Chapter 2 Introduction & Family Members_Materi Bahasa Inggris SMP/MTs Kelas 7 Semester 1


    CHAPTER 2
    INTRODUCTION & FAMILY
    (PERKENALAN & KELUARGA)
     

    Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
    Kelas : VII (TUJUH)
    Semester : 1 / Ganjil  
    Kompetensi Dasar :
    3.2 mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait jati diri, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan dan kosa kata terkait hubungan keluarga; pronoun (subjective, objective, possessive).
    4.2 menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait jati diri, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
     

    A. Introduction (Perkenalan)

    Perkenalan diri dapat dilakukan dalam 2 situasi, yaitu situasi formal (seperti dalam diskusi, rapat, seminar, pertemuan bisnis, dll) dan situasi non-formal (seperti dalam percakapan sehari-hari, pertemanan/ pergaulan). Hal tersebut tentunya akan memengaruhi penggunaan bahasa atau expression (ungkapan) yang baku ataupun tidak.

    1. Formal Introduction

    Formal Introduction atau perkenalan formal merupakan perkenalan yang dilakukan pada situasi formal, seperti dalam diskusi, rapat, seminar, pertemuan bisnis, dan lain-lain. Oleh karena itu, ungkapan perkenalan disampaikan hendaknya dengan bahasa yang sopan dan baik. Berikut ini contoh ungkapan-ungkapan formal introduction dan responnya.  

    Formal Introduction

    Its Responses

    §  Good morning. My name is .... (Selamat pagi. Nama saya …)

    §  Good morning, how do you do? (Selamat pagi. Bagaimana kabarmu?)

    §  Please allow me to introduce myself. I am ... (Tolong izinkan saya memperkenalkan diri saya. Nama saya …)

    §  How do you do, nice to meet you. (Bagaimana kabarmu, senang berjumpa denganmu)

    §  I`d like to introduce myself. I`m … (Saya ingin memperkenalkan diri saya. Nama saya …)

    §  Oh, hello, nice to meet you. (Oh, hello. Senang bertemu denganmu)

    §  I want to introduce myself. My name is …. (Saya ingin memperkenalkan diri saya. Nama saya …)

    §  I am …../ my name’s … (Saya …/ Nama saya …)

    §  I am / My name’s … (Saya …/ Nama saya …)

    §  Hi /Hello Mr. ….. (Hi/Hello, tuan …)

    §  Hi, I’m . (Hi, saya …)

    §  Hi, I’m Renata. Glad to meet you. (Hi, Saya Renata senang bertemu denganmu)

    §  Hello, my name’s . (Hello, nama saya …)

    §  Hello. My name’s Renata. Pleased to meet you. (Hello, namaku Renata. Senang bertemu denganmu.)

    §  Good evening. My name is . (Selamat malam. Nama saya …)

    §  Good evening. I’m Renata. How do you do? (Selamat malam. Saya Renata. Bagaimana kabarmu?)

    §  May I introduce myself? I’m ... (Bolehkah saya memperkenalkan diri saya? Saya …)

    §  ~

    §  Let me introduce myself. My name is . (Izinkan saya memperkenalkan diri saya. Nama saya …)

    §  ~

    §  How do you do? My name is . (Bagaimana kabarmu? Nama saya …)

    §  How do you do? My name is Rena. Nice to meet you. (Bagaimana kabarmu? Nama saya Rena. Senang berjumpa denganmu.)

     

    2. Informal Introduction

    Informal Introduction atau perkenalan informal merupakan perkenalan yang dilakukan pada situasi nonformal, seperti dalam lingkungan sekitar, masyarakat, pergaulan/ pertemanan, dan lain-lain. Oleh karena itu, ungkapan perkenalan umumnya disampaikan dengan bahasa yang lebih akrab dan bebas. Berikut ini contoh ungkapan-ungkapan informal introduction dan responnya. 
     

    Informal Introduction

    Its Responses

    §  Hello, I am ..... Nice to meet you. (Hello, Saya ….. Senang berjumpa denganmu)

    §  Hi, I am ..... Nice to meet you too. (Hi, Saya …. Senang berjumpa dengamu juga.)

    §  Hi, I am ..... Pleased to meet you. (Hello, Saya ….. Senang berjumpa denganmu)

    §  Hello, I am ..... Pleased to meet you too. (Hello, Saya …. Senang berjumpa dengamu juga.)

    §  Excuse me. I am …. what’s your name? (Permisi, Saya …. Siapa namamu?)

    §  I am ..... (Saya ….)

    §  Hi, what’s your name …. (Hi, Siapa namamu?)

    §  Hello. I am …. / My name’s …. (Hello, Saya …./ Nama saya ….)

     
    Contoh Introduction of a Student at School:

         Good morning all, allow me to introduce myself. My name is Ruby Anindita. I was born in Padang on 30 November 2009. Now I live in Bandung. Right now I stay at my uncle’s house.

         I like things that smell of adventurous, and small things like reading, watching, and spending my free time by doing nothing. I am the second child in my family. I have a little sister, and she is a kindergarten student.
         My father is an english teacher. His name is Dodi Sudirman. While my mother is Riana Dewi. She is a housewife. I love my family more than anything. Well that’s my introduction this time. Pleased to meet you.
     
    Artinya:
    Selamat pagi semua, izinkan saya memperkenalkan diri. Nama saya Ruby Anindita. Saya lahir di Padang pada tanggal 30 November 2009. Sekarang saya tinggal di Bandung. Saat ini saya tinggal di rumah paman saya.
    Saya suka hal-hal yang berbau petualangan, dan hal-hal kecil seperti membaca, menonton, dan menghabiskan waktu luang saya dengan tidak melakukan apa-apa. Saya adalah anak kedua dalam keluarga saya. Saya memiliki seorang adik perempuan, dan dia adalah seorang siswa TK.
    Ayah saya adalah seorang guru bahasa Inggris. Namanya Dodi Sudirman. Sedangkan ibu saya adalah Riana Dewi. Dia adalah seorang ibu rumah tangga. Aku mencintai keluargaku lebih dari apapun. Nah sekian perkenalan saya kali ini. Senang bertemu denganmu.
     
    Contoh Dialog Introduction:

    Gilang : Excuse me. I don’t think we have met, I’m Gilang.(Permisi, sepertinya kita belum pernah bertemu, saya Gilang)

    Nando : Hello. I’m Nando. I am your new neighbor.(Halo, Saya Nanda. Saya tetangga barumu)

    Gilang : Oh really?. You move to the house next to me, aren't you?(Oh benarkah? Kamu pindah ke rumah disebelah saya kan?)

    Nando : Yes it is. Please come to my house this afternoon. I baked some cookies.(Iya. Tolong datang sore ini ke rumah saya. Saya sudah memanggang kue kering)

    Gilang : Sure! Thanks. Nice to know you Nando.(Tentu saja! Terima Kasih. Senang bisa mengenalmu Nando)

    Nando : Nice to know you too Gilang.(Senang bisa mengenalmu juga Gilang)

     

    3. Introducing Other

    Introducing to other merupakan memperkenalkan seseorang, misalnya teman, rekan kerja, atau anggota keluarga, kepada seseorang yang lain. Berikut ini beberapa contoh ungkapan introducing to other dan responnya.

    Formal Introduction

    Its Responses

    §  Good morning, may I introduce our guest here. She/He is … (Selamat pagi, bolehkah saya memperkenalkan tamu kita disini. Dia adalah…)

    §  How do you do, Mr./Mrs. … nice to meet you. (Bagaimana kabarmu, pak/bu … Senang bertemu denganmu)

    §  His/Her name is… (Namanya …)

    §  My name is ... glad to meet you. (Namaku … senang bertemu denganmu)

    §  Mr. Budi, this is Mr. Reno, my friend/colleague/staff in this office. (Pak Budi, ini Pak Reno, teman/rekan/staf saya di kantor ini.)

    §  Hi, Mr. Reno. Pleased to meet you. (Hi, Pak Reno. Senang berjumpa denganmu)

    §  I ‘d like to introduce you to Mr. Sandy. (Saya ingin memperkenalkan Anda kepada Tuan Sandy)

    §  Hello, Mr. Sandy. Glad to see you. (Hello, Pak Sandy. Senang bertemu denganmu)

    §  Let me introduce you to Mrs. Jane. (Izinkan saya memperkenalkanmu kepada Ibu Jane)

    §  How do you do, Mrs. Jane. My name is Olivia. (Bagaimana kabarmu, Ibu Jane. Nama saya Olivia)

    §  May I introduce you to Mr. John (Bolehkah saya memperkenalkan Anda kepada Pak John)

    §  Hello, Mr. John. I`m Randy. (Hello, Pak John. Saya Randy)

    §  Mr. Alex, allow me introduce you to Mrs. Ana. (Pak Alex, izinkan saya memperkenalkan Anda kepada Bu Ana)

    §  Hi, Mrs. Ana. Nice to meet you. (Hi, Bu Ana. Senang bertemu denganmu)

      

    Informal Introduction

    Its Responses

    §  Let me introduce my friend, her name is Ana. (Perkenalkan teman saya, namanya Ana)

    §  Hello Anna, glad to meet you. (Hello, Anna. Senang berjumpa denganmu)

    §  Anna, this is Chris my friend here. (Anna, ini Chris temanku di sini)

    §  Hello Okay, I am Bara. (Hello, Oke. Saya Bara)

    §  Have you meet my friend, Okay? (Apakah Anda bertemu teman saya, Oke?)

    §  Glad to see you. (Senang berjumpa denganmu)

    §  Rini, this is Andy, Edi and Topan. (Rini, ini Andy, Edi dan Topan)

    §  How do you do? Nice to meet/see you. (Bagaimana kabarmu? Senang bertemu denganmu.)

    §  Oh … Dewi, I’d like you to meet …. (Oh … Dewi, saya ingin Anda bertemu ….)

    §  Me too. (Saya juga)

    §  By the way, do you know each other? (Ngomong-ngomong, apakah kalian saling kenal?)

    §  No, I haven’t. (Tidak, Saya tidak kenal)

    §  Do you know Baskara? (Apakah Anda tahu Baskara?)

    §  Hi, glad to meet you. I’m Renata. (Hi, senang berjumpa denganmu. Saya Renata)

    §  Have you met Baskara? (Pernahkah Anda bertemu Baskara?)

    §  No, I haven’t. (Tidak, Saya tidak pernah)

    §  This is a friend of mine, Renata. (Ini adalah teman saya, Renata)

    §  I’m glad to know you. (Saya senang bertemu denganmu)

    §  Baska this is Rena, my friend. (Baska ini Rena, temanku)

    §  It’s nice to meet you. (Senang bertemu denganmu)

    §  May I introduce our new member, Mr. Rafael Romero? (Bolehkah saya memperkenalkan anggota baru kami, Tuan Rafael Romero?)

    §  How do you do, Mr. Rafael. I1m Kartika. (Bagaimana kabarmu, Tuan Rafael. Saya Kartika)

    §  Please allow me to introduce our new District Manager. (Perkenankan saya untuk memperkenalkan Manajer Distrik kami yang baru.)

    §  How do you do? It’s very nice to meet you. (Bagaimana kabarmu? Senang sekali berjumpa denganmu)

    §  Let me introduce you to Mr. Iskandar, our Marketing Manager. Mr. Iskandar, this is Mr. Hermawan from Borneo Plantation Company. (Perkenalkan saya Pak Iskandar, Manajer Pemasaran kami. Pak Iskandar, ini Pak Hermawan dari Borneo Plantation Company.)

    §  Hello, Mr. Hermawan. Pleased to meet you. (Hello, Tuan Hermawan. Senang berjumpa denganmu)

     
    Contoh Introducting to others:

    Silvia : That’s Deri. Do you know him?(Itu Deri. Apakah kamu mengenalnya?)

    Pipit : No, I don’t.(Tidak, aku tidak mengenalnya)

    Silvia : Hello, Deri. How are you?(Halo Deri. Apa kabar?)

    Deri : Hello, Silvia. I'm fine thanks. (Hai Silvia, aku baik baik saja terima kasih)

    Silvia : Deri, this is my friend , Pipit Nurlaila.(Deri ini temanku, Pipit Nurlaila)

    Deri : Hello, Pipit. Pleased to meet you.(Halo Pipit, senang bertemu denganmu)

    Pipit : Hi Deri, Pleased to meet you too.(Hai Deri, senang bertemu denganmu juga)

     

    B. Members of Family (Anggota Keluarga)

    Berikut ini daftar nama-nama anggota keluarga dalam bahasa Inggris yang perlu Anda ketahui.

    Members of Family (Anggota Keluarga)

    §  Ancestor : Nenek Moyang, Leluhur

    §  Descendant : Keturunan, Anak-Cucu

    §  Grandparents : Kakek-Nenek

    §  Grandfather/Granpa : Kakek

    §  Grandmother/Grandma : Nenek

    §  Husband : Suami

    §  Wife : Istri

    §  Parent : Orang Tua

    §  Father : Ayah 

    §  Mother : Ibu

    §  Daughter : Anak Pr 

    §  Son : Anak Laki2 

    §  Sister : Saudara Pr

    §  Brother : Saudara Laki2

    §  Granddaughter : Cucu Pr

    §  Grandson : Cucu Laki2

    §  Uncle : Paman

    §  Aunt : Bibi

    §  Niece : Keponakan Pr

    §  Nephew : Keponakan Laki2

    §  Cousin : Sepupu

    §  Extended Family : Keluarga Besar 

    §  Parent-In-Law : Mertua

    §  Son-In-Law : Menantu Laki2

    §  Daughter-In-Law : Menantu Pr

    §  Stepchild : Anak Tiri

    §  Stepson : Anak Tiri Laki2

    §  Stepdaughter : Anak Tiri Pr

    §  Brotherhood : Persaudaraan

    §  Childhood : Masa Anak-Anak 

    §  Foster Child : Anak Angkat

    §  Foster Father : Ayah Angkat 

    §  Foster Mother : Ibu Angkat

    §  Foster Parent : Orang Tua Angkat 

    §  Fraternal : Persaudaraan

    §  Friend : Teman

    §  Fraternal Twin : Saudara Kembar

    §  Infant : Bayi Baru Lahir

    §  Twin Brother : Saudara Kembar Laki2.

    §  Twin Sister : Saudara Kembar Pr.

    §  Twins : Saudara Kembar

    §  Relations : Relasi, Hubungan 

    §  Relative : Sanak Kerabat

     

    C. Pronoun (Kata Ganti)

    Pronoun atau kata ganti merupakan kata yang berfungsi untuk menggantikan noun (kata benda) baik berupa orang, tempat, benda, ataupun sesuatu. Macam-macam pronoun antara lain sebagai berikut.
     

    Subject Pronoun

    Object Pronoun

    Possessive Adjective

    Possessive Pronoun

    Reflexive Pronoun

    I

    Me

    My … + noun

    Mine house

    Myself

    You

    You

    Your house

    Yours

    Yourself/-selves

    They

    Them

    Their …

    Theirs

    Themselves

    We

    Us

    Our …

    Ours

    Ourselves

    He

    Him

    His …

    His

    Himself

    She

    Her

    Her …

    Hers

    Herself

    It

    It

    Its …

    -

    Itself

     

    Contoh penggunaan Pronoun (Kata Ganti) dalam kalimat, antara lain:

    • I help Diana. She is my best friend at school.(Saya membantu Diana. Dia teman terbaikku di sekolah.)
    • Dea sends me a letter. It tells my life in London. ( Dea mengirimi saya sebuah surat. Surat itu menceritakan kehidupanku di London )
    • This is our class. We clean it everyday. (Ini adalah kelas kita. Kita membersihkannya setiap hari.)
    • I bring a cup of tea for you. (Saya membawakan secangkir kopi untukmu)
    • Maria and Hana will go to my house tomorrow. They want to study together with me. (Maria dan Hana akan pergi ke rumahku besok. Mereka ingin belajar bersama denganku)
    • This book is mine. I bought it at Gramedia. (Buku ini milikku. Aku membelinya di Gramedia)

    *Keterangan:
    Berikut penjelasan dari macam-macam Pronoun di atas:

    a. Subject Pronoun merupakan kata ganti yang berfungsi sebagai subjek kalimat; biasanya terletak sebelum verb (kata kerja) di awal kalimat.

    Subject Pronoun + Verb + ...

    Subject pronoun meliputi I (saya), You (Kamu), We (Kami/Kita), They (Mereka), She (Dia (perempuan)), He (Dia (laki-laki)), dan It (Itu (untuk benda). Contoh:

    §  I go to school everyday.

    §  You don’t submit your assignment, do you?.

    §  We will visit our old friend, Mike, in the station.

    §  They are our neighbors.

     

    b. Object Pronoun merupakan kata ganti yang berfungsi sebagai objek kalimat); biasanya terletak sesudah verb (kata kerja) di tengah/ akhir kalimat atau sesudah direct object (objek langsung suatu kalimat).

    Subject + Verb + Object Pronoun ...

    Object pronoun meliputi Me (saya), You (Kamu), Us (Kami/Kita), Them (Mereka), Her (Dia (perempuan)), Him (Dia (laki-laki)), dan It (Itu (untuk benda). Contoh.

    §  His parents are proud of him.

    §  Janet never talks to us.

    §  Mila gives me a beautiful gift. (setelah verb (kata kerja))

    §  Mila gives a beautiful gift to me. (sesudah direct object (objek langsung suatu kalimat).

     

    c. Possessive Adjective Pronoun merupakan kata ganti yang berfungsi untuk menunjukkan kepemilikan yang disertai kata benda (noun), misalnya my car, your house, their book). Possessive adjective pronoun ini membentuk noun phrase (frasa nomina) yang dapat berada di awal ataupun akhir kalimat.

    Possessive Adjective Pronoun + Noun

    *Noun  merupakan kata benda. Kata benda biasanya berwujud benda, hewan, manusia, tempat, ide/ gagasan, dll.

    Possessive adjective pronoun meliputi My (saya/-ku), Your (Kamu/-mu), Our (Kami/Kita), Their (Mereka), Her (Dia/-nya (perempuan)), Him (Dia/-nya (laki-laki)), dan It (Itu/-nya (untuk benda). Contoh:

    §  My seat is in front of your seat.

    §  His book must be lost.

    §  He is repairing his computer.

    §  Your father asked you to help him finishing her work.

     

    d. Possessive Pronoun merupakan kata ganti yang berfungsi untuk menunjukkan kepemilikan langsung; biasanya terdapat di awal ataupun akhir kalimat. Possessive Pronoun menunjukkan kepemilikan secara langsung. Possessive pronoun meliputi Mine (Milikku), Yours (Milikmu), Ours (Milik kita), Theirs (Milik mereka), Hers (Miliknya (perempuan)), His (Miliknya (laki-laki)). Contoh:

    §  This bag is mine.

    §  My house is big. Yours is small.

    §  That new bicycle is hers.

    §  The jacket hanged on the corner is his.

     

    e. Reflexive Pronoun merupakan kata ganti yang berfungsi untuk menekankan/ menegaskan pada diri sendiri atau orang lain. Biasanya terdapat di akhir kalimat ataupun di awal kalimat sesudah subjek.

    Reflexive pronoun meliputi Myself (Diriku), Yourself/selves (Dirimu), Ourselves (Diri kita), Themselves (Diri mereka), Herself (Dirinya (perempuan)), Himself (Dirinya (laki-laki)), dan Itself (Dirinya (benda)). Contoh:

    §  I do it myself.

    §  Jane herslef cooks for dinner tonight.

    §  Dale never thinks himself that he can win the competition.

    §  We ourself believe that we can finish the project.

     
    Selain itu, terdapat beberapa jenis pronoun selain yang disebutkan di atas, yaitu demonstrative pronoun, interrogative pronoun, relative pronoun, indefinite pronoun, dan reciprocal pronoun.
    Demonstrative Pronoun
    Demonstrative pronoun adalah kata ganti yang menggunakan jumlah (number) dan jarak (distance). Demonstrative pronoun terdiri dari This, That, These, dan Those. Contoh:

    §  This is the biggest doll I ever had. (ini adalah boneka terbesar yang pernah aku punya)

    §  These students are going to school every 7 a.m. (para siswa itu pergi ke sekolah setiap jam 7)

    §  That is my daughter. (dia adalah anak perempuanku.


    g. Interrogative pronoun

    Interrogative pronoun adalah kata ganti yang digunakan untuk mengutarakan sebuah pertanyaan. Contoh kata interrogative pronoun adalah Who, What, Which, Whose, Whom, When, Why, How, dan lain lain.

    §  What is your name? (siapa namamu?)

    §  Why are you calling me? (kenapa kau memanggilku?)

    §  Which one is your girlfriend? (yang mana pacarmu?)

     

    c.    Relative Pronoun

    Relative pronoun adalah kata ganti yang menghubungkan kalimat awal dengan kalimat yang ada di belakangnya. Contoh relative pronoun adalah Who, Whose, Which, Whom, That, dan lain lain. Contoh:

    §  The only one who can sing in our class is Gita. (satu satunya yang bisa menyanyi di kelas kami adalah gita)

    §  I like that girl since the first time I met her. (aku menyukai perempuan itu sejak pertama kalinya aku bertemu dengannya)

     

    d.    Indefinite Pronoun

    Indefinite pronoun adalah kata ganti untuk orang, benda, atau hal yang bersifat umum atau tidak spesifik. Contoh kata indefinite pronoun adalah anything, something, everything, none, someone, something, dan lain sebagainya. Contoh:

    §  I want something tasty for dinner tonight. (aku ingin sesuatu yang enak untuk makan malam di malam ini)

    §  Everything is going to be alright. (semuanya akan baik-baik saja)

    §  I will give you anything if you want to be my girlfriend. (aku akan memberimu apa saja jika kamu mau menjadi pacarku)

     

    e.    Reflexive Pronoun

    Reflexive pronoun adalah kata ganti yang digunakan untuk menyatakan bahwa subject menerima action dari verb pada suatu kalimat. Contoh kata reflexive pronoun adalah myself, yourself, itself, yourselves, himself, herself, ourselves, themselves, dan lain sebagainya. Contoh:

    §  You should go and love yourself. (kamu harus pergi dan cintai saja dirimu sendiri)

    §  The students have to do their homework by themselves. (Para siswa harus melakukan pekerjaan rumahnya sendiri)

    §  I will give scarf to my mother that made by myself. (aku akan memberikan syal pada ibuku yang aku buat sendiri)

     

    f.     Intensive Pronoun

    Intensive pronoun adalah kata ganti yang berfungsi untuk menekankan noun yang ada di depannya. Contoh katanya sama dengan reflexive pronoun yaitu, myself, yourself, itself, yourselves, themselves, ourselves, dan lain lain. Contoh:

    §  He himself swear that he didn't steal in the supermarket. (dia bersumpah bahwa dia tidak mencuri di supermarket itu)

    §  I myself know the truth that he was a thief. (aku tahu kenyataannya bahwa dia adalah seorang pencuri)

    §  Nana herself presented her masterpiece. (Nana mempresentasikan karyanya)

     

    g.    Reciprocal Pronoun

    Reciprocal pronoun adalah kata ganti yang digunakan ketika ada subjek yang melakukan hal yang sama satu sama lain. Contoh kata reciprocal pronoun adalah each other, one another, dan lain lain. Contoh:

    §  They know each other very well. (mereka kenal satu sama lain dengan baik)

    §  Masha and Dasha shared their story one another. (Masha dan Dasha saling berbagi cerita mereka satu sama lain).

     
    See also:

    1.    Part of Speech

    2.    Part of Speech: Pronoun

    3.    Part of Speech: Noun

    4.    Part of Speech: Verb

     
    Reference:
    https://www.jagoanbahasainggris.com/2018/07/materi-lengkap-bahasa-inggris-smp-kelas-7-kurtilas.html accessed on 22nd December 2020
    https://www.jagoanbahasainggris.com/2017/03/penjelasan-pronoun-kata-ganti-dan-contoh-kalimatnya.html accessed on 22nd December 2020
     
    Demikian tadi sekilas penjelasan Materi Bahasa SMP/MTs Inggris Kelas VII Semester 1 terkait “Introduction, Members Of Family, & Pronoun”. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru bagi kita dalam belajar bahasa Inggris.
    Penulis mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari para pembaca terkait konteks atau isi tulisan, sehingga nantinya penulis dapat menjadikannya sebagai inspirasi dan motivasi untuk melakukan perbaikan dan pengembangan tulisan berikutnya. Terima kasih ;)

     

     

    Post a Comment

    "Terima kasih Anda telah mengunjungi blog kami. Kami berharap Anda dapat memberikan saran, kritik, ataupun dukungan yang positif dan membagun agar kami dapat melakukan perbaikan pada artikel blog kami."

    Previous Post Next Post