Announcement Text dalam Bahasa Inggris: Pengertian, Fungsi, Struktur Teks, Unsur Kebahasaan, dan Contohnya


    Announcement Text dalam Bahasa Inggris: Pengertian, Fungsi, Struktur Teks, Unsur Kebahasaan, dan Contohnya



    Hi, sobat!

    Tahukah kamu apa itu announcement? Ya, announcement, atau dalam bahasa Indonesia kita kenal dengan “pengumuman”, merupakan suatu teks tertulis ataupun lisan yang menyampaikan suatu informasi kepada khalayak umum. Informasi atau isi yang dimuat pada announcement umunya berupa suatu fakta, kejadian, event, atau informasi yang penting untuk diketahui orang banyak.

    Announcement disebut juga sebagai “official notification” yaitu pemberitahuan resmi. Hal ini dikarenakan pemberitahuan tersebut lazimnya disampaikan oleh lembaga, instansi, organisasi, komunitas, atau perusahaan. Dengan demikian, announcement perlu disampaikan secara jelas, tepat sasaran, dan komunikatif.

    Selain itu, announcement seringkali dapat kita jumpai di tempat public, misalnya di sekolah, supermarket, bandara, kantor public, dan sebagainya. Announcement tersebut dapat dimuat pada media cetak, seperti brosur atau flyer, atau bahkan dapat didengar melalui sambungan saluran radio atau televisi.

    Pada kesempatan kali ini, kami akan menyajikan artikel berkaitan dengan announcement text dalam bahasa inggris: pengertian, fungsi, struktur, & unsur kebahasaan. Yuk, simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

    Announcement Text dalam Bahasa Inggris: Pengertian, Fungsi, Struktur, & Unsur Kebahasaan



    Definition of Announcement Text (Pengertian Announcement Text)


    What is announcement text? Kata “announcement” berasal dari akar kata verba “to announce” yang berarti “mengumumkan”, sedangkan kata “announcement” adalah bentuk noun yang berarti “pengumuman”. Jadi, announcement text adalah teks pengumuman. Announcement text merupakan suatu teks yang memuat sebuah informasi penting untuk disampaikan kepada public atau khalayak umum, baik disampaikan secara tertulis ataupun secara lisan. Oleh karena itu, announcement text juga dikenal dengan “public declaration”.

    Pada dasarnya, announcement memuat informasi penting yang berkenaan dengan suatu fakta, kejadian, event, atau informasi untuk diketahui masyarakat umum. Announcement merupakan pemberitahuan resmi atau “official notification” yang dapat kita jumpai di tempat-tempat public, misalnya di sekolah, halte, bandara, kantor pelayanan masyarakat, dan sebagainya.

    Selain itu, banyak jenis announcement yang dapat kita jumpai baik berupa announcement tertulis ataupun announcement lisan. Contohnya adalah business announcement, school agenda, school event announcement, graduation announcement, birth announcement, company announcement, marriage and wedding announcement, dan sebagainya.

    Kemudian, announcement dapat dipublikasikan melalui media cetak ataupun media elektronik, seperti halnya media visual yaitu newspaper, magazine, billboard, atau mading sekolah; serta, dipublikasikan melalui media sosial seperti Instagram, WhatsApp, Facebook, Telegram, dan sebagainya.

    Dengan demikian, kita dapat menyimpulkan bahwa announcement text atau pengumuman merupakan suatu teks atau pernyataan baik lisan ataupun tertulis yang berisikan informasi penting berkaitan dengan peristiwa atau event yang perlu diketahui masyarakat umum.


    Kinds of Annnouncement Text (Jenis-Jenis Announcement Text)


    What are kinds of announcement text? Ada beeragam jenis announcement text yang dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Jenis announcement text tersebut dipengaruhi oleh konteks dan acara atau informasi yang disampaikan. Adapun jenis-jenis announcement text antara lain:

    • 1. Public service announcements
    • 2. High school graduation announcements
    • 3. Job announcements
    • 4. Promotion announcements
    • 5. Marriage and wedding announcements


    Social Function of Announcement Text (Fungsi Sosial Announcement Text)


    What is the social function of announcement text? Adapun tujuan atau fungsi social announcement text yaitu to announce an important information related to some particular upcoming event to public; yang artinya untuk mengumumkan informasi penting berkenaan dengan acara tertentu mendatang kepada khalayak umum.

    Selain itu, announcement text bertujuan to tell the public society to pay attention to some essential information published by institution, organization, or community where they live or work; yang artinya memberitahukan kepada masyarakat umum untuk memperhatikan informasi penting yang dipublikasikan oleh institusi, organisasi, atau komunitas dimana mereka tinggal atau bekerja.

    Announcement text juga berfungsi to inform the recent and factual information the public people should know; yang artinya menginformasikan informasi terkini dan factual yang masyarakat public harus ketahui.


    Generic Structure of Announcement Text (Struktur Umum Announcement Text)


    What is the generic structure of announcement text? Adapun struktur umum announcement text yaitu receiver, opening, content, closing, dan sender. Berikut ini penjelasan selengkapnya!

    1. Receiver/ Addressee

    Receiver atau addressee, disebut juga dengan “penerima” merupakan sasaran utama dari announcement text. Sasaran yang dituju sesuai dengan jenis announcement yang dipublikasikan. Misalnya, sasaran school announcement adalah siswa dan guru sedangkan sasaran business announcement adalah employee, clients, staff, dan sebagainya.

    2. Opening Section

    Opening section, disebut juga dengan “bagian pembuka”, merupakan bagian dari announcement text yang berisi garis besar informasi yang akan diumumkan. Bagian ini ditandai dengan judul (title/type of event), greeting, tujuan pengumuman, atau garis besar yang akan disampaikan dalam isi pengumuman. Opening section ini biasanya menuliskan judul dengan menarik sehingga khalayak umum tertarik untuk membaca pengumuman tersebut.

    3. Content Section

    Content Section, disebut juga deengan “bagian isi”, merupakan bagian dari announcement yang berisi penjelasan informasi atau explanation of information. Bagian ini berisikan informasi tekait 5W + 1H yaitu When, Where, What, dan How yaitu waktu pelaksanaan, tempat acara, rangkaian acara, dan persyaratan atau ketentuan acara dan informasi lebih lanjut berkaitan dengan acara, seperti pendaftaran.

    4. Closing Section

    Closing section, disebut juga dengan “bagian penutup”, merupakan bagian dari announcement text yang mengakhiri atau menutup pengumuman. Bagian ini biasanya berisi imbauan, informasi tambahan, contact person, media sosial, call to action, ucapan terima kasih, dan juga salam penutup. Tidak jarang bagian closing ini juga melampirkan alamat e-mail, atau website yang bisa diakses penerima pengumuman.

    5. Sender

    Sender, disebut juga dengan “pengirim”, merupakan pembuat atau orang yang menyampaikan announcement text.


    Characteristics of Announcement Text (Ciri-Ciri Announcement Text)


    What is the characteristic of announcement text? Adapun karakteristik atau ciri-ciri announcement text yaitu sebagai berikut.

    • 1. Informasi dapat disajikan baik secara lisan atau tertulis.
    • 2. Berisi informasi penting yang disampaikan dengan singkat, padat, dan jelas.
    • 3. Dapat menjawab question word, seperti what, when, where, dan how.
    • 4. Biasanya terdapat call to action atau seruan pada pembaca untuk melakukan sesuatu.


    Language Feature of Announcement Text (Unsur Kebahasaan Announcement Text)


    What are the language features of announcement text? Adapun unsur-unsur kebahasaan announcement text antara lain:

    Simple Present Tense

    Announcement text biasanya menggunakan pola kalimat simple present tenses yang berfungsi untuk menjelaskan suatu kejadian, event, atau fakta yang berlangsung di masa sekarang. Sementara itu, announcement text juga dapat menggunakan pola kalimat simple future tense. Hal ini dikarenakan announcement text berkaitan erat dengan kejadian atau event yang akan dilakukan pada masa yang akan datang.

    Baca Juga:

    Imperative Sentence

    Announcement text biasanya berisi imperative sentence. Imperative sentence merupakan kalimat yang berisi tentang imbauan atau undangan kepada seseorang untuk berpartisipasi pada suatu acara; atau bahkan berisi hal-hal yang perlu dilakukan dan hal-hal yang dilarang untuk dilakukan oleh penerima pengumuman.

    Declarative Sentence

    Announcement text juga memuat declarative sentence. Decalarative sentence merupakan sebuah kalimat yang bertujuan untuk mengungkap pernyataan, menyampaikan fakta, atau menjelaskan suatu kejadian.

    Noun

    Noun, disebut juga sebagai nomina atau kata benda, merupakan kata yang digunakan untuk menunjukkan atau menamai orang, benda, hewan, tempat, dan konsep abstrak, seperti ide, gagasan, dan lain-lain. Contohnya, class, school, students, event, dan sebagainya.
    Selain itu, noun dapat dibentuk dari verb yang memperoleh suffix atau akhiran, seperti ness, -ity, -ry, -ce atau –ion, dan sebagainya. Misalnya, verb “compete” mendapatkan suffix -tion maka menjadi noun “competition”.

    Baca Juga:

    Adverb

    Adverb, disebut juga sebagai adverbial atau kata keterangan, merupakan bagian part of speech yang berfungsi untuk menerangkan verb (kata kerja), adjective (kata sifat), maupun adverb (kata keterangan) lainnya. Adverb memberikan penjelasan terkait: waktu, tempat, cara, derajat keseringan, dan lain-lain. Contohnya, always, really, often, just, never, ever, slowly, regularly, dan sebagainya.
    Selain itu, adverb juga ditandai dengan penggunaan preposition of place, seperti in, at, atau on. Contohnya, in the school hall, on Monday, in January, dan sebagainya.

    Baca Juga:


    Example of Announcement Text (Contoh Announcement Text)


    What is the example of announcement text? Berikut ini kami sajikan beberapa contoh announcement text:


    Contoh Announcement Text “School Agenda”

    English Speech Contest

    For all students of Ruang Raya School, in celebrate “Bulan Bahasa” and school anniversary, we announce an event called the “English Speech Contest.”

    Time : Monday, 29th August 2023
    Place : English Laboratory

    Each class should register at least one student with one of these following topics:
    1. The Advantages of Learning English
    2. The Difficulties of Learning English
    3. The Effective Ways of Learning English

    For classes that do not take part in this event will be fined Rp200.000,-. So, join us and prepare your best delegate!

    For further information, visit the committee of this English Speech Contest in English Student Room, or you can contact through Instagram @englishspeechcontest.

    Best Regard

    Khalili 
    Ahmad Khalili 
    the Chief of committee of this English Speech Contest


    Contoh Announcement Text “School Competition”

    Art Festival Competition


    In commemoration of the 25th anniversary of Art School, we proudly present an Art Festival Competition.

    Time: 24-28 August 2023
    Place: School
    Participant: 12th Graders

    List of competitions (choices of competitions):
    – Musical competition
    – Poetry competition
    – Theatre competition
    – Special bazaar

    To make a successful event, please join a class meeting tomorrow, 15 August 2023 in the student council room after school hours (03.00 p.m). See you!

    Best Regard

    Andhika
    Andhika Dwi Pratama
    The Chairperson of Student Organization
    SMA Nusantara Jakarta


    Contoh Announcement Text tentang Cancellation of Concert 

    Cancellation of JYJ Concert in Singapore
    by Faith & D Entertainment on Monday, March 28, 2011 at 5:19am


    Dear Fans and Media,
    This is an official announcement to inform everyone that we have just been notified by CJes Entertainment, the artist of JYJ that they have decided to cancel JYJ World Tour Concert in Singapore which is scheduled on 23 April 2011 at Singapore Indoor Stadium. It is with utmost regret that we have to accept this cancellation notice from the artist agency at this point in time. We have submitted the final plans for stage, seating and ticketing for the agency’s approval so as to proceed with the official announcement ticket sale. These plans are in accordance with the regulations required by the authorities in Singapore and the budget allocated for the concert. It is most unfortunate that the plans are not approved by CJes and their decision is to cancel the concert.
    We respect the agency’s decision and, with great regret, we are unable to change their mind but to accept this unforeseen circumstance that is beyond our control. We understand the disappointment as well as the inconvenience caused due to the cancellation and we sincerely apologise – especially to the fans of JYJ.

    The Management

    Faith & D Entertainment


    Contoh Announcement Text tentang Flight Landing 

    “Ladies and gentlemen, welcome to Soekarno Hatta Airport. Local time is 3.15 p.m. and the temperature is 31 Celsius. For your safety and comfort, please remain seated with your seat belt fastened until the Captain turns off the Fasten Seat Belt sign. This will indicate that we have parked at the gate and that it is safe for you to move about. (Depending on the airline’s policy/local laws: At this time, you may use your cellular phones if you wish. Cellular phones may only be used once the Fasten Seat Belt sign has been turned off.)
    Please check around your seat for any personal belongings you may have brought on board with you and please use caution when opening the overhead bins, as heavy articles may have shifted around during the flight. If you require deplaning assistance, please remain in your seat until all other passengers have deplaned. One of our crewmembers will then be pleased to assist you. On behalf of Sriwijaya Airlines and the entire crew, I’d like to thank you for joining us on this trip and we are looking forward to seeing you on board again in the near future. Have a nice day!”


    Reference:
    1. Intan Aulia Husnunnisa. (2022). Announcement Text: Definisi, Struktur, dan Contoh Teks. Situs: https://www.english-academy.id/blog/announcement-text diakses pada tanggal 15 Mei 2023.
    2. Kenya Swawikanti. (2022). Announcement Text: Jenis, Struktur, dan Contoh | Bahasa Inggris Kelas 10. Situs: https://www.ruangguru.com/blog/jenis-dan-struktur-announcement diakses pada tanggal 15 Mei 2023.
    3. Admin blog cakap. (2022). Penjelasan Announcement Text dan 5 Contohnya. Situs: https://blog.cakap.com/announcement-text/ diakses pada tanggal 15 Mei 2023.


    Demikian, artikel terkait announcement text dalam bahasa Inggris: pengertian, fungsi, struktur, unsur kebahasaan, & contohnya. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan bahan belajar. Terima kasih. 😊



    Post a Comment

    "Terima kasih Anda telah mengunjungi blog kami. Kami berharap Anda dapat memberikan saran, kritik, ataupun dukungan yang positif dan membagun agar kami dapat melakukan perbaikan pada artikel blog kami."

    Previous Post Next Post