deskripsi)

    Description atau deskripsi merupakan bagian teks yang berfungsi untuk menerangkan sesuatu atau fenomena yang dibahas, meliputi bagian-bagian, kualitas dan perilaku yang diperoleh dari hasil observasi atau penelitian dan analisa ilmiah terkait objek yang dideskripsikan. Bagian ini merupakan bagian yang memuat fakta-fakta ilmiah untuk mendukung informasi terkait objek yang dideskripsikan. 

     

    4.   Ciri-ciri Kebahasaan Report Text

    Ciri-ciri kebahasaan atau language features yang ada pada report text yaitu sebagai berikut.

    §  Menggunakan Simple Present Tense. Tenses ini digunakan karena dalam descriptive text kita akan menjelaskan suatu fakta atau kebenaran yang terdapat dalam suatu hal atau orang. Simple present tense ditandai dengan penggunaan: 1) to be, seperti is, am, atau are, 3) Verb-1 (base form) atau Verb-s/es, dan 2) auxiliary verb (kat kerja bantu), seperti do atau does yang digunakan pada kalimat tanya atau negatif; 

    Lihat juga >>> Kinds of Tense: Present Tense

    §  Menggunakan banyak Adjective (kata sifat). Kata Adjective digunakan karena dalam report text kita akan menjelaskan sifat - sifat dari suatu benda, manusia, binatang, atau tempat;

    Lihat juga >>> Part of Speech: Adjective

    §  Menggunakan General Noun (Kata Benda Umum), yaitu kata-kata yang biasanya digunakan atau umum ditemukan di masyarakat.

    Lihat juga >>> Part of Speech: Noun

    §  Terdapat banyak kata to be, seperti "is, am, atau are". Be disebut juga sebagai relating/linking verb karena merupakan penghubung antara subjek dengan objek. Kemudian, 'is, am, atau are' disini biasanya diartikan 'adalah' yang mengarahkan pada penjelasan benda, orang atau binatang yang sedang kita jelaskan (meskipun demikian be “is, am, atau are” umunya tidak memiliki arti);

    Lihat juga >>> Part of Speech: Auxiliary Verb

    §  Report text hanya fokus pada satu objek yang dideskripsikan dan memuat pernyataan atau fakta ilmiah yang diperoleh dari hasil pengamatan, penelaahan, penelitian, observasi, atau study yang sistematis. Fakta-fakta ilmiah tersebut dapat disajikan dalam bentuk hasil statistik, seperti rata-rata, persentase, jumlah, dan lain-lain. Objek yang dideskripsikan biasanya berupa fenomena alam, sosial, atau budaya.

     

    *Catatan:

    Antara Descriptive Text dan Report Text memiliki tujuan atau fungsi sosial yang sama yaitu untuk mendeskripsikan objek. Selain itu, keduanya memiliki ciri-ciri kebahasaan yang sama. Namun, report text cenderung lebih bersifat formal dan dapat dikategorikan sebagai laporan ilmiah karena merupakan hasil dari observasi, penelitian, atau analisis ilmiah. Oleh karena itu, bagian description (penjelasan) pada report text lebih banyak memuat fakta-fakta, temuan, atau pernyataan ilmiah.

     

    5.   Contoh Report Text

    Berikut ini contoh report text:

    a.   Report Text 1 “Elephant”

    ELEPHANT

             Elephant is the largest and strongest of all animals. It is a strange-looking animal which it has thick legs, huge sides and backs, large hanging ears, a small tail, little eyes, long white tusks, and above all, an elephant has a long nose, the trunk. An elephant is commonly seen in a zoo, it is hard to find in its natural habitat.

    General Classification

            The trunk is the elephant's peculiar feature. This trunk has various usages. The elephant draws up water by its trunk and can squirt the water all over its body like a shower bath. The elephant's trunk also lifts leaves and put them into its mouth. In fact, the trunk serves the elephant as a long arm and hand. An elephant looks very clumsy and heavy and yet an elephant can move very quickly.

            The elephant is a very intelligent animal. Its intelligence combined with its great strength makes an elephant a very useful servant to man. Elephants can be trained to serve in various ways such as carry heavy loads, hunt for tigers, and even fight. An elephant is really a smart animal.

    Description

     

    b.   Report Text 2 “Komodo Dragon”

    Komodo Dragon

            Komodo dragons have thrived in the harsh climate of Indonesia’s Lesser Sunda Islands for millions of years, although amazingly, their existence was unknown to humans until about 100 years ago.

    General Classification

            Reaching 10 feet (3 meters) in length and more than 300 pounds (136 kilograms), Komodo dragons are the heaviest lizards on Earth. They have long, flat heads with rounded snouts, scaly skin, bowed legs, and huge, muscular tails.

            As the dominant predators on the handful of islands they inhabit, they will eat almost anything, including carrion, deer, pigs, smaller dragons, and even large water buffalo and humans. When hunting, Komodo dragons rely on camouflage and patience, lying in wait for passing prey. When a victim ambles by, the dragon springs, using its powerful legs, sharp claws, and serrated, shark-like teeth to eviscerate its prey.

            Animals that escape the jaws of a Komodo will only feel lucky briefly. Dragon saliva teems with over 50 strains of bacteria, and within 24 hours, the stricken creature usually dies of blood poisoning. Dragons calmly follow an escapee for miles as the bacteria takes effect, using their keen sense of smell to hone in on the corpse. A dragon can eat a whopping 80 percent of its body weight in a single feeding.

            There is a stable population of about 3,000 to 5,000. Komodo dragons on the islands of Komodo, Gila Motang, Rinca, and Flores. However, a dearth of egg-laying females, poaching, human encroachment, and natural disasters has driven the species to.

    Description

     

    See also:

    1.    Kinds of Tense: Present Tense

    2.    Part of Speech: Adjective

    3.    Part of Speech: Pronoun

    4.    Part of Speech: Adverb

    5.    Part of Speech: Verb

    6.    Part of Speech: Noun

    7.    Part of Speech: Conjunction

    8.    Auxiliary Verb: Primary & Modal Auxiliary Verb

     

    References:

    1.http://www.kursusmudahbahasainggris.com/2013/09/pengertian-struktur-ciri-dan-contoh.html accessed on 10th January 2021

    2.http://grashivaputri.blogspot.com/2016/03/repor-text-bahasa-inggris.html  accessed on 10th January 2021

      

    Demikian tadi sekilas penjelasan Materi Bahasa Inggris Kelas IX Semester 2 terkait “Report Text”. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru bagi kita dalam belajar bahasa Inggris. Terima kasih...


    Post a Comment

    "Terima kasih Anda telah mengunjungi blog kami. Kami berharap Anda dapat memberikan saran, kritik, ataupun dukungan yang positif dan membagun agar kami dapat melakukan perbaikan pada artikel blog kami."

    Previous Post Next Post