20 Soal Error Analysis of Noun, Adverb, and Adjective Clauses in The Sentence with Multiple Clause |
Hi, sobat!
Pernahkah kamu menjumpai atau mengerjakan soal error analysis pada TOEFL Test? Ya, soal error analysis ini merupakan bagian dari TOEFL Test, khususnya Grammar or Structure atau Written Expression.
Lantas apa sih Error Analysis itu? Ya, Error Analysis, atau yang seringkali disebut juga dengan error recognition, merupakan bagian dari jenis soal baik pilihan ganda atau isian yang bertujuan agar test taker dapat mengenali atau menganalisis error atau kesalahan dalam grammar/structure (gramatika) sebuah kalimat atau wacana, khususnya English grammar atau English structure.
Grammar atau Structure itu sendiri merupakan bentuk atau kaidah bahasa, disebut juga gramatika, yang dipengaruhi oleh aturan-aturan suatu pemerolehan bahasa tertentu. Misalnya, penggunaan kata, penyusunan kata dalam klausa atau kalimat, penyesuaian konteks dan konten kalimat, pembentukan kata, pemerhatian kesopanan bahasa, dan sebagainya.
Hal mendasar dalam menyelesaikan soal-soal Structure and Written Expression TOEFL adalah memahami struktur kalimat. Struktur dasar sebuah kalimat dalam bahasa Inggris adalah “Subject + Verb”. Sementara itu, Banyak kalimat dalam bahasa Inggris yang memiliki lebih dari satu clause (klausa). Klausa merupakan sekumpulan kata yang terdiri dari “Subject” dan “Verb”.
Ketika Anda mendapati sebuah kalimat pada TOEFL test yang terdiri dari lebih dari satu clause, Anda perlu memastikan bahwa setiap Subject mempunyai Verb atau sebaliknya. Sebuah kalimat dapat terdiri dari dua klausa atau lebih yaitu subordinate clause atau dependent clause, dan main clause atau independent clause. Setelah itu, Anda juga perlu memeriksa jenis-jenis clause yang ada pada kalimat tersebut (dengan benar) terhubung satu sama lain.
Struktur sebuah kalimat yang terdiri dari dua klausa memiliki pola sebagai berikut yaitu:
Subordinate Clause, + Main Clause
Connector + Subject + Verb, Subject + Verb
atau
Main Clause + Subordinate Clause
Subject + Verb + Connector + Subject + Verb
Pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan 20 soal error analysis of noun, adverb, and adjective clauses in the sentence with multiple clause dan pembahasannya. Yuk, simak selengkapnya pada pembahasan berikut ini!
20 Soal Error Analysis of Noun, Adverb, and Adjective Clauses in The Sentence with Multiple Clause dan Pembahasannya
PART A Soal Error Analysis Essay
Identify if the sentences are correct (C) or incorrect (I). Pay attention to the subject, verb, and clauses in each of the following sentences.
1. No one explained to me whether was coming or not.
Jawaban: INCORRECT
Pembahasan: Kalimat di atas memiliki struktur kalimat yang salah. Pada kalimat di atas, terdapat dua klausa yaitu 1) main clause “no one” sebagai subjek dari verb “explained”, & 2) sub clause tidak memiliki subjek dan hanya memiliki verb “was coming”. Oleh karena itu, sub clause tersebut perlu memperoleh subject, seperti he atau she. Dua klausa tersebut dihubungkan dengan connector “wheteher”. Clause “whether he (she) was coming or not” merupakan noun clause yang berfungsi sebagai objek kalimat.
Jadi kalimat di atas menjadi:;
No one explained to me whether he (she) was coming or not.
Main clause: No one explained to meSub clause (Noun Clause): whether he (she) was coming or notConnector: whether
2. The part of the structure that has already been built needs to be torn down.
Jawaban: CORRECT
Pembahasan: Kalimat di atas memiliki struktur kalimat yang benar. Pada kalimat di atas, terdapat dua klausa yaitu 1) main clause “part” sebagai subjek dari verb “needs”, & 2) sub clause “that” sebagai subjek dari verb “has been built”. Dua klausa tersebut dihubungkan dengan connector “that”. “That” pada kalimat di atas tidak hanya berfungsi sebagai 1) subjek dari verb “is”, tetapi juga sebagai 2) connector yang menghubungkan dua klausa dalam kalimat tersebut. Sedangkan, adjective clause “that has already been built” mendeskripsikan noun “part of the stucture” yang berkedudukan sebagai subjek kalimat.
Main Clause: The part of the structure needs to be torn downSub Clause (Adjective clause): that has already been builtConnector: that
3. The girl who she just joined the Softball team is a great shortstop.
Jawaban: INCORRECT
Pembahasan: Kalimat di atas memiliki struktur kalimat yang salah. Pada kalimat di atas, terdapat dua klausa yaitu 1) main clause “girl” sebagai subjek dari verb “is”, & 2) sub clause “who” sebagai subjek dari verb “joined”. Subject pronoun “she” seharusnya dihilangkan karena tidak diperlukan. Sementara itu, connector “who” pada kalimat di atas tidak hanya berfungsi sebagai 1) subjek dari verb “joined”, tetapi juga sebagai 2) connector yang menghubungkan dua klausa dalam kalimat tersebut. Sedangkan, adjective clause “who just joined the Softball team” mendeskripsikan noun “girl” yang berkedudukan sebagai subjek kalimat. Jadi, kalimat di atas menjadi:
The girl who just joined the Softball team is a great shortstop.
Main Clause: The girl is a great shortstopSub Clause (Adjective clause): who just joined the Softball teamConnector: who
4. I have no idea about when the meeting is supposed to start.
Jawaban: CORRECT
Pembahasan: Kalimat di atas memiliki struktur kalimat yang benar. Pada kalimat di atas, terdapat dua klausa yaitu 1) main clause “I” sebagai subjek dari verb “have”, & 2) sub clause “meeting” sebagai subjek dari verb “is supposed to start”. Dua klausa tersebut dihubungkan dengan connector “when”. Noun clause “when the meeting is supposed to start” berkedudukan sebagai object of preposition “about” pada kalimat tersebut.
Main clause: I have no ideaSub clause (Noun Clause): when the meeting is supposed to startConnector: whenPrepostion: about
5. We have been told that we can leave whenever want.
Jawaban: INCORRECT
Pembahasan: Kalimat di atas memiliki struktur kalimat yang salah. Pada kalimat di atas, terdapat tiga klausa yaitu 1) main clause “We” sebagai subjek dari verb “have been told”, & 2) sub clause ke-1 “we” sebagai subjek dari verb “can leave” dan sub clause ke-2 tidak memiliki subject, tetapi hanya verb “want”. Oleh karena itu, sub clause ke-2 perlu memperoleh subjek, seperti we. Dua klausa tersebut dihubungkan dengan connector “that” dan “whenever”. Jadi, kalimat di atas menjadi:
We have been told that we can leave whenever we want.
Noun clause “that we can leave whenever we want” berkedudukan sebagai object kalimat.
Main clause: We have been toldSub clause (Noun Clause): that we can leave; whenever we wantConnector: that; whenever
6. The racquet with whom I was playing was too big and too heavy for me.
Jawaban: INCORRECT
Pembahasan: Kalimat di atas memiliki struktur kalimat yang salah. Pada kalimat di atas, terdapat dua klausa yaitu 1) main clause “racquet” sebagai subjek dari verb “was”, & 2) sub clause “I” sebagai subjek dari verb “was playing”. Namun, sub clause menggunakan connector yang salah yaitu “whom”. Connector “whom” seharusnya diganti dengan “which” karena merujuk pada suatu benda (noun). Jadi, kalimat di atas menjadi:
The racquet with which I was playing was too big and too heavy for me.
Adjective clause “with which I was playing” berkedudukan sebagai object of preposition “with” dan sebagai subject kalimat.
Main clause: The racquet was too big and too heavy for meSub clause (Adjective Clause): with which I was playingConnector: whichPreposition: with
7. I will never understand that he did.
Jawaban: INCORRECT
Pembahasan: Kalimat di atas memiliki struktur kalimat yang salah. Pada kalimat di atas, terdapat dua klausa yaitu 1) main clause “I” sebagai subjek dari verb “will never understand”, & 2) sub clause “he” sebagai subjek dari verb “did”. Namun, sub clause menggunakan connector yang kurang tepat yaitu “that”. Connector “that” seharusnya diganti dengan “what” karena merujuk pada suatu tindakan atau aksi. Jadi, kalimat di atas menjadi:
I will never understand what he did.
Noun clause “what he did” berkedudukan sebagai object kalimat.
Main clause: I will never understandSub clause (Noun Clause): what he didConnector: what
8. He was still sick was obvious to the entire medical staff.
Jawaban: INCORRECT
Pembahasan: Kalimat di atas memiliki struktur kalimat yang salah. Kalimat tersebut memerlukan conector, seperti that yang menghubungkan dua klausa tersebut. Pada kalimat di atas, terdapat dua klausa yaitu 1) main clause “that he was still sick” sebagai subjek dari verb “was”, & 2) sub clause “he” sebagai subjek dari verb “was”. Jadi, kalimat di atas menjadi:
That he was still sick was obvious to the entire medical staff.
Noun clause “that he was still sick” berkedudukan sebagai subject kalimat.
Main clause: That he was still sick was obvious to the entire medical staff.Sub clause (Noun Clause): That he was still sickConnector: that
9. What is the most important in this situation it is to finish on time.
Jawaban: INCORRECT
Pembahasan: Kalimat di atas memiliki struktur kalimat yang salah. Subject pronoun “it” seharusnya dihilangkan karena subject tersebut tidak diperlukan. Pada kalimat di atas, terdapat dua klausa yaitu 1) main clause “what is the most important in this situation” sebagai subjek dari verb “is”, & 2) sub clause “What” sebagai subjek dari verb “is”. Connector “what” tidak hanya berfungsi sebagai connector yang menghubungkan dua klausa tersebut, tetapi juga berfungsi sebagai subjek pada noun clause. Jadi, kalimat di atas menjadi:
What is the most important in this situation is to finish on time.
Noun clause “What is the most important in this situation” berkedudukan sebagai subject kalimat.
Main clause: What is the most important in this situation is to finish on time.Sub clause (Noun Clause): What is the most important in this situationConnector: what
10. The newspapers that were piled up on the front porch were an indication that the residents had not been home in some time.
Jawaban: CORRECT
Pembahasan: Kalimat di atas memiliki struktur kalimat yang benar. Pada kalimat di atas, terdapat tiga klausa yaitu 1) main clause “newspapers” sebagai subjek dari verb “were”, & 2) sub clause ke-1 “that” sebagai subjek dari verb “were piled up”, serta sub clause ke-2 “residents” sebagai subject dari verb “had not been”. Tiga klausa tersebut dihubungkan dengan connector “that” dan “that”. Adjective clause “that were piled up on the front porch” berkedudukan sebagai subjek kalimat dan adjective clause “that the residents had not been home in some time”.
Main clause: The newspapers were an indication.Sub clause (Adjective Clause): that were piled up on the front porch; that the residents had not been home in some timeConnector: that; that
PART B Soal Error Analysis Multiple Choice
Choose the letter of the word or group of words that best completes the sentence.
1. Dolphins form extremely complicated allegiances and_____continually change.
(A) enmities that
(B) that are enmities
(C) enmities that are
(D) that enmities
Jawaban: A
Pembahasan: Kalimat di atas memiliki subject “dolphins” dan verb “form” sebagai main clause. Ada connector “and” sebelum bagian yang kosong, serta ada verb “change” sesudahnya pada kalimat di atas. Oleh karena itu, kemungkinan jawaban dapat berupa plural noun diikuti dengan connector. Jadi, jawaban yang paling tepat adalah (A) enmities that.
Dolphins form extremely complicated allegiances and enmities that continually change.
Main clause: Dolphins form extremely complicated allegiances and enmitiesSub clause (Adjective Clause): that continually changeConnector: that
2. Scientists are now beginning to conduct experiments on_____trigger different sorts of health risks.
(A) noise pollution can
(B) that noise pollution
(C) how noise pollution
(D) how noise pollution can
Jawaban: D
Pembahasan: Kalimat di atas memiliki subject “scientists” dan verb “are beginninng” sebagai main clause. Ada preposition “on” sebelum bagian yang kosong, serta ada verb “trigger” sesudahnya pada kalimat di atas. Karena verb “trigger” merupakan base form of verb maka sebelumnya dapat berupa modal auxiliary verb. Oleh karena itu, kemungkinan jawaban dapat berupa connector diikuti dengan subject clause. Jadi, jawaban yang paling tepat adalah (D) how noise pollution can.
Scientists are now beginning to conduct experiments on how noise pollution can trigger different sorts of health risks.
Main clause: Scientists are now beginning to conduct experimentsSub clause (Noun Clause): how noise pollution can trigger different sorts of health risksConnector: howPreposition: on
3. The Apollo 11 astronauts_____of the Earth’s inhabitants witnessed on the famous first moonwalk on July 20,1969, were Neil Armstrong and Buzz Aldrin.
(A) whom
(B) whom millions
(C) were some
(D) whom some were
Jawaban: B
Pembahasan: Kalimat di atas memiliki subject “astronauts” dan verb “were”. Ada preposition “of” setelah bagian yang kosong pada kalimat di atas dan kemudian diikuti verb “witnessed”. Sebelum preposition “of” umumnya berupa noun, dan verb “witnessed” memerlukan subject. Oleh karena itu, kemungkinan jawaban untuk mengisi bagian yang kosong tersebut adalah connector + noun. Jadi, jawaban yang paling tepat adalah (B) whom millions.
The Apollo 11 astronauts whom millions of the Earth’s inhabitants witnessed on the famous first moonwalk on July 20,1969, were Neil Armstrong and Buzz Aldrin.
Main clause: The Apollo 11 astronauts were Neil Armstrong and Buzz AldrinSub clause (Adjective Clause): whom millions of the Earth’s inhabitants witnessed on the famous first moonwalk on July 20,1969Connector: whom
4. At the end of the nineteenth century, Alfred Binet developed a test for measuring intelligence _____ served as the basis of modern IQ tests.
(A) has
(B) it has
(C) and
(D) which has
Jawaban: D
Pembahasan: Kalimat di atas memiliki subject “Alfred Binet” dan verb “developed”. Ada noun sebelum bagian yang kosong, serta ada verb “served” sesudahnya pada kalimat di atas. Oleh karena itut, kemungkinan jawaban dapat berupa connector atau auxiliary verb yang mendahului past participle “served”. Jadi, jawaban yang paling tepat adalah (D) which has.
At the end of the nineteenth century, Alfred Binet developed a test for measuring intelligence which has served as the basis of modern IQ tests.
Main clause: Alfred Binet developed a test for measuring intelligenceSub clause (Adjective Clause): which has served as the basis of modern IQ testsConnector: which
5. _____have at least four hours of hazardous materials response training is mandated by federal law.
(A) All police officers
(B) All police officers must
(C) That all police officers
(D) For all police officers
Jawaban: C
Pembahasan: Kalimat di atas memiliki dua verb yaitu “have” dan “is mandated”. Ada verb “have” setelah bagian yang kosong pada kalimat di atas. Oleh karena itu, kemungkinan jawaban dapat berupa connector + subject. Jadi, jawaban yang paling tepat adalah (C) That all police officers.
That all police officers have at least four hours of hazardous materials response training is mandated by federal law.
Main clause: That all police officers have at least four hours of hazardous materials response training is mandated by federal law.Sub clause (Noun Clause): That all police officers have at least four hours of hazardous materials response trainingConnector: that
6. A cloud’s reservoir of negative charge extends upward from the altitude at_____ the freezing point.
(A) temperatures hit
(B) hit temperatures
(C) which temperatures hit
(D) which hit temperatures
Jawaban: C
Pembahasan: Kalimat di atas memiliki subject “cloud’s reservoir” dan verb “extens”. Ada preposition “at” sebelum bagian kosong, serta noun phrase “the freezing point” sebagai object setelahnya pada kalimat tersebut. Oleh karena itu, kemungkinan jawaban dapat berupa connector + subject + verb. Jadi, jawaban yang paling tepat adalah (C) which temperatures hit.
A cloud’s reservoir of negative charge extends upward from the altitude at which temperatures hit the freezing point.
Main clause: A cloud’s reservoir of negative charge extends upward from the altitude at which temperatures hit the freezing point.Sub clause (Adjective Clause): which temperatures hit the freezing pointConnector: which
7. In a 1988 advanced officers’ training program, Sampson developed a plan to incorporate police in enforcing environmental protection laws whenever ____feasible.
(A) it is
(B) is
(C) has
(D) it has
Jawaban: A
Pembahasan: kalimat di atas memiliki subject “Sampson” dan verb “developed” serta connector “whenever”. Connector biasanya diikuti dengan subject + verb. Sementara itu, kata “feasible” merupakan adjective; umumnya, adjective didahului oleh auxiliary verb atau verb. Jadi, jawaban yang paling tepat adalah (A) it is.
In a 1988 advanced officers’ training program, Sampson developed a plan to incorporate police in enforcing environmental protection laws whenever it is feasible.
Main clause: Sampson developed a plan to incorporate police in enforcing environmental protection lawsSub clause (Adverb Clause): whenever it is feasibleConnector: whenever
8. _____will be carried in the next space shuttle pay load has not yet been announced to the public.
(A) It
(B) What
(C) When
(D) That
Jawaban: B
Pembahasan: Kalimat di atas memiliki dua verb yaitu 1) “will be carried” dan 2) “has not yet been announced”. Ada verb “will be carried” sesudah bagian kosong pada kalimat di atas. Oleh karena itu, kemungkinan jawaban berupa connector dan subject. Jadi, jawaban yang paling tepat adalah (B) what. Hal ini dikarenakan “what” tidak hanya berfungsi sebagai connector, tetapi juga berfungsi sebagai subject.
What will be carried in the next space shuttle pay load has not yet been announced to the public.
Main clause: What will be carried in the next space shuttle pay load has not yet been announced to the publicSub clause (Noun Clause): What will be carried in the next space shuttle pay loadConnector: what
9. During free fall,_____up to a full minute, a skydiver will fall at a constant speed of 120 m.p.h.
(A) it is
(B) which is
(C) being
(D) is
Jawaban: B
Pembahasan: Kalimat di atas memiliki subject “skydiver” dan verb “will fall”. Bagian yang kosong diapit oleh dua tanda koma “,”. Oleh karena itu, kemungkinan jawaban berupa sub clause yaitu connector + subject + verb atau connector (subject) + verb. Jadi, jawaban yang paling tepat adalah (B) which is. Kata “which” tidak hanya berfungsi sebagai connector, tetapi juga berfungsi sebagai subject clause.
During free fall, which is up to a full minute, a skydiver will fall at a constant speed of 120 m.p.h.
Main clause: a skydiver will fall at a constant speed of 120 m.p.h.Sub clause (Adjective Clause): which is up to a full minuteConnector: which
10. The fact_____the most important ratings period is about to begin has caused all three networks to shore up their schedules.
(A) is that
(B) of
(C) that
(D) what
Jawaban: C
Pembahasan: Kalimat di atas memiliki subject “fact” dan subject “ratings period”, serta verb “is” dan “has caused”. Setelah bagian yang kosong berupa “Subject + Verb”. Oleh karena itu, kemungkinan jawaban berupa connector. Jadi, jawaban yang paling tepat adalah (C) that.
The fact that the most important ratings period is about to begin has caused all three networks to shore up their schedules.
Main clause: The fact has caused all three networks to shore up their schedules.Sub clause (Adjective Clause): that the most important ratings period is about to beginConnector: that
Baca Juga:
Reference
Longman Preparation Course for the TOEFL Test
Demikian, sekilas penjelasan terkait soal error analysis of noun, adverb, and adjective clauses the sentence with multiple clause dan pembahasannya pada TOEFL Test bagian Structure atau Written Expression pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan dapat menambah wawasan kita dalam mempelajari bahasa Inggris. Terima kasih 😊
Post a Comment
"Terima kasih Anda telah mengunjungi blog kami. Kami berharap Anda dapat memberikan saran, kritik, ataupun dukungan yang positif dan membagun agar kami dapat melakukan perbaikan pada artikel blog kami."