![]() |
| Latihan Soal Penilaian Harian Kelas I SD/MI Kurikulum Merdeka Unit 2 I am Kimi Lengkap dengan Jawabannya |
Hi, sahabat!
Unit 2 “I Am Kimi” pada pembelajaran Bahasa Inggris Kelas I SD/MI Kurikulum Merdeka dirancang untuk membantu siswa mengenal dan menggunakan ungkapan sederhana dalam memperkenalkan diri serta memperkenalkan teman. Melalui materi ini, siswa belajar menggunakan pola kalimat “I am …” untuk menyebutkan nama diri dan “This is …” untuk memperkenalkan orang lain. Agar kemampuan siswa dapat terukur dengan baik, latihan soal Penilaian Harian disajikan secara menarik dan mudah dipahami sesuai tahap perkembangan anak usia dini. Artikel ini menyajikan kumpulan latihan soal lengkap dengan jawabannya untuk membantu guru, orang tua, maupun siswa dalam mempersiapkan kegiatan penilaian dengan lebih optimal.
Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan artikel seputar "Latihan Soal Penilaian Harian Kelas I SD/MI Kurikulum Merdeka Unit 2 I am Kimi Lengkap dengan Jawabannya". Yuk simak selengkapnya berikut ini!
Latihan Soal Penilaian Harian Kelas I SD/MI Kurikulum Merdeka Unit 2 I am Kimi Lengkap dengan Jawabannya
PART I
DIRECTION: Choose the best answer for the following questions!
Dialog 1
Ani: Hello! I am Ani.
Budi: Hello, Ani!
1. Siapa yang memperkenalkan diri?
A. Budi
B. Ibu
C. Ani
D. Sisi
E. Rara
Jawaban: C
2. Apa yang dikatakan Ani?
A. I am Budi.
B. I am Ani.
C. This is Ani.
D. I am friend.
E. My name is Budi.
Jawaban: B
Dialog 2
Rina: Hello! I am Rina.
Rudi: This is my friend, Tio.
3. Siapa nama teman Rudi?
A. Rina
B. Rudi
C. Tio
D. Ani
E. Kimi
Jawaban: C
4. Ungkapan “This is my friend” digunakan untuk…
A. menyapa
B. berpamitan
C. memperkenalkan teman
D. memperkenalkan diri
E. bertanya kabar
Jawaban: C
Dialog 3
Kimi: Good morning! I am Kimi.
Lala: Good morning, Kimi!
5. Kimi memperkenalkan…
A. teman
B. dirinya sendiri
C. gurunya
D. keluarganya
E. rumahnya
Jawaban: B
6. Apa arti “I am Kimi”?
A. Ini Kimi
B. Halo, Kimi
C. Saya Kimi
D. Nama saya Budi
E. Saya teman
Jawaban: C
Dialog 4
Budi: This is Sisi.
Sisi: Hello!
7. Apa maksud Budi?
A. Ia memperkenalkan diri
B. Ia menyapa
C. Ia memperkenalkan Sisi
D. Ia bertanya kabar
E. Ia pamit
Jawaban: C
8. Respon yang tepat untuk “This is Sisi” adalah…
A. Goodbye
B. I am Sisi
C. Hello, Sisi!
D. This is Sisi
E. I am friend
Jawaban: C
Dialog 5
Andi: I am Andi.
Andi: This is my friend, Rara.
9. Siapa yang menjadi teman Andi?
A. Ani
B. Rina
C. Rara
D. Budi
E. Sisi
Jawaban: C
10. “I am Andi” digunakan untuk…
A. memperkenalkan teman
B. memperkenalkan diri
C. memanggil guru
D. berpisah
E. memuji
Jawaban: B
Dialog 6
Lulu: Hello! I am Lulu.
Lulu: This is my friend, Nono.
11. Siapa yang diperkenalkan Lulu?
A. Lulu
B. Nono
C. Guru
D. Kucing
E. Kakaknya
Jawaban: B
12. Kata “This is…” berarti…
A. Nama saya
B. Saya
C. Halo
D. Ini adalah
E. Terima kasih
Jawaban: D
Dialog 7
Sito: I am Sito.
Mira: Hello, Sito!
13. Apa yang dilakukan Sito?
A. Memperkenalkan teman
B. Memperkenalkan diri
C. Menanyakan kabar
D. Mengucapkan selamat tinggal
E. Memanggil teman
Jawaban: B
14. Balasan yang sopan untuk “I am Sito” adalah…
A. Goodbye
B. This is Sito
C. Hello, Sito!
D. I am Mira
E. This is Mira
Jawaban: C
Dialog 8
Maya: Hello! I am Maya.
Maya: This is Lani.
15. Lani adalah…
A. guru
B. teman Maya
C. ibu Maya
D. sepupu Maya
E. kakak Maya
Jawaban: B
16. Apa kata pertama untuk memperkenalkan diri?
A. This
B. That
C. Hello
D. I
E. Goodbye
Jawaban: D
Dialog 9
Tono: I am Tono.
Tono: This is Fafa.
17. Tono memperkenalkan…
A. dua orang
B. dirinya dan temannya
C. gurunya
D. keluarganya
E. tetangganya
Jawaban: B
18. “I am…” digunakan untuk…
A. memperkenalkan diri
B. menyuruh teman
C. memanggil guru
D. bertanya umur
E. berpamitan
Jawaban: A
Dialog 10
Doni: Hello! I am Doni.
Doni: This is my friend, Dika.
19. Apa nama teman Doni?
A. Doni
B. Dika
C. Dini
D. Dana
E. Danu
Jawaban: B
20. Respon untuk memperkenalkan teman adalah…
A. Hello, (nama)!
B. I am (nama).
C. Goodbye!
D. This is (nama).
E. How are you?
Jawaban: A
Dialog 11
Nina: I am Nina.
Nina: This is my friend, Tika.
21. Siapa yang bicara?
A. Tika
B. Nina
C. Sisi
D. Reni
E. Dona
Jawaban: B
22. “This is my friend” berarti…
A. Saya pergi
B. Ini temanku
C. Ini rumahku
D. Saya temannya
E. Teman saya pergi
Jawaban: B
Dialog 12
Oki: Hello! I am Oki.
Oki: This is Riri.
23. Oki memperkenalkan…
A. diri sendiri
B. teman
C. guru
D. kakak
E. adik
Jawaban: A dan B (tetapi fokus teks: B)
24. Apa yang dikatakan Oki untuk memperkenalkan teman?
A. I am Riri
B. Hello
C. Goodbye
D. This is Riri
E. I am friend
Jawaban: D
Dialog 13
Rafa: I am Rafa.
Rafa: This is my friend, Jeni.
25. Yang diperkenalkan Rafa adalah…
A. dirinya
B. Jeni
C. guru
D. Ayah
E. Ibu
Jawaban: B
26. Kalimat untuk menyapa adalah…
A. Goodbye
B. I am Jeni
C. Hello!
D. This is Jeni
E. I am Rafa
Jawaban: C
Dialog 14
Dara: Hi! I am Dara.
Dara: This is Lala.
27. Apa arti “Hi”?
A. Selamat malam
B. Ya
C. Hai
D. Tolong
E. Tidak
Jawaban: C
28. Lala diperkenalkan sebagai…
A. ibu
B. teman
C. guru
D. adik
E. kakak
Jawaban: B
Dialog 15
Sani: Hello! I am Sani.
Sani: This is Tono.
29. Siapa yang memperkenalkan Tono?
A. Sani
B. Sisi
C. Sano
D. Seno
E. Sandi
Jawaban: A
30. Kata yang tepat untuk memperkenalkan diri adalah…
A. Goodbye
B. I am
C. This is
D. Thank you
E. Please
Jawaban: B
Dialog 16
Lisa: I am Lisa.
Lisa: This is Bima.
31. Siapa nama teman Lisa?
A. Budi
B. Bima
C. Beni
D. Bona
E. Bima
Jawaban: B
32. Ungkapan “I am Lisa” digunakan untuk…
A. Memperkenalkan diri
B. Memperkenalkan teman
C. Bertanya nama
D. Menyapa guru
E. Menjawab salam
Jawaban: A
Dialog 17
Gilang: Hello! I am Gilang.
Gilang: This is Nana.
33. Siapa yang diperkenalkan Gilang?
A. Gilang
B. Nana
C. Dika
D. Riri
E. Teman guru
Jawaban: B
34. Jawaban yang tepat untuk “Hello! I am Gilang” adalah…
A. Goodbye
B. Hello, Gilang!
C. This is Gilang
D. I am friend
E. Please sitting
Jawaban: B
Dialog 18
Miko: Hello! I am Miko.
Miko: This is Lino.
35. Apa fungsi “This is Lino”?
A. Menyapa
B. Memperkenalkan teman
C. Meminta tolong
D. Menutup percakapan
E. Memberi salam
Jawaban: B
36. Kalimat untuk memperkenalkan diri adalah…
A. I am (nama)
B. This is (nama)
C. Hello, (nama)
D. Goodbye
E. Thank you
Jawaban: A
Dialog 19
Tari: Hi! I am Tari.
Tari: This is Nunu.
37. Tari mengatakan “I am Tari” untuk…
A. menyapa
B. memperkenalkan diri
C. berpamitan
D. bertanya umur
E. marah
Jawaban: B
38. Nunu adalah…
A. guru
B. teman
C. ayah
D. kakak
E. sepupu
Jawaban: B
Dialog 20
Roro: Hello! I am Roro.
Roro: This is Mimi.
39. Siapa nama pembicara dalam teks?
A. Mimi
B. Roro
C. Riri
D. Nana
E. Mina
Jawaban: B
40. Kalimat yang digunakan untuk memperkenalkan teman adalah…
A. I am Roro
B. Hi
C. Goodbye
D. This is Mimi
E. Thank you
Jawaban: D
PART II
DIRECTION: Answer the following question with the correct answer!
Teks 1
Kimi says, “I am Kimi.” He points to his friend and says, “This is Lala.”
41. Siapa nama Kimi?
Jawaban: Namanya Kimi.
42. Siapa teman yang diperkenalkan Kimi?
Jawaban: Temannya bernama Lala.
43. Tuliskan kalimat memperkenalkan diri seperti Kimi!
Jawaban: I am … (nama siswa).
Contoh: I am Rani.
Teks 2
Dodo says, “I am Dodo.” Then he says, “This is Riko.”
44. Tuliskan dua kalimat yang digunakan Dodo dalam teks!
Jawaban:
1. I am Dodo.
2. This is Riko.
45. Apa arti “This is Riko”?
Jawaban: Ini Riko.
Teks 3
Mia says, “I am Mia. This is Tono.”
46. Siapa yang diperkenalkan oleh Mia?
Jawaban: Mia memperkenalkan Tono.
47. Tuliskan kalimat lain untuk memperkenalkan temanmu!
Jawaban: This is … (nama teman).
Contoh: This is Fira.
Teks 4
Rafi says, “I am Rafi.” He smiles and says, “This is Ana.”
48. Kalimat apa yang menunjukkan Rafi memperkenalkan diri?
Jawaban: I am Rafi.
49. Kalimat apa yang menunjukkan Rafi memperkenalkan teman?
Jawaban: This is Ana.
40. Buatlah dialog dua baris tentang memperkenalkan diri dan memperkenalkan teman!
Jawaban (contoh):
A: I am Bima.
B: This is Naya.
(Bentuk lain juga boleh, selama memakai “I am…” dan “This is…”.)
Latihan soal Penilaian Harian Unit 2 “I Am Kimi” ini diharapkan mampu memperkuat pemahaman siswa terhadap ungkapan dasar dalam memperkenalkan diri dan teman. Dengan adanya contoh soal dan kunci jawaban yang lengkap, siswa dapat berlatih secara mandiri maupun didampingi, sehingga proses belajar menjadi lebih terarah dan menyenangkan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi guru dan siswa dalam mendukung pembelajaran Bahasa Inggris yang komunikatif, aktif, dan selaras dengan prinsip Kurikulum Merdeka pada jenjang kelas I SD/MI.
Semoga bermanfaat!

Post a Comment
"Terima kasih Anda telah mengunjungi blog kami. Kami berharap Anda dapat memberikan saran, kritik, ataupun dukungan yang positif dan membagun agar kami dapat melakukan perbaikan pada artikel blog kami."