MATERI BAHASA INGGRIS KELAS XII SEMESTER 1_CHAPTER 1 EXPRESSION OF OFFERING SERVICE


     



    Kompetensi Dasar :

    3.1 menerapkan fungsi  sosial,  struktur teks, dan unsur  kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menawarkan jasa, serta menanggapinya, sesuai  dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur  kebahasaan May I help you?, What can I do for you? What if...?)


    Asking & Offering Service/Help: Pengertian, Contoh Kalimat, dan Responnya

    A.  Expression of Asking Service

    Expression of Asking Service merupakan ungkapan meminta pelayanan (bantuan) kepada seseorang, petugas, karyawan, atau pegawai pada suatu instansi publik atau swasta, seperti restaurant, supermarket, hotel, bank, hospital, dan lain-lain. Karena meminta bantuan/ pelayanan, maka expression of asking service sama dengan expression of asking help or assistance. Berikut ini beberapa contoh ungkapan meminta pelayanan (expression of asking service) yang bisa kita gunakan.

          

    Formal

    Artinya

    §  Would you help me?

    §  Maukah Anda membantu saya?

    §  Could you possibly help me?

    §  Bisakah Anda membantu saya?

    §  Could I possibly ask you to help me?

    §  Bisakah saya meminta Anda membantu saya?

    §  Would you be willing to help me?

    §  Maukah Anda membantu saya?

    §  Could you do me a favour, please?

    §  Bisakah Anda membantu saya?

    §  Could you help me for a second?

    §  Bisakah Anda membantu saya sebentar?

    §  I wonder if you could help me with this?

    §  Saya ingin tahu apakah Anda dapat membantu saya dalam hal ini?

    §  I could do with some help, please.

    §  Saya bisa membantu.

    §  Could you spare a moment?

    §  Bisakah Anda meluangkan waktu sebentar?

    §  I need some help, please.

    §  Saya butuh bantuan.

    §  Could you give me a hand?

    §  Bisakah Anda membantu saya?

    §  Would you mind helping me out?

    §  Maukah Anda membantu saya?

    §  Could you help me, please?

    §  Bisakah Anda membantu saya?

    §  I need some assistance, please.

    §  Tolong, saya butuh bantuan.

    Informal

    Artinya

    §  Can you help me, please?

    §  Bisakah Anda membantu saya?

    §  I can’t manage. Can you help?

    §  Saya tidak bisa mengatur. Dapatkah kamu menolong?

    §  Give me a hand with this, will you?

    §  Bantu saya dengan ini, ya?

    §  Give me a hand, please.

    §  Tolong bantu saya.

    §  Can you give me a hand with this?

    §  Bisakah Anda membantu saya dengan ini?

    §  Can I ask a favour?

    §  Bisakah saya meminta bantuan?

    §  Can you help me?

    §  Bisakah Anda membantu saya?

    §  Help me, please.

    §  Tolong saya.

    §  I really need you to help

    §  Saya sangat membutuhkan bantuan Anda.

    §  Do me a favour, please

    §  Tolong bantu saya.

    Keterangan:

    a)   Untuk menyampaikan sebuah ungkapan kepada orang lain,  maka kita perlu menyesuaikan pemilihan kata dengan situasi atau kepada lawan bicara kita, misalnya mengggunakan ungkapan formal (lebih sopan/ resmi) dan atau ungkapan informal (akrab/antar teman/pergaulan dan tidak resmi).

    b)   Question Word (pertanyaan) yang diawali dengan “May ..., Could ..., Would you mind ..., & Please” menunjukkan konteks makna yang lebih sopan (formal).

     

    B.  Expression of Offering Service

    Expression of Offering Service merupakan ungkapan menawarkan pelayanan (bantuan) kepada seseorang, pelanggan, klien, rekan bisnis, dan lain-lain. Ungkapan ini sangat dibutuhkan jika kita berprofesi sebagai petugas, karyawan, atau pegawai dari sebuah instansi publik atau swasta. Berikut ini beberapa contoh ungkapan menawarkan pelayanan (expression of offering service) yang bisa kita gunakan. 

        

    Formal

    Artinya

    §  Would you like .... (a glass of tea)?

    §  Apakah Anda ingin .... (segelas teh)?

    §  Would you mind if I bring you ....?

    §  Maukah Anda jika saya membawa Anda ....?

    §  May I give you a help?

    §  Bolehkah saya membantu Anda?

    §  May I help you?

    §  Bisa saya bantu?

    §  Can I do something for you?

    §  Dapatkah saya melakukan sesuatu untuk Anda?

    §  Would you like some help?

    §  Apakah Anda membutuhkan bantuan?

    §  May I offer my assistance?

    §  Bolehkah saya menawarkan bantuan?

    §  Could I help you?

    §  Bisa saya bantu?

    §  What can I do for you?

    §  Apa yang bisa saya bantu?

    §  What shall I do for you?

    §  Apa yang harus saya lakukan untuk Anda?

    §  I’ll be glad to help.

    §  Saya akan dengan senang hati membantu.

    §  Do you want something to ....(eat)?

    §  Apakah Anda menginginkan sesuatu untuk .... (makan)?

    §  Can/Shall I get you something to ....(read)?

    §  Bisakah / Haruskah saya mendapatkan sesuatu untuk .... (baca)?

    §  What if I take a cup of coffe for you?

    §  Bagaimana jika saya mengambil secangkir kopi untuk Anda?

    Informal

    Artinya

    §  Do you want a cup of tea?

    §  Apakah Anda ingin secangkir teh?

    §  Have some coffee? Have some cake? Some sandwinch?

    §  Minum kopi? Mau kue? Beberapa sandwinch?

    §  Let me get you some milk.

    §  Biarkan saya mengambilkan Anda susu.

    §  Can I help you?

    §  Bisa saya bantu?

    §  Need any help?

    §  Butuh bantuan?

    §  Do you need a hand?

    §  Apakah Anda membutuhkan bantuan?

    §  Can I give you a hand?

    §  Dapatkah saya membantu Anda?

    §  Do you need any help?

    §  Apakah Anda membutuhkan bantuan?

    §  Can I do anything to help?

    §  Dapatkah saya melakukan sesuatu untuk membantu?

    §  Do you need any help?

    §  Apakah Anda membutuhkan bantuan?

     

    C.  Expression of Accepting Service

    Expression of Accepting Service merupakan ungkapan menerima pelayanan (bantuan) yang ditawarkan atau diberikan oleh petugas, karyawan, atau pegawai dari sebuah instansi publik atau swasta. Berikut ini beberapa contoh ungkapan menerima pelayanan (expression of accepting service) yang bisa kita gunakan. 

        

    Expression of Accepting Service

    Artinya

    §  Thank you.

    §  Terima kasih.

    §  That’s very kind of you.

    §  Anda sangat baik.

    §  Thanks (very much).

    §  Terima kasih (sangat banyak).

    §  Lovely.

    §  Indah.

    §  Yes, please.

    §  Ya, silakan.

    §  Thank you. That would be great.

    §  Terima kasih. Itu bagus.

    §  Thank you. That’s very kind of you.

    §  Terima kasih. Anda sangat baik.

    §  I’d like it very much.

    §  Saya sangat menyukainya.

    §  With pleasure. Thank you.

    §  Dengan senang hati. Terima kasih.

    §  Yes, please. I really appreciate it.

    §  Ya, silakan. Saya sangat menghargai itu.

    §  Yes, please. That would be lovely.

    §  Ya, silakan. Itu akan menyenangkan.

    §  Sure. It would be helpful.

    §  Tentu. Itu akan sangat membantu.

    §  Of course. I need it.

    §  Tentu saja. Saya membutuhkannya.

     

    D.  Expression of Declining Service

    Expression of Declining Service merupakan ungkapan menolak pelayanan (bantuan) yang ditawarkan atau diberikan oleh petugas, karyawan, atau pegawai dari sebuah instansi publik atau swasta. Berikut ini beberapa contoh ungkapan menolak pelayanan (expression of declining service) yang bisa kita gunakan. 

        

    Expression of Declining Service

    Artinya

    §  No, thank you.

    §  Tidak, terima kasih.

    §  That’s very kind of you, but …

    §  Anda baik sekali, tapi…

    §  Thank you for offering, but …

    §  Terima kasih telah menawarkan, tapi…

    §  No, it’s all right, really.

    §  Tidak, sungguh tidak apa-apa.

    §  No, really. I can manage it on my own.

    §  Tidak, sungguh. Saya bisa mengaturnya sendiri.

    §  No, it’s okay. Thank you

    §  Tidak, tidak apa-apa. Terima kasih.

    §  No, I’m fine. Thank you.

    §  Tidak, saya baik-baik saja. Terima kasih.

    §  Please, don’t bother.

    §  Tolong, jangan repot-repot.

    §  No, thanks. I can do by myself.

    §  Tidak, terima kasih. Saya bisa melakukannya sendiri.

    §  No, it’s okay. I can handle it.

    §  Tidak, tidak apa-apa. Saya bisa mengatasinya.

    *) Seseorang perlu menggunakan kata-kata yang sopan dan baik untuk menolak atau tidak menyetujui pendapat yang diberikan oleh orang lain agar tidak melukai hati atau menyinggung perasaan orang tersebut.

     

    E.   Contoh Dialog Dengan Expression Of Asking, Offering, Accepting, & Declining Service

    Berikut ini contoh dialog yang memuat Expression Of Asking, Offering, Accepting, & Declining Service.


    Dialog 1

    Mr. Jack : “Hello waiter, can you come here for a second?”

    Waiter : “Sure. What can I help you sir?

    Mr Jack : “Could you bring me some salt?

    Waiter : “Yes sir. And would you like to try some coffee? We have the best quality in this town.”

    Mr. Jack : “Wow it would be really lovely to try it.

    Waiter : “Ok sir, is there anything can i help you with?

    Mr. Jack : “No thanks, I think it’s enough.”

    Waiter : “Okay I will bring it to you now.”

     

    Ø  Expression Of Asking Service:

    1)   “Could you bring me some salt?”

    Ø  Expression Of Offering Service:

    1)   “What can I help you sir?”

    2)   “Would you like to try some coffee?” (offering something)

    Ø  Expression Of Accepting Service:

    1)   “Wow it would be really lovely to try it.”

    2)   “...,is there anything can i help you with?”

    Ø  Expression Of Declining Service:

    1)   “No thanks, I think it’s enough.”

     

    Dialog 2

    Ara : “Good afternoon, Mrs.Tina.”

    Mrs. Tina : “Good afternoon, Ara. What are you doing?”

    Ara : “I’m looking for a book. Could you do a favor for me?

    Mrs. Tina : “What is it?”

    Ara : “I need a book about science. Would you mind showing me it?

    Mrs. Tina : “No, of course not. Can you look for it on the shelf over there?”

    Ara : “Umm… I have searched it but I haven’t found it. Would you please look for it together?”

    Mrs. Tina : “I have two books of science. Both of them are “My body science” and “A Philosopher looks at science”. Do you like both of them?”

    Ara : “Really? Can you lend me the second one, please?”

    Mrs. Tina : “I’ll lend you if you give it back soon.”

    Ara : “Certainly. I’ll return it immediately. Thank you.”

    Mrs. Tina : “You’re welcome.”

     

    Ø  Expression Of Asking Service:

    1)   “Could you do a favor for me?”

    2)   “Would you mind showing me it?”

    3)   “Would you please look for it together?”

    Ø  Expression Of Offering Service: --

    Ø  Expression Of Accepting Service: --

    Ø  Expression Of Declining Service:

    1)   “No, of course not.”

     

    Dialog 3

    Kissha : “Hey you looks pale, what’s wrong with you?”

    Helen : “My stomach hurts, maybe this is because I didn’t take breakfast this morning.”

    Kissha : “May I bring you to the UKS?

    Helen : “Sure, It would be really helpful.

    Kissha : “Would you like me to bring you some foods?

    Helen : “Yes please.

    Kissha : “Okay, but I will take you to UKS first then I will bring you foods and medicine.”

    Helen : “Thanks Kissha, It’s very nice of you.

    Kissha : “It was friends are for.”

    Ø  Expression Of Asking Service: --

    Ø  Expression Of Offering Service: --

    1)   “May I bring you to the UKS?”

    2)   “Would you like me to bring you some foods?”

    Ø  Expression Of Accepting Service:

    1)   “Sure, It would be really helpful.”

    2)   “Yes please.”

    3)   “Thanks Kissha, It’s very nice of you.”

    Ø  Expression Of Declining Service: --

     

    Dialog 4

    A : “Would you like me to help you, Sir?

    B : “Yes, thank you. I would like a glass of orange juice.”

    A : “Do you want more sugar in your orange juice?”

    B : “Yes, of course. I like sweet orange juice.”

    A : “Wait a minute, please. And what would you like to eat?”

    B : “I’d like, meatball, a plate of rice and sandwich.”

    A : “Okay. Meatball, a plate of rice and sandwich. Anything else?”

    B : “No, thank you.”

    Ø  Expression Of Asking Service: --

    Ø  Expression Of Offering Service: --

    1)   “Would you like me to help you, Sir?”

    2)   “Do you want more sugar in your orange juice?”

    3)   “And what would you like to eat?”

    4)   “Anything else?”

    Ø  Expression Of Accepting Service:

    1)    “Yes, thank you.”

    2)   “Yes, of course.”

    3)   “I’d like ....”

    Ø  Expression Of Declining Service:

    1)   “No, thank you.”

     

     

    Demikian tadi sekilas penjelasan Materi Bahasa Inggris Kelas XII Semester 1 terkait Expression of Asking, Offering, Accepting, & Declining Service/Assistance (UngkapanMeminta, Menawarkan, Menerima, & Menolak Pelayanan/Bantuan). Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru bagi kita dalam mempelajari bahasa Inggris. Terima kasih...

    Post a Comment

    "Terima kasih Anda telah mengunjungi blog kami. Kami berharap Anda dapat memberikan saran, kritik, ataupun dukungan yang positif dan membagun agar kami dapat melakukan perbaikan pada artikel blog kami."

    Previous Post Next Post