Materi dan Kompetensi Inti (KI) & Kompetensi Dasar (KD) Bahasa Inggris Kurikulum 2013 untuk SMA/MA/MAK Kelas XI


    englishforpractice02.blogspot.com
    Materi dan Kompetensi Inti (KI) & Kompetensi Dasar (KD) Bahasa Inggris Kurikulum 2013 untuk SMA/MA/MAK Kelas XI




    Hi, sobat!
    Pada kesempatan kali ini, kami menyajikan Materi Bahasa Inggris SMA/MA/MAK Kelas XI Kurikulum 2013. Yuk simak penjelasanannya berikut ini!

    Kompetensi Inti (KI) & Kompetensi Dasar (KD) Bahasa Inggris Kurikulum 2013 untuk SMA/MA/MAK Kelas XI

    KI.3 Pengetahuan

    3.1 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan should, can).
    3.2 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pendapat dan pikiran, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan I think, I suppose, in my opinion).
    3.3 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk undangan resmi dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah/tempat kerja sesuai dengan konteks penggunaannya.
    3.4 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks eksposisi analitis lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait isu aktual, sesuai dengan konteks penggunaannya
    3.5 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan /tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan passive voice).
    3.6 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk surat pribadi dengan memberi dan menerima informasi terkait kegiatan diri sendiri dan orang sekitarnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
    3.7 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan because of ..., due to ..., thanks to ...).
    3.8 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks explanation lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait gejala alam atau sosial yang tercakup dalam mata pelajaran lain di kelas XI, sesuai dengan konteks penggunaannya.
    3.9 Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA/SMK/MAK.

    KI.4 Keterampilan

    4.1 Menyusun teks interaksi transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
    4.2 Menyusun teks interaksi transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pendapat dan pikiran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
    4.3 Teks undangan resmi
    4.3.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk undangan resmi lisan dan tulis, terkait kegiatan sekolah/tempat kerja.
    4.3.2 Menyusun teks khusus dalam bentuk undangan resmi lisan dan tulis, terkait kegiatan sekolah/tempat kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.
    4.4 Teks eksposisi analitis
    4.4.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks eksposisi analitis lisan dan tulis, terkait isu aktual.
    4.4.2 Menyusun teks eksposisi analitis tulis, terkait isu aktual, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.
    4.5. Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
    4.6 Teks surat pribadi
    4.6.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk surat pribadi terkait kegiatan diri sendiri dan orang sekitarnya.
    4.6.2 Menyusun teks khusus dalam bentuk surat pribadi terkait kegiatan diri sendiri dan orang sekitarnya, lisan dan tulis, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.
    4.7 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
    4.8 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks explanation lisan dan tulis, terkait gejala alam atau sosial yang tercakup dalam mata pelajaran lain di kelas XI.
    4.9 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA/SMK/MAK.


    Materi Bahasa Inggris Kurikulum 2013 untuk SMA/MA/MAK Kelas XI 

    SEMESTER 1

    CHAPTER 1: CAN GREED EVER BE SATISFIED?

    CHAPTER 2: BULLYING: A CANCER THAT MUST BE ERADICATED

    CHAPTER 3: HOPES AND DREAMS!

    CHAPTER 4: VANITY, WHAT IS THY PRICE?

    CHAPTER 5: BENEFIT OF DOUBT!

     

    SEMESTER 2

    CHAPTER 6: THE STORY OF WRITING!

    CHAPTER 7: NATURAL DISASTERS

    CHAPTER 8: THE LAST LEAF

    CHAPTER 9: FATHER OF INDONESIAN EDUCATION

    CHAPTER 10: MEANING THROUGH MUSIC

    CHAPTER 11: MAN MADE DISASTER

     

    Sumber:

    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Buku Siswa Bahasa Inggris untuk SMA/MA/MAK Kelas XI Semester 1 Kurikulum 2013.

    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Buku Siswa Bahasa Inggris untuk SMA/MA/MAK Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013.

     

    Demikian, Materi dan Kompetensi Inti (KI) & Kompetensi Dasar (KD) Bahasa Inggris Kurikulum 2013 untuk SMA/MA/MAK Kelas XI yang dapat kami sajikan. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi kita dalam mempelajari bahasa Inggris. Terima kasih ðŸ˜Š

    Post a Comment

    "Terima kasih Anda telah mengunjungi blog kami. Kami berharap Anda dapat memberikan saran, kritik, ataupun dukungan yang positif dan membagun agar kami dapat melakukan perbaikan pada artikel blog kami."

    Previous Post Next Post