📢 Temui Saya di Lynk

Temukan semua tautan penting saya di Lynk.

Buka Lynk https://lynk.id/mryan

Latihan Soal Penilaian Harian Kelas I SD/MI Kurikulum Merdeka Unit 5 I Have Four Books Lengkap dengan Jawabannya

    Latihan Soal Penilaian Harian Kelas I SD/MI Kurikulum Merdeka Unit 5 I Have Four Books Lengkap dengan Jawabannya


    Hi, sahabat!
    Pada Unit 5 “I Have Four Books”, siswa SD/MI Kelas 1 mulai belajar mengenal dan menyebutkan benda-benda di kelas menggunakan pola kalimat sederhana “I have …” + nama benda. Materi ini membantu siswa membangun kemampuan dasar berbahasa Inggris melalui aktivitas yang dekat dengan lingkungan belajar mereka. Agar pemahaman semakin kuat, diperlukan latihan soal Penilaian Harian yang mudah dipahami, interaktif, dan sesuai dengan kemampuan anak usia dini. Artikel ini menyajikan berbagai latihan soal yang dirancang untuk mengukur sejauh mana siswa memahami cara menyebutkan benda di kelas secara benar dalam Bahasa Inggris, sejalan dengan prinsip pembelajaran Kurikulum Merdeka.

    Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan artikel tentang "Latihan Soal Penilaian Harian Kelas I SD/MI Kurikulum Merdeka Unit 5 I Have Four Books Lengkap dengan Jawabannya". Yuk simak selengkapnya berikut ini!

    Latihan Soal Penilaian Harian Kelas I SD/MI Kurikulum Merdeka Unit 5 I Have Four Books Lengkap dengan Jawabannya


    PART 1 
    DIRECTION: Choose the best answer for the following questions!
     
    Teks untuk soal 1–5
    A: What do you have?
    B: I have four books.

    1. What does B have?
    A. Four pens
    B. Four erasers
    C. Four books
    D. Four bags
    E. Four crayons
    Jawaban: C

    2. The word “four” means…
    A. 1
    B. 2
    C. 3
    D. 4
    E. 5
    Jawaban: D

    3. “Books” are…
    A. Pensil
    B. Buku
    C. Tas
    D. Penghapus
    E. Crayon
    Jawaban: B

    4. “I have four books” means…
    A. Saya makan empat buku
    B. Saya punya empat buku
    C. Saya membeli empat buku
    D. Saya meminjam empat buku
    E. Saya melihat empat buku
    Jawaban: B

    5. Who has four books?
    A. A
    B. B
    C. Teacher
    D. Siti
    E. Riko
    Jawaban: B

    Teks untuk soal 6–10
    Siti: I have one ruler.
    Beni: I have two rulers.

    6. How many rulers does Siti have?
    A. One
    B. Two
    C. Three
    D. Four
    E. Five
    Jawaban: A

    7. How many rulers does Beni have?
    A. One
    B. Two
    C. Three
    D. Four
    E. Five
    Jawaban: B

    8. “Ruler” means…
    A. Penghapus
    B. Buku
    C. Penggaris
    D. Tas
    E. Pensil
    Jawaban: C

    9. “I have one ruler” means…
    A. Saya punya satu tas
    B. Saya punya satu penggaris
    C. Saya punya satu buku
    D. Kamu punya satu penggaris
    E. Saya punya dua penggaris
    Jawaban: B

    10. “Two” means…
    A. Satu
    B. Dua
    C. Tiga
    D. Empat
    E. Lima
    Jawaban: B

    Teks untuk soal 11–15
    A: Do you have a bag?
    B: Yes, I have a bag.

    11. What does B have?
    A. A book
    B. A pencil
    C. A bag
    D. A ruler
    E. A crayon
    Jawaban: C

    12. “Bag” means…
    A. Tas
    B. Buku
    C. Pulpen
    D. Penghapus
    E. Meja
    Jawaban: A

    13. “Yes, I have” is used to…
    A. Menolak
    B. Mengatakan “tidak”
    C. Menyetujui / menjawab “iya”
    D. Bertanya
    E. Menyapa
    Jawaban: C

    14. The item they discuss is…
    A. Ruler
    B. Eraser
    C. Bag
    D. Book
    E. Table
    Jawaban: C

    15. “Do you have a bag?” artinya…
    A. Apakah kamu makan tas?
    B. Apakah kamu punya tas?
    C. Apakah saya punya tas?
    D. Apakah dia punya tas?
    E. Apakah kita punya tas?
    Jawaban: B

    Teks untuk soal 16–20
    Lani: I have three pencils.
    Tono: I have one pencil.

    16. How many pencils does Lani have?
    A. 1
    B. 2
    C. 3
    D. 4
    E. 5
    Jawaban: C

    17. How many pencils does Tono have?
    A. 1
    B. 2
    C. 3
    D. 4
    E. 5
    Jawaban: A

    18. “Pencil” means…
    A. Buku
    B. Pensil
    C. Sepatu
    D. Topi
    E. Tas
    Jawaban: B

    19. The word “three” means…
    A. Satu
    B. Dua
    C. Tiga
    D. Empat
    E. Lima
    Jawaban: C

    20. “I have one pencil” means…
    A. Saya punya satu pensil
    B. Kamu punya satu pensil
    C. Dia punya satu pensil
    D. Saya melihat satu pensil
    E. Saya meminjam satu pensil
    Jawaban: A

    Soal 21–40: Macam-macam Benda Kelas

    21. “I have a book” means…
    A. Saya memakan buku
    B. Saya punya buku
    C. Saya membeli buku
    D. Saya memberi buku
    E. Saya melihat buku
    Jawaban: B

    22. Book is a…
    A. Buah
    B. Hewan
    C. Benda kelas
    D. Warna
    E. Bentuk
    Jawaban: C

    23. “Eraser” means…
    A. Pensil
    B. Buku
    C. Penghapus
    D. Meja
    E. Tas
    Jawaban: C

    24. “I have an eraser” means…
    A. Saya punya penghapus
    B. Saya memakan penghapus
    C. Saya membeli penghapus
    D. Saya melihat penghapus
    E. Saya menjual penghapus
    Jawaban: A

    25. “Crayon” means…
    A. Cat air
    B. Krayon
    C. Bola
    D. Kapur
    E. Pulpen
    Jawaban: B

    26. “I have five crayons” means…
    A. Saya punya lima tas
    B. Saya punya lima buku
    C. Saya punya lima krayon
    D. Saya punya lima meja
    E. Saya punya lima penghapus
    Jawaban: C

    27. “Bag” is used to…
    A. Menghapus
    B. Menggambar
    C. Membawa buku
    D. Menulis
    E. Menggunting
    Jawaban: C

    28. “I have a bag” means…
    A. Saya punya pensil
    B. Saya punya buku
    C. Saya punya tas
    D. Saya punya sepatu
    E. Saya punya topi
    Jawaban: C

    29. “Ruler” is used to…
    A. Menggambar garis
    B. Menulis
    C. Menghapus
    D. Mewarnai
    E. Memotong
    Jawaban: A

    30. “I have two rulers” means…
    A. Saya punya dua buku
    B. Saya punya dua pensil
    C. Saya punya dua penggaris
    D. Saya punya dua tas
    E. Saya punya dua bolpoin
    Jawaban: C

    31. “Pen” means…
    A. Pensil
    B. Krayon
    C. Bolpoin
    D. Buku
    E. Tas
    Jawaban: C

    32. “I have a pen” means…
    A. Saya punya bolpoin
    B. Saya membeli bolpoin
    C. Saya memakai bolpoin
    D. Saya melihat bolpoin
    E. Saya membuang bolpoin
    Jawaban: A

    33. “Scissors” means…
    A. Penghapus
    B. Penggaris
    C. Gunting
    D. Pensil
    E. Buku
    Jawaban: C

    34. “I have scissors” means…
    A. Saya punya gunting
    B. Saya memakan gunting
    C. Saya bermain gunting
    D. Saya melepas gunting
    E. Saya membeli gunting
    Jawaban: A
    (Pilihan aman, tanpa instruksi penggunaan alat tajam)

    35. “Sharpener” means…
    A. Penghapus
    B. Penggaris
    C. Rautan
    D. Gunting
    E. Tas
    Jawaban: C

    36. “I have a sharpener” means…
    A. Saya punya rautan
    B. Saya mewarnai rautan
    C. Saya memakai rautan
    D. Saya membeli rautan
    E. Saya menjual rautan
    Jawaban: A

    37. “Table” means…
    A. Meja
    B. Kursi
    C. Papan tulis
    D. Lemari
    E. Lantai
    Jawaban: A

    38. “Chair” means…
    A. Tas
    B. Kursi
    C. Buku
    D. Penghapus
    E. Pensil
    Jawaban: B

    39. “I have a chair” means…
    A. Saya punya kursi
    B. Saya memakai kursi
    C. Saya duduk di kursi
    D. Saya melihat kursi
    E. Saya membeli kursi
    Jawaban: A

    40. “I have a table” means…
    A. Saya membeli meja
    B. Saya punya meja
    C. Saya mewarnai meja
    D. Saya menghapus meja
    E. Saya menulis di meja
    Jawaban: B

    PART 2
    DIRECTION: Answer the following questions with the correct answer!

    41. Tulislah 5 benda kelas dalam bahasa Inggris!
    Jawaban: book, pencil, eraser, ruler, bag (atau benda lain yang benar).

    42. Buatlah kalimat “Saya punya dua buku” dalam bahasa Inggris!
    Jawaban: I have two books.

    43. Apa arti “I have a pencil”?
    Jawaban: Saya punya sebuah pensil.

    44. Sebutkan arti kata “book”!
    Jawaban: Buku.

    45. Buat 1 dialog pendek tentang benda di kelas!
    Jawaban contoh:
    A: What do you have?
    B: I have a ruler.

    46. Tulislah kalimat “Saya punya satu tas” dalam bahasa Inggris!
    Jawaban: I have a bag.

    47. Apa arti “crayon”?
    Jawaban: Krayon.

    48. Buat kalimat dengan pola “I have …” + dua benda
    Jawaban contoh: I have two pens.

    49. Apa arti “I have four books”?
    Jawaban: Saya punya empat buku.

    50. Tulislah angka 1–5 dalam bahasa Inggris dan sebutkan salah satunya dalam kalimat “I have …”!
    Jawaban: one, two, three, four, five.
    Contoh kalimat: I have one book.

    Melalui latihan soal Penilaian Harian pada Unit 5 ini, diharapkan siswa mampu menggunakan pola “I have …” dengan lebih percaya diri saat menyebutkan benda di sekitar mereka. Pembelajaran yang konsisten akan membantu meningkatkan kemampuan komunikasi dasar siswa dalam konteks kelas maupun kehidupan sehari-hari. Semoga soal-soal yang disajikan dalam artikel ini dapat menjadi dukungan praktis bagi guru dan orang tua dalam mendampingi proses belajar anak. Dengan pendekatan yang menyenangkan dan aplikatif, siswa akan semakin termotivasi untuk menggunakan Bahasa Inggris secara aktif dan natural.
    Semoga bermanfaat!

    Post a Comment

    "Terima kasih Anda telah mengunjungi blog kami. Kami berharap Anda dapat memberikan saran, kritik, ataupun dukungan yang positif dan membagun agar kami dapat melakukan perbaikan pada artikel blog kami."

    Previous Post Next Post