Materi dan Kompetensi Inti (KI) & Kompetensi Dasar (KD) Bahasa Inggris Kurikulum 2013 untuk SMA/MA/MAK Kelas XII


    englishforpractice02.blogspot.com
    Materi dan Kompetensi Inti (KI) & Kompetensi Dasar (KD) Bahasa Inggris Kurikulum 2013 untuk SMA/MA/MAK Kelas XII




    Hi, sobat!
    Pada kesempatan kali ini, kami menyajikan Materi dan Kompetensi Inti (KI) & Kompetensi Dasar (KD) Bahasa Inggris SMA/MA/MAK Kelas XII Kurikulum 2013. Yuk simak penjelasanannya berikut ini!

    Kompetensi Inti (KI) & Kompetensi Dasar (KD) Bahasa Inggris Kurikulum 2013 untuk SMA/MA/MAK Kelas XII

    KI.3 Pengetahuan

    3.1 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menawarkan jasa, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan May I help you?, What can I do for you? What if ...?).
    3.2 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk surat lamaran kerja, dengan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, latar belakang pendidikan/pengalaman kerja, sesuai dengan konteks penggunaannya.
    3.3 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk teks caption, dengan memberi dan meminta informasi terkait gambar /foto /tabel/grafik/ bagan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
    3.4 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks news item lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait berita sederhana dari koran/radio/TV, sesuai dengan konteks penggunaannya.
    3.5 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pengandaian diikuti oleh perintah/saran, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan if dengan imperative, can, should).
    3.6 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks prosedur lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait manual penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips), pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.
    3.7 Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA/SMK/MAK.


    KI.4 Keterampilan

    4.1 Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sederhana yang melibatkan tindakan menawarkan jasa, dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
    4.2 Surat lamaran kerja
    4.2.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk surat lamaran kerja, yang memberikan informasi antara lain jati diri, latar belakang pendidikan/pengalaman kerja.
    4.2.2 Menyusun teks khusus surat lamaran kerja, yang memberikan informasi antara lain jati diri, latar belakang pendidikan/pengalaman kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.
    4.3 Teks penyerta gambar (caption)
    4.3.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk caption terkait gambar/foto/tabel/grafik/bagan.
    4.3.2 Menyusun teks khusus dalam bentuk teks caption terkait gambar/foto/tabel/grafik/bagan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.
    4.4 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks news items lisan dan tulis, dalam bentuk berita sederhana koran/radio/TV.
    4.5. Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pengandaian diikuti oleh perintah/saran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
    4.6 Teks prosedur
    4.6.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks prosedur lisan dan tulis, dalam bentuk manual terkait penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips).
    4.6.2 Menyusun teks prosedur, lisan dan tulis, dalam bentuk manual terkait penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.
    4.7 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA/ SMK/MAK.


    Materi Bahasa Inggris Kurikulum 2013 untuk SMA/MA/MAK Kelas XII 

    SEMESTER 1

    CHAPTER 1: MAY I HELP YOU?
    CHAPTER 3: CREATING CAPTIONS
    CHAPTER 5: WHO WAS INVOLVED?

    SEMESTER 2

    CHAPTER 8: HOW TO MAKE
    CHAPTER 9: DO IT CAREFULLY!

    Sumber:

    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Buku Siswa Bahasa Inggris untuk SMA/MA/MAK Kelas XII Kurikulum 2013.

    Demikian, Materi dan Kompetensi Inti (KI) & Kompetensi Dasar (KD) Bahasa Inggris SMA/MA/MAK Kelas XII Kurikulum 2013 yang dapat kami sajikan. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi kita dalam mempelajari bahasa Inggris. Terima kasih 😊

    Post a Comment

    "Terima kasih Anda telah mengunjungi blog kami. Kami berharap Anda dapat memberikan saran, kritik, ataupun dukungan yang positif dan membagun agar kami dapat melakukan perbaikan pada artikel blog kami."

    Previous Post Next Post