Chapter 1 Expression Of Greeting, Leaving, Thanking, & Apologizing_Materi Bahasa Inggris Kelas 7 Semester 1


    CHAPTER 1
    EXPRESSION OF GREETING, LEAVING, THANKING, & APOLOGIZING
    (UNGKAPAN MENYAPA, BERPAMITAN, MENGUCAPKAN TERIMAKASIH, DAN MEMINTA MAAF)


    Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
    Kelas : VII (TUJUH)
    Semester : 1 / Ganjil  
    Kompetensi Dasar  :
    3.1 mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan  menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya
    4.1 menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
     

    A. Expression of Greeting

    Expression of Greeting (greet: menyapa) merupakan ungkapan yang digunakan untuk menyapa atau mengucapkan salam kepada seseorang, seperti orang tua, teman, guru, ataupun orang lain yang kita temui ketika pada situasi tertentu. Berikut contoh expression of greeting.
     

    Expression Of Greeting

    Its Responses

    §  Hi!

    §  Hi! atau Hello!

    §  Hello!

    §  Hi! atau Hello!

    §  Good morning (selamat pagi)

    §  Good morning (selamat pagi)

    §  Good afternoon (selamat sore)

    §  Good afternoon (selamat sore)

    §  Good evening (selamat malam)

    §  Good evening (selamat malam)

    §  Good night (selamat malam)

    §  Good night (selamat malam)

         Setelah kita menyapa seseorang, kita biasanya juga menanyakan kabar mereka. Untuk menanyakan kabar seseorang perhatikan ungkapan-ungkapan berikut ini.

    §  How are you? (Bagaimana kabarmu?)

    §  I’m fine. Thanks. (Saya baik. Terima kasih.)

    §  I’m good/ nothing bad. (Saya baik-baik saja.)

    §  *How do you do? (Bagaimana kabarmu?)

    §  How do you do.

    §  What’s up? (Apa kabar?)

    §  I’m pretty good. (Saya lumayan baik.)

    §  How’s life? (Bagaimana kabarmu?)

    §  It’s awesome. (Luar biasa)

    §  How is it going? (Apa kabar?)

    §  I’m okay. (Saya OK)

    §  How are you going? (Bagaimana kabarmu)

    §  I’m great. (Saya sangat baik)

    Catatan:
    *How do you do? digunakan untuk menanyakan kabar seseorang yang belum/ baru saja kita kenal. How are you? lebih umum digunakan untuk menanyakan kabar. Sedangkan untuk menanggapi ungkapan yang menanyakan kabar tersebut, Anda bebas menggunakan responses yang tersedia di atas.
     

    B. Expression of Leave-Taking

    Expression of Leave-taking (Leave: meninggalkan) merupakan ungkapan yang digunakan untuk menyatakan salam perpisahan kepada seseorang yang kita temui; biasanya disertai dengan harapan yang tertuju pada seseorang tersebut. Berikut ini contoh expression of leave-taking.
     

    Expression Of Leave-Taking

    Its Responses

    §  Good bye. (Selamat tinggal)

    §  Good bye. (Selamat tinggal)

    §  Nice to meet you. (Senang bertemu denganmu)

    §  Nice to meet you too. (Senang bertemu denganmu juga)

    §  Glad to see you. (Senang bertemu denganmu)

    §  Glad to see you too. (Senang bertemu denganmu juga)

    §  See you later. (Sampai jumpa lagi)

    §  See you. (Sampai jumpa)

    §  See you tomorrow. (Sampai jumpa besok)

    §  See you. (Sampai jumpa)

    §  See you soon. (Sampai jumpa segera)

    §  See you. (Sampai jumpa)

    §  Have a great day. (Semoga harimu luar biasa)

    §  You too. (Kamu juga)

    §  Have an enjoyable trip. (Semoga perjalanmu menyenangkan)

    §  Okay, thank you. (OK, terima kasih)

    §  Have a nice dream. (Semoga mimpi yang indah)

    §  Thanks. (Terima kasih)

    §  Have a nice holiday. (Semoga liburanmu menyenangkan)

    §  That’s very kind of you. Thanks a lot. (Kamu sangat baik. Terima kasih banyak)

    §  Take care! (Hati-hati)

    §  You too! (Kamu juga)

     

    C. Expression of Thanking

    Expression of Thanking (thank: berterima kasih) merupakan ungkapan yang digunakan untuk menyatakan terima kasih kita terhadap seseorang karena kita telah mendapatakan bantuan, pelayanan ataupun respon yang baik dari seseorang tersebut. Selain itu expression of thanking disebut juga expression of gratitute. Berikut ini contoh expression of thanking.
     

    Expression Of Thanking

    Its Responses

    §  Thank you/Thanks. (terima kasih)

    §  My pleasure.

    (dengan senang hati)

    §  Thank you very much. (terima kasih banyak)

    §  You’re welcome. (sama-sama)

    §  Thanks a lot. (terima kasih banyak)

    §  No problem. (tidak apa apa)

    §  I am grateful for .... (aku berterima kasih untuk/atas ...)

    §  I’m glad that I can help you. (aku senang bisa membantumu)

    §  I want to thank you for you to help me. (aku ingin berterimakasih kau mau menolongku)

    §  Don't mention it. (tidak masalah)

    §  I really appreciate your kindness. (aku sangat menghargai kebaikanmu)

    §  Forget it. (lupakanlah)

    §  You have been really helpful for me. (kamu sudah sangat membantu untukku)

    §  That’s what friends are. (itulah arti teman)

    §  I just can't thank you enough. (seberapa banyak kata terimakasih pun takkan cukup)

    §  It’s all right. (baiklah)

    §  It means a lot for me. (ini berharga sangat banyak untukku)

    §  It’s nothing. (tidak apa-apa)

    §  I can't repay you for what you've done. (aku tidak bisa membayarmu untuk apa yang sudah kamu lakukan)

    §  That’s okay. (ok)

    Catatan:
    *Anda dapat bebas memilih response yang sesuai untuk menanggapi expression of thanking (gratitude) di atas.
     
    Contoh dialog expression of gratitude:
    Dialog 1

    Bagus : “Arif, I gotta go now.” (Arif, aku harus pergi sekarang.)

    Arif : “But the party’s just started, Bagus.” (Tapi pesta baru saja dimulai, Bagus.)
    Bagus : “I know. But I have to get up very early tomorrow. Thanks a lot for this amazing party.” (Aku tahu. Tapi aku harus bangun pagi-pagi besok. Terima kasih banyak untuk pesta yang menakjubkan ini.)
    Arif : “You’re welcome. I may throw another one next week.” (Terima kasih. Aku mungkin akan mengadakan pesta lagi minggu depan.)
    Bagus : “That would be great. Your parties are famous all around the campus.” (Itu akan luar biasa. Pestamu adalah yang terkenal di seluruh kampus.)
    Arif : “Make sure you are free next Sunday.” (Pastikan kamu libur minggu depan.)
    Bagus : “I will. Thanks again, man. See you tomorrow.” (Tentu saja. Terima kasih lagi, bro. Sampai jumpa besok.)
     
    Dialog 2

    Lingga : “Hey, Ratu. How are you now?” (Hei, Ratu. Bagaimana kabarmu sekarang?)

    Ratu : “I’m feeling better, Lingga. Thanks for asking.” (Aku merasa lebih baik, Lingga. Terima kasih sudah bertanya.)
    Lingga : “I called your place and your mom told me you got the flu.” (Aku sudah meneleponmu dan ibumu bilang kau terserang flu.)
    Ratu : “Yeah, I did.” (Ya, memang.)
    Lingga : “I told Mrs. Diana about it and she said she’ll let you take the tests later on.” (Aku bilang bilang ke bu guru Diana tentang hal itu dan dia berkata dia akan membiarkan Anda mengambil tes nanti.)
    Ratu : “Thanks a lot Lingga.” (Terima kasih banyak Lingga.)
    Lingga : “Don’t mention it. And here is the list of topics which were covered last week.” (Jangan menyebutkan itu. Dan di sini adalah daftar topik yang dibahas minggu lalu.)
    Ratu : “Thank you so much. You’re a great friend.” (Terima kasih banyak. Kamu seorang teman yang baik.)
      

    D. Expression of Apologizing

    Expression of Apologizing (Apologize: memohon maaf) merupakan ungkapan yang digunakan untuk menyatakan permohonan maaf kita terhadap seseorang karena kita telah melakukan kesalahan atau kekeliruan dalam melakukan suatu hal yang mungkin saja merugikan seseorang tersebut. Berikut ini contoh expression of apologizing.
     

    Expression Of Apologizing

    Its Responses

    §  Sorry. (maaf)

    §  It's fine/ It's okay/ It's alright. (tidak apa apa)

    §  I'm so sorry. (aku sangat minta maaf)

    §  That's fine/ That's okay/ That's alright. (tidak apa apa)

    §  I'm terribly sorry. (aku sangat minta maaf)

    §  Forget it. (lupakan saja)

    §  Sorry, It was my fault. (maaf, itu semua salahku)

    §  Don't worry about it. (jangan khawatir tentang itu)

    §  I'm really sorry. (aku benar-benar minta maaf)

    §  It doesn't matter. (itu bukan masalah)

    §  I do apologize for.... (aku meminta maaf untuk...)

    §  Don't mention it. (tidak apa apa)

    §  Please, forgive me for... (tolong maafkan aku untuk...)

    §  Don't apologize. (jangan meminta maaf)

    §  Please, accept my apology. (tolong terima permintaan maafku)

    §  Never mind. (jangan dipikirkan)

    §  Pardon me for... (maafkan aku atas...)

    §  Don`t do it anymore! (Jangan lakukan hal itu lagi!)

    §  I apologize for my attitude. (aku meminta maaf untuk kelakuanku)

    §  I can understand it. (Saya bias memahami hal itu)

    §  Sorry, please don't be mad at me. (maaf, tolong jangan marah padaku)

    §  I forgive you. (Saya memaafkanmu)

    §  I'm sorry, I shouldn't have do that. (maafkan aku, seharusnya aku tidak melakukan itu)

    §  Let`s forget it! (Mari kita lupakan hal tersebut!)

    §  I am ashamed for what I have done, please forgive me. (aku sangat malu dengan apa yang sudah aku lakukan, tolong maafkan aku)

    §  Promise me! Don`t do it again! (Janji padaku! Jangan lakukan hal itu lagi!)

    Catatan:
    *Anda dapat memilih response yang sesuai untuk menanggapi expression of apologizing di atas.
     
    Contoh dialog expression of apologizing:
    Dialog 1

    Toni: “Excuse me for being late to work.” (Maaf karena terlambat untuk bekerja.)

    Jill : “Where have you been?” (Kemana saja kau?)
    Toni : “My car broke down.” (Mobil saya mogok.)
    Jill : “That's too bad. Please try to fix it so that it doesn't happen again.” (Itu buruk sekali.Tolong perbaiki mobilmu supaya tidak terjadi lagi kejadian seperti ini.)
    Toni: “Yes, I'll work on it.” (Ya, saya akan memperbaikinya.)
    Jill: “Thank you, have a seat. We are working on the new project.” (Terima kasih, duduklah di kursi. Kami sedang bekerja pada proyek baru)
    Toni : “Great! Fill me in.” (Luar biasa! Masukkan aku ke dalam proyek itu.)
     
    Dialog 2

    Teacher : “Azzam, you didn’t show me your home work.” (Azzam, kamu tidak mengumpulkan pekerjaan rumahmu.)

    Azzam : “I am sorry, Sir. I haven’t done it.” (Saya minta maaf, Pak. Aku tidak mengerjakannya.)
    Teacher : “Oh, why?” (Oh, kenapa?)
    Azzam : “I wasn’t well yesterday”. (kemarin aku sakit)
    Teacher : “What was wrong with you?” (Apa yang salah denganmu?)
    Azzam : “I had a headache.” (Saya sakit kepala.)
    Teacher : “But you know, I saw you playing kite yesterday evening. Aren’t you telling a lie?” (Tapi kau tahu, aku melihatmu bermain layang-layang kemarin siang. Apakah kamu tidak berbohong?)
    Azzam : “Extremely sorry, Sir.” (Maafkan aku pak.)
    Teacher : “You are stubborn. Now you have to apologize!” (kamu bandel. Sekarang kamu harus minta maaf!)
    Azzam : “Please excuse me, Sir. I now regret having told a lie. I assure you, Sir, I will never tell a lie in my life.” (Maafkan aku, Pak. Sekarang aku menyesal telah berbohong. Saya jamin, Pak. aku tidak akan pernah berbohong dalam hidup saya.)
    Teacher : “Good that you have realized.” (Bagus kalau kau menyadarinya.)

    Reference

    • https://www.jagoanbahasainggris.com/2017/04/materi-dan-soal-bahasa-inggris-expressing-gratitude-kelas-7-smp.html accessed on 22nd December 2020
    • https://www.jagoanbahasainggris.com/2017/04/materi-dan-soal-bahasa-inggris-expressing-apology-kelas-7-SMP.html accessed on 22nd December 2020

    Demikian tadi sekilas penjelasan Materi Bahasa Inggris Kelas VII Semester 1 terkait “Expression Of Greeting, Leaving, Thanking, & Apologizing”. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru bagi kita dalam belajar bahasa Inggris.
    Penulis mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari para pembaca terkait konteks atau isi tulisan, sehingga nantinya penulis dapat menjadikannya sebagai inspirasi dan motivasi untuk melakukan perbaikan dan pengembangan tulisan berikutnya. Terima kasih ;)
      

    Post a Comment

    "Terima kasih Anda telah mengunjungi blog kami. Kami berharap Anda dapat memberikan saran, kritik, ataupun dukungan yang positif dan membagun agar kami dapat melakukan perbaikan pada artikel blog kami."

    Previous Post Next Post