15+ Contoh Dialog Expression of Giving, Asking, Accepting, or Declining a Suggestion or Advice Beserta Artinya


    Contoh Dialog Expression of Giving, Asking, Accepting,
    or Declining a Suggestion or Advice Beserta Artinya 



    Hi, sobat!
    Pada kesempatan kali ini, kami menyajikan 15+ Contoh Dialog Expression of Giving, Asking, Accepting, or Declining a Suggestion or Advice Beserta Artinya. Yuk, simak lebih lanjut pada ulasan di bawah ini!


    15+ Contoh Dialog Expression of Giving, Asking, Accepting, or Declining a Suggestion or Advice Beserta Artinya


    1. Dialog Expression of Giving and Asking A Suggestion or Advice
    Arka: Diana hates me because I lied to her. (Diana membenciku karena aku berbohong padanya)
    Sofia: Let's tell her the truth. (Mari kita katakan yang sebenarnya)
    Arka: She doesn't want to meet me. (: Dia tidak mau bertemu denganku)
    Sofia: Don't worry. I will help you. (Jangan khawatir. Saya akan membantu Anda)

    2. Dialog Expression of Giving and Asking A Suggestion or Advice
    Edo: You look pale. Are you okay? (Kamu terlihat pucat. Apakah kamu baik-baik saja?)
    Hilya: I'm not feeling well. I was caught in heavy rain yesterday. I'm afraid I get cold. (Aku tidak enak badan. Saya terjebak dalam hujan lebat kemarin. Aku takut aku kedinginan)
    Edo: You should take a rest and drink warm water. (Kamu harus istirahat dan minum air hangat)
    Hilya: I think you're right. (Saya pikir Anda benar)

    3. Dialog Expression of Giving and Asking A Suggestion or Advice
    Jane: What's wrong with you? (Ada apa denganmu?)
    John: I was punished to clean the yard because I was late. (Saya dihukum membersihkan halaman karena saya terlambat)
    Jane: You should wake up earlier. The bus recently comes on time. (Kamu harus bangun lebih awal. Bus baru-baru ini datang tepat waktu)
    John: I’ll try it. (Saya akan mencobanya)

    4. Dialog Expression of Giving and Asking A Suggestion or Advice
    Fatma: What a nice painting! (Lukisan yang bagus!)
    Erik: Thank you. (Terima kasih)
    Fatma: You can show it at the gallery and sell it for a good mount. (Anda bisa menunjukkannya di galeri dan menjualnya dengan harga yang bagus)
    Erik: That's a good idea. (Itu ide yang bagus)

    5. Dialog Expression of Giving and Asking A Suggestion or Advice
    Ega: I think my computer doesn't work. (Saya pikir komputer saya tidak berfungsi)
    Erina: Have you repaired it? (Apakah Anda memperbaikinya?)
    Ega: Yes, I got it serviced yesterday, but it still doesn't work. Oh no, I have a lot of assignment. (Iya, kemarin saya sudah diservis, tapi tetap tidak bisa. Oh tidak, aku punya banyak tugas)
    Erina: You can buy a new computer if it is necessary. (Anda dapat membeli komputer baru jika perlu)

    6. Dialog Expression of Giving and Asking A Suggestion or Advice
    Dino: What's wrong with you? (Ada apa denganmu?)
    Dea: I have joined a Chinese course for a year, but I can't make it. (Saya telah mengikuti kursus bahasa Mandarin selama satu tahun, tetapi saya tidak dapat mengikutinya)
    Dino: What do you mean? (Maksudnya?)
    Dea: It's hard for me to learn Chinese. (Sulit bagi saya untuk belajar bahasa Cina)
    Dino: I suggest speaking as often as possible. (Saya sarankan berbicara sesering mungkin)

    7. Dialog Expression of Giving and Asking A Suggestion or Advice
    Yessi: Please come in, Nita. (Silahkan masuk, Nita)
    Anita: Thanks. I'm so tired. Your house is far from the highway. (Terima kasih. Saya sangat lelah. Rumahmu jauh dari jalan raya)
    Yessi: I should have picked you up. I'm sorry. (Seharusnya aku yang menjemputmu. Saya minta maaf)
    Anita: It's okay. It's my fault because I didn't call you. (Tidak apa-apa. Ini salahku karena aku tidak meneleponmu)
    Yessi: Would you like something to drink? (Apakah Anda ingin minum sesuatu?)
    Anita: Yes, please. (Ya, silakan)
    Yessi : The weather is hot outside. You can turn on the fan. (Di luar cuacanya panas. Anda dapat menyalakan kipas angin)
    Anita: Okay. By the way, where are your parents? (Oke. Ngomong-ngomong, di mana orang tuamu?)
    Yessi: They are still at works. It is twelve o'clock. Let's have lunch. (Mereka masih bekerja. Ini sudah jam dua belas. Mari makan siang)
    Anita: But I have just arrived. (Tapi saya baru saja tiba)
    Yessi: No problem. Let's go. (Tidak masalah. Ayo pergi)

    8. Dialog Expression of Giving and Asking A Suggestion or Advice
    Erika: I have always wanted to visit Labuan Bajo. (Saya selalu ingin mengunjungi Labuan Bajo)
    Arini: That's my hometown. (Itu kampung halaman saya)
    Erika: We are going to visit Labuan Bajo next holiday. (Kami akan mengunjungi Labuan Bajo liburan berikutnya)
    Arini: That's good. (Itu bagus)
    Erika: I heard there is a Pink Beach. (Saya dengar ada Pantai Pink)
    Arini: That's right. You should spend some time on the beach. You can see pink sand. (Itu benar. Anda harus menghabiskan waktu di pantai. Anda bisa melihat pasir merah muda)
    Erika: That looks interesting. (Kelihatannya menarik)
    Arini: Well, I'm planning to go home on holidays. You can stay at my house when you are in Labuan Bajo. (Baiklah, saya berencana untuk pulang pada hari libur. Anda bisa tinggal di rumah saya ketika Anda berada di Labuan Bajo)
    Erika: Really? Thanks for the offer. I'll tell my dad later. (Benarkah? Terima kasih atas tawarannya. Aku akan memberitahu ayahku nanti)

    9. Dialog Expression of Giving and Asking A Suggestion or Advice
    Mr. Amar: Do you have any suggestion? (Apakah Anda punya saran?)
    Mr. Edo: I suggest that there should be some changes in the hiring process of the company. (Saya menyarankan agar ada beberapa perubahan dalam proses perekrutan perusahaan)
    Mr. Amar: Why do you think so? (Mengapa Anda berpikir begitu?)
    Mr. Edo: The employees should be bound to work with the company for at least one year. (Karyawan harus terikat untuk bekerja dengan perusahaan setidaknya selama satu tahun)
    Mr. Amar: That's a good reason. Well, I'll consider it. I also think that hiring new employees frequently affects the performance of the company. (Itu alasan yang bagus. Yah, aku akan mempertimbangkannya. Saya juga berpikir bahwa mempekerjakan karyawan baru sering mempengaruhi kinerja perusahaan)

    10. Dialog Expression of Giving and Asking A Suggestion or Advice
    Elsa: What's wrong with you? (Ada apa denganmu?)
    Santi: I forgot to pay my course fee. My parents have a business in another town. (Saya lupa membayar biaya kursus saya. Orang tua saya memiliki bisnis di kota lain)
    Elsa: May I know how much? (Boleh saya tahu berapa?)
    Santi: Three hundred thousand rupiahs. (Tiga ratus ribu rupiah)
    Elsa: I can lend you that amount of money. My dad gave me some money to be saved. (Aku bisa meminjamkanmu uang sebanyak itu. Ayah saya memberi saya sejumlah uang untuk disimpan)
    Santi: Oh, that's very kind of you. I promise to return your money when my parents are back. (Oh, Anda baik sekali. Saya berjanji untuk mengembalikan uang Anda ketika orang tua saya kembali)
    Elsa: Okay. (Oke)

    11. Dialog Expression of Giving and Asking A Suggestion or Advice
    Wati: You should eat more, Jack. You look thinner recently. (Kamu harus makan lebih banyak, Jack. Anda terlihat lebih kurus baru-baru ini)
    Jack: You're right. I lose weight. When I was sick, I lost my appetite. (Anda benar. Saya menurunkan berat badan. Ketika saya sakit, saya kehilangan nafsu makan)
    Wati: Poor you. Well, let's go to Hans Restaurant. You should try French food. I'll treat you. (Kasihan kamu. Baiklah, mari kita pergi ke Restoran Hans. Anda harus mencoba makanan Prancis. Aku akan mentraktirmu)
    Jack: Really? You are so kind. (Benarkah? Anda sangat baik)

    12. Dialog Expression of Giving and Asking A Suggestion or Advice
    Erica : You look worried. What’s wrong? (Kamu terlihat khawatir. Apa yang salah?)
    Sania: I lost my cat. (Saya kehilangan kucing saya)
    Erica : I'm sorry to hear that. Have you tried to find it? (Saya turut prihatin mendengarnya. Sudahkah Anda mencoba menemukannya?)
    Sania: Yes, I have. But I haven't found it. (Ya, saya punya. Tapi saya belum menemukannya)
    Erica: You should make a lost pet announcement. You can put your cat's photo in it. Then you can share it through your social media. (Anda harus membuat pengumuman tentang hewan peliharaan yang hilang. Anda dapat menempatkan foto kucing Anda di dalamnya. Kemudian Anda dapat membagikannya melalui media sosial Anda)
    Sania: You're right. That's a good suggestion. But how can I make the announcement? (Kamu benar. Itu saran yang bagus. Tapi bagaimana saya bisa membuat pengumuman?)
    Erica: Don't worry. I can make it for you with my laptop. (Jangan khawatir. Saya bisa membuatnya untuk Anda dengan laptop saya)
    Sania: Oh, that's very kind of you, Erica. (Oh, Anda baik sekali, Erica)

    13. Expression of Giving and Asking A Suggestion or Advice
    Petra: Let's go fishing. (Ayo pergi memancing)
    Robby: Can you wait for moment? I have to finish washing my dad's car first. (Bisakah kamu menunggu sebentar? Saya harus menyelesaikan mencuci mobil ayah saya terlebih dahulu)
    Petra : Would you like me to help you? (Apakah Anda ingin saya membantu Anda?)
    Robby: Yes, if you don't mind. (Ya, jika Anda tidak keberatan)
    Petra: Of course, I don't mind at all. The weather is hot, so washing car makes me refreshed. (Tentu saja, saya tidak keberatan sama sekali. Cuacanya panas, jadi mencuci mobil membuatku segar kembali)
    Robby: Thank you. (Terima kasih)
    Petra: Don't mention it. (Jangan sebutkan itu)

    14. Dialog Expression of Giving and Asking A Suggestion or Advice
    Irene: My body is weak lately. I think I need exercise. (Tubuhku lemah akhir-akhir ini. Saya pikir saya perlu latihan)
    Vita: That’s right. I usually jog every morning. (Betul. Saya biasanya jogging setiap pagi)
    Irene: Jogging is not suitable for me. I need an exercise which helps me relax and focus my mind. (Jogging tidak cocok untukku. Saya membutuhkan latihan yang membantu saya rileks dan memfokuskan pikiran saya)
    Vita: You should try yoga. It can unite your mind and body. (Kamu harus mencoba yoga. Itu bisa menyatukan pikiran dan tubuh Anda)
    Irene: That's a good suggestion. However, I don't know how to start. (Itu saran yang bagus. Namun, saya tidak tahu bagaimana memulainya)
    Vita: Why don't you join a yoga class? There is a yoga community in Green Park. (Kenapa kamu tidak ikut kelas yoga? Ada komunitas yoga di Green Park)
    Irene: Really? I have to go there and join the class. (Benarkah? Saya harus pergi ke sana dan bergabung dengan kelas)

    15. Dialog Expression of Giving and Asking A Suggestion or Advice
    Teacher: If you both refuse to apologize, there will be a black mark. (Jika Anda berdua menolak untuk meminta maaf, akan ada tanda hitam)
    Mia and Sophia: No, Sir. (Tidak, Pak)
    Teacher: I suggest you not put me to the test. (Saya sarankan Anda tidak menguji saya)
    Mia: But I didn't do anything wrong. (Tapi aku tidak melakukan kesalahan)
    Sophia: Me, too. (Aku juga)
    Teacher: Mia, do you have a proof why you accused Sophia? And you, Sophia, do you know that our school doesn't teach violence? Now, I suggest you think about that for a while. Then you call your parents and have them pick you up. (Mia, apakah kamu punya bukti mengapa kamu menuduh Sophia? Dan kamu, Sophia, tahukah kamu bahwa sekolah kita tidak mengajarkan kekerasan? Sekarang, saya sarankan Anda memikirkannya sebentar. Kemudian Anda menelepon orang tua Anda dan meminta mereka menjemput Anda)
    Mia: My mother works. She can't pick me up. (Ibuku bekerja. Dia tidak bisa menjemputku)
    Sophia: Both my parents work. (Kedua orang tua saya bekerja)
    Teacher: Then, have your maids pick you up. You can't leave this school unless you're accompanied by a parent or parent surrogate. (Kalau begitu, minta pelayan Anda menjemput Anda. Anda tidak dapat meninggalkan sekolah ini kecuali jika Anda ditemani oleh orang tua atau pengganti orang tua)
    Mia: I can't call her, Sir. There is no credit on my phone. (Saya tidak bisa meneleponnya, Pak. Tidak ada pulsa di ponsel saya)
    Teacher: You can use this telephone. (Anda dapat menggunakan telepon ini)
    Sophia: My maid didn't answer my call, Sir. Perhaps she is busy. (Pembantu saya tidak menjawab telepon saya, Pak. Mungkin dia sedang sibuk)
    Teacher: You should send her a message. Mia, the school is going to look for your bracelet. And Sophia, you should apologize to her. You pulled her hair. (Anda harus mengiriminya pesan. Mia, sekolah akan mencari gelangmu. Dan Sophia, kamu harus meminta maaf padanya. Anda menarik rambutnya)
    Sophia: I'm sorry for pulling your hair, Mia. (Maaf karena menarik rambutmu, Mia)
    Mia: Alright. Please forgive me for accusing you. (Baiklah. Mohon maafkan saya karena menuduh Anda)
    Teacher: You both wait here until your maids come. (Anda berdua menunggu di sini sampai pelayan Anda datang)

    16. Dialog Expression of Giving and Asking A Suggestion or Advice
    Andy: There's no hand washing station. What should I do? (Tidak ada tempat cuci tangan. Apa yang harus saya lakukan?)
    Cinta: Why don't you use hand sanitizer? (: Kenapa tidak pakai hand sanitizer?)
    Andy: I don't have one. (Saya tidak punya)
    Cinta: You can use mine. Here you are. (Kamu bisa menggunakan punyaku. Ini siliakan)
    Andy: Thank you. I think I need to buy a hand sanitizer later. (Terima kasih. Saya pikir saya perlu membeli pembersih tangan nanti)
    Cinta: That's right. You should have one in your bag. (Itu benar. Anda harus memiliki satu di tas Anda)
    Andy: Should I buy at a drugstore? (Haruskah saya membeli di toko obat?)
    Cinta: Well, If I were you, I would buy at a store near Green Park. It is nearer than the drugstore. It sells many kinds of hand sanitizers and masks. (Kalau aku jadi kamu, aku akan membeli di toko dekat Green Park. Itu lebih dekat dari toko obat. Menjual berbagai macam hand sanitizer dan masker)
    Rendy: That’s a good suggestion. (Itu saran yang bagus)
    Cinta: I'll accompany you to the store. (Aku akan menemanimu ke toko)
    Rendy: That's very kind of you. Thank you. (Anda baik sekali. Terima kasih)

    17. Dialog Expression of Giving and Asking A Suggestion or Advice
    Fara: Your hair looks messy. You should get a haircut. (Rambutmu terlihat berantakan. Anda harus potong rambut)
    Jaka: You're right, but I don't have time to go to the barbershop. (Anda benar, tapi saya tidak punya waktu untuk pergi ke toko pangkas rambut)
    Fara: You can ask your dad to cut it. (Kamu bisa meminta ayahmu untuk memotongnya)
    Jaka: That's a good idea. Will it be satisfying? (Itu ide yang bagus. Apakah akan memuaskan?)
    Fara: I'm not sure about it. You should watch a video of YouTube. There are many videos of how to cut hair at home. (Saya tidak yakin tentang itu. Anda harus menonton video YouTube. Ada banyak video tentang cara memotong rambut di rumah)
    Jaka: That's right. I'll ask my dad to watch it. I hope he will. (Betul. Saya akan meminta ayah saya untuk menontonnya. Saya harap dia akan melakukannya)
    Fara: There is a barbershop which opens until 8 p.m. I can show you the way if you like. (Ada toko pangkas rambut yang buka sampai jam 8 malam. Saya bisa menunjukkan jalannya jika Anda mau)
    Jaka: Alright. Tomorrow I’ll call you if I need it. (Baiklah. Besok saya akan menelepon Anda jika saya membutuhkannya)
    Fara: Okay. (Oke)

    18. Text Expression of Giving and Asking A Suggestion or Advice
    Dear Kevin,
    I'm glad to know that you are concerning to your future. To select best study which suits you, you should consider the following steps.
    First, you should know yourself. You have to find out what interests you most and what you enjoy doing the most. Along with this, once you know your skills, talents, attitudes and aptitudes, you can identify the study where you can work freely without feeling any burden.
    Second, if you are confused, you should consult to your family, friends, and teachers. However it must be you who should take the final call in selecting study. Next, explore different study options. You can imagine yourself studying different types of fields which you like to select one from. Then, you should meet real people to get valuable suggestion from the people who are in reality with that field of study. 
    Next steps are finding out basic qualification, evaluating yourself, and finding a role model. The last step is that making decision. After considering thoroughly about all the studies that interest you, you can minimize your option and select the one best suited to you. 
    Well, that's all I know. If you are still confused, you can meet me in person.

    Sincerely,

    Haris Lou
    Education Consultant

    Artinya:
    Kevin yang terhormat,
    Saya senang mengetahui bahwa Anda mengkhawatirkan masa depan Anda. Untuk memilih studi terbaik yang cocok untuk Anda, Anda harus mempertimbangkan langkah-langkah berikut.
    Pertama, Anda harus mengenal diri sendiri. Anda harus mencari tahu apa yang paling menarik minat Anda dan apa yang paling Anda sukai. Bersamaan dengan ini, setelah Anda mengetahui keterampilan, bakat, sikap, dan bakat Anda, Anda dapat mengidentifikasi studi di mana Anda dapat bekerja dengan bebas tanpa merasa terbebani.
    Kedua, jika Anda bingung, sebaiknya konsultasikan dengan keluarga, teman, dan guru Anda. Namun harus Anda yang harus mengambil panggilan terakhir dalam memilih studi. Selanjutnya, jelajahi pilihan studi yang berbeda. Anda dapat membayangkan diri Anda mempelajari berbagai jenis bidang yang ingin Anda pilih. Kemudian, Anda harus bertemu orang-orang nyata untuk mendapatkan saran berharga dari orang-orang yang nyata dengan bidang studi itu.
    Langkah selanjutnya adalah mencari tahu kualifikasi dasar, mengevaluasi diri sendiri, dan menemukan panutan. Langkah terakhir adalah membuat keputusan. Setelah mempertimbangkan secara menyeluruh tentang semua studi yang menarik minat Anda, Anda dapat meminimalkan pilihan Anda dan memilih yang paling cocok untuk Anda.
    Yah, itu saja yang saya tahu. Jika Anda masih bingung, Anda bisa bertemu langsung dengan saya.

    Sungguh-sungguh,

    Haris Lou
    Konsultan Pendidikan


    19. Text Expression of Giving and Asking A Suggestion or Advice
    Surabaya, January 7, 2022
    To:
    Margi A.
    Angsa Street Number 55
    Jakarta

    Dear Margi,
    I'm sorry for being late to reply your letter. I have heard about your problem. Can I give you suggestion, Margi? 
    You should talk to Anita soon. She is your best friend. You don't want her to hate you, right? Discuss your problem together. Don't be selfish. I'm sure she will understand you.
    Tell me the result soon!
    Take care!

    Regards,
    Lidya

    Artinya:
    Surabaya, 7 Januari 2022
    Ke:
    Margi A.
    Jalan Angsa Nomor 55
    Jakarta

    Margi yang terhormat,
    Saya minta maaf karena terlambat membalas surat Anda. Saya telah mendengar tentang masalah Anda. Bisakah saya memberi Anda saran, Margi?
    Anda harus segera berbicara dengan Anita. Dia adalah teman terbaik Anda. Anda tidak ingin dia membenci Anda, bukan? Diskusikan masalah Anda bersama. Jangan egois. Aku yakin dia akan mengerti kamu.
    Beritahu saya hasilnya segera!
    Hati hati!

    Salam,
    Lidya


    Demikian tadi 15+ Contoh Dialog Expression of Giving, Asking, Accepting, or Declining a Suggestion or Advice Beserta Artinya. Semoga dapat dijadikan bahan belajar dan menambah wawasan kita dalam mempelajari bahasa Inggris. Terima kasih. 

    Post a Comment

    "Terima kasih Anda telah mengunjungi blog kami. Kami berharap Anda dapat memberikan saran, kritik, ataupun dukungan yang positif dan membagun agar kami dapat melakukan perbaikan pada artikel blog kami."

    Previous Post Next Post