Review Text dalam Bahasa Inggris: Pengertian, Fungsi, Struktur Teks, Unsur Kebahasaan, dan Contohnya


    Review Text dalam Bahasa Inggris: Pengertian, Fungsi, Struktur Teks, Unsur Kebahasaan, dan Contohnya



    Hi, sobat!

    Tahukah kamu apa itu review text? Ya, review text, disebut juga dengan teks ulasan, merupakan suatu teks yang berisi ulasan, tinjauan, ataupun evaluasi terhadap suatu produk, karya, ataupun jasa. Selain itu, review text berkaitan dengan sebuah penilaian penulis terhadap suatu publikasi, seperti film, video game, komposisi musi, buku; suatu barang seperti mobil, perobatan rumah, atau computer; atau, suatu acara atau pertunjukan seperti konser music langsung, drama, pertunjukan teater musical, atau pementasan tari.

    Hakikatnya, review text bertujuan untuk memberikan penilaian terkait kelebihan atau kekurangan suatu produk, jasa, ataupun karya seni. Penilaian itu tidak bertujuan untuk merendahkan atau menjatuhkan pencipta, pengarang, atau pemilik produk, jasa, atau karya tersebut. Namun, penilaian ini diharapkan mampu memberikan kritik dan saran yang membangun sebagai input atau masukan agar kelemahan atau kekurangan produk, jasa, dan karya dapat diperbaiki dan disempurnakan. Akibatnya, hal ini pasti akan menarik minat dan daya Tarik pembaca atau konsumen terhadap produk, jasa, dan karya yang diulas.

    Kemudian, review text ini juga berisi perbandingan kualitas ataupun kriteria lainnya dengan produk, jasa, atau karya yang sejenis. Hal ini dimaksudkan agar pembaca memiliki gambaran terhadap suatu produk, jasa, dan karya yang akan mereka gunakan nantinya. Dengan kata lain, perbandingan tersebut memberikan wawasan, pengalaman, dan pengetahuan sekilas kepada pembaca terkait keunggulan atau kekhasan dari suatu produk, jasa, dan karya dibandingkan dengan produk, jasa, atau karya lainnya yang sejenis.

    Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas pengertian, fungsi, struktur teks, & unsur kebahasaan review text dalam bahasa Inggris. Yuk, simak selengkapnya pada artikel berikut ini!

    Review Text dalam Bahasa Inggris: Pengertian, Fungsi, Struktur Teks, & Unsur Kebahasaan


    Definition of Review Text (Pengertian Review Text)


    What is review text? Review text berasal dari akar kata verb “to review” yaitu ; yang artinya. Sebagaimana dikutip pada British Course, “review text is an evaluation of a publication, such as a movie, video game, musical composition, book; a piece of hardware like a car, home appliance, or computer; or an event or performance, such as a live music concert, a play, musical theatre show or dance show”. Hal ini berarti bahwa review text merupakan sebuah evaluasi dari suatu publikasi, seperti film, video game, komposisi musi, buku; suatu barang seperti mobil, perobatan rumah, atau computer; atau, suatu acara atau pertunjukan seperti konser music langsung, drama, pertunjukan teater musical, atau pementasan tari.

    Review text dalam bahasa Indonesia disebut juga dengan “teks ulasan”. Review text merupakan salah satu jenis teks dalam bahasa Inggris yang berisi ulasan, evaluasi, tinjauan, atau penilaian dari sebuah produk, karya tulis, atau pementasan seni. Produk yang dimaksud sebagaimana yang telah disebutkan di atas yaitu berupa produk rumah tangga, produk teknologi, informasi, dan komunikasi, dan sebagainya. Sedangkan karya tulis yang diulas biasanya berupa buku ilmiah atau buku nonfiksi dan buku fiksi, seperti cerpen, novel, dan sebagainya; bahkan juga mencangkup pementasan karya seni, seperti pementasan tari, pementasan drama, pementasan music, dan lain-lain.

    Selain mengulas barang atau produk, review text juga dapat mengevaluasi terhadap penggunaan jasa, seperti wedding organizer, dan sebaginya. Review text berisi tentang ulasan kekurangan dan kelebihan dari produk atau jasa yang penulis gunakan sehingga penulis sebaiknya perlu memiki pengalaman terkait penggunaan produk, karya, atau jasa yang dipakai terlebih dahulu sebelum menuliskan review text. Dengan demikian, review text dapat dikatakan sebagai argumentative text yang mana opini penulis yang menjelaskan keunggulan atau kelemahan suatu produk, karya, atau jasa yang telah dinilai sehingga teks ini bersifat subjektif.

    Meskipun bersifat subjektif atau didasarkan pada sudut pandang penulis belaka, review text pada hakikatnya didasarkan pada pengalaman atau testimoni pengguna langsung. Hal ini dapat dipastikan bahwa berdasarkan pengalaman pemakaian produk tersebut masyarakat mampu memberikan kesimpulan umum terhadap ulasan barang atau jasa tersebut. Kemudian, review text adalah teks ulasan yang bertujuan untuk memberikan penilaian atau kritik terhadap suatu produk, jasa, atau karya. Oleh karena itu, pembaca pastinya akan menemukan berbagai sudut pandang yang berbeda terhadap suatu produk atau jasa.

    Sementara itu, sebagian besar orang berpendapat bahwa review text sama dengan “teks resensi”. Meskipun, masing-masing teks memberikan penilaian ataupun tanggapan, pada hakikatnya baik review text ataupun resensi text memiliki perbedaan. Apa perbedaan review text dan resensi? Pada dasarnya, konteks pembahasan review text lebih umum dan luas dibandingkan dengan teks resensi. Hal ini maksudnya adalah jika review text mengulas mulai dari barang, jasa, atau karya seni, teks resensi identic memberikan ulasan terhadap suatu karya seni atau karya tulis saja, seperti film, buku, atau lagu. Kemudian, jika dalam review text kita dapat membandingkan suatu produk dengan produk lainnya yang serupa, teks resensi hanya berfokus untuk mengulas suatu karya saja, alias tidak membandingkan dengan karya yang lainnya.


    Social Function of Review Text (Fungsi Sosial Review Text)


    What is the social function of review text? Adapun fungsi social atau tujuan utama review text yaitu:

    To give some new information about the description, evaluation, and or critique of the products or services to the public either readers or audience. (Untuk memberikan informasi baru terkait gambaran, evaluasi, atau kritik terhadap produk dan jasa kepada public baik pembaca atau pendengar)

    To explain in detail about the quality, advantage, and also disadvantage of the products or services so that the audience can decide to use the products or services not. (Menjelaskan secara detail terkait kualitas, kelebihan, dan juga kekurangan yang ada pada suatu produk atau jasa sehingga para pemirsa dapat memutuskan untuk menggunakan produk/jasa tersebut atau tidak)

    To promote the products or services to the audiences so that it assists the creator, author, and owner get some positive feedback and response from the public. (Untuk mempromosikan produk atau jasa kepada pemirsa sehingga hal ini membantu pencipta, penulis, dan pemilik mendapatkkan umpan balik dan tanggapan yang positif dari khalayak ramai).

    To recommend or critique to the product or service offered by the creator, author, and owner so that they can fix or increase the quality of their product or service to what the audience is expected. (Untuk memberikan saran dan kritik terhadap suatu produk atau jasa yang ditawarkan oleh pencipta, penulis, atau pemilik seheingga mereka dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas dari produk atau jasa mereka sesuai apa yang diharapkan pemirsa).


    Generic Structure of Review Text (Struktur Umum Review Text)


    What is the generic structure of review text? Pada dasarnya, struktur umum review text terdiri dari 4 bagian utama yaitu 1) introduction, 2) evaluation, 3) Interpretation, and 4) Summary. Berikut ini penjelasan selengkapnya!

    1. Introduction


    Introduction, disebut juga bagian orientasi atau pengenalan, merupakan bagian dari review text yang berisi informasi umum seputar produk. Informasi umum tersebut berupa nama, jenis, ataupun merek dari produk, jasa, atau karya yang akan dibahas. Selain itu, bagian ini juga memuat pencipta, sejarah atau latar belakang, fungsi dan kegunaan, dan bahkan gambaran umum produk, jasa, atau karya yang diulas.

    Selain itu, introduction ini pada umumnya terletak di bagian paragraph awal. Introduction merupakan gambaran umum terkait produk, jasa, atau karya. Informasi yang disampaikan dalam bagian ini harus jelas dan sekilas memberikan pengenalan kepada para pembaca terkait produk, jasa, atau karya yang ada. Dengan adanya informasi yang jelas dan akurat, pembaca secara tidak langsung akan memberikan respon positif, menunjukkan ketertarikan, dan memiliki rasa ingin tahu yang lebih dalam terkait produk, jasa, atau karya yang akan diulas pada paragraph-paragraf sesudahnya.


    2. Evaluation


    Evaluation, disebut juga dengan evaluasi, merupakan bagian dari review text yang berisi gambaran secara detail suatu produk, jasa, atau karya yang diulas. Gambaran detail ini biasanya berisi tentang kelebihan, keunikan, dan kualitas suatu produk, jasa, atau karya yang dinilai. Kelebihan suatu produk tersebut dapat dilihat secara visual ataupun manfaatnya bagi pengguna. Kemudian, bagian evaluation ini harus digambaran secara rinci dan jelas agar pembaca memiliki wawasan yang mendalam terhadap produk, serta dapat memiliki kesan pertama atau persepsi yang akan didapatkan ketika akan menggunakan produk, jasa, atau karya tersebut.

    Selain itu, evaluation ini merupakan penilaian penulis yang membahas tentang keunggulan suatu produk, jasa, atau karya; serta, tidak menutup kemungkinan penulis juga menyampaikan kekurangan dari suatu produk, jasa, atau karya tersebut. Keunggulan atau kelebihan produk, jasa, atau karya yang disampaikan penulis secara tidak langung akan menarik minat pembaca untuk mencoba produk, jasa, atau karya yang diulas. Meskipun pembaca belum pernah sama sekali menggunakan produk, jasa, atau karya yang dimaksud. Misalnya, keunggulan produk, jasa, atau karya tersebut ditinjau dari segi kemasan, isi, bentuk, motif, fungsi, daya guna, harga, dan sebagainya.


    3. Interpretation


    Interpretation, disebut juga interpretasi, merupakan bagian dari review text yang berisi pandangan penulis terhadap produk, jasa, atau karya yang diulas. Pandangan penulis ini memuat penilaian penulis terhadap suatu produk, jasa, atau karya yang kemudian dikomparasi atau dibandingkan dengan produk, jasa, atau karya lainnya yang sejenis. Dengan demikian, penulis sebelum menyampaikan sudut pandangnya telah melakukan beberapa tinjauan terhadap produk, jasa, atau karya yang sejenis dan juga melihat beberapa ulasan yang disampaikan oleh orang lain.

    Sementara itu, interpretation ini pada dasarnya bertujuan untuk memperkuat pandangan penulis terhadap suatu produk, jasa, atau karya. Interpretation ini biasanya ditempatkan setelah bagian evaluation. Penulis dapat membandingkan antara beberapa produk, jasa, atau karya dengan mengulas kelebihan dan kekurangan, seperti pro dan kontra yang ada pada produk, jasa, atau karya tersebut sehingga penulis mampu memberikan rekomendasi yang sesuai untuk pembaca. Dengan kata lain, pembaca akan mampu mengetahui plus dan minus dari produk, jasa, atau karya yang satu dengan yang lainnya dari ulasan penulis.


    4. Evaluative Summation / Summary


    Summary, disebut juga “kesimpulan”, merupakan bagian dari review text yang berisi rangkuman pemaparan ulasan terhadap suatu produk, jasa, atau karya atau dengan kata lain berupa opini terakhir dari penulis. Pada bagian ini penulis juga dapat memberikan saran dan kritik kepada owner, creator, atau author sebagai bentuk penegasan kepada pembaca apakah suatu produk, jasa, atau karya yang diulas baik, layak, tepat untuk digunakan, atau tidak.


    Language Feature of Review Text (Unsur Kebahasaan Review Text)


    What are the language features of review text? Adapun unsur-unsur kebahasaan yang ada dalam review text di antaranya yaitu:

    Simple Present Tense


    Review text biasanya menggunakan simple present tense. Simple present tense merupakan pola waktu yang menunjukkan kejadian yang biasa terjadi di masa kini atau sekarang, atau pekerjaan yang senantiasa dilakukan di masa kini dalam kehidupan sehari-hari (menjadi sebuah kebiasaan). Simple present tense ini ditadai dengan: 1) penggunaan simple verb yaitu verb-1 atau verb-s/es, 2) penggunaan to be yaitu is, am, dan are, dan 3) penggunaan auxiliary verb yaitu do atau does.

    Selain itu, review text juga dapat menggunakan pola Present Tense lainnya, seperti a) Present Continuous: be (is, am, are) + Verb-ing, b) Present Perfect: have/has + Verb-3, dan c) Present Perfect Continuous: have/has been Verb-ing. Kemudian, review text juga dapat menggunakan pola past tense apabila menyatakan suatu fakta atau informasi di masa lalu.
    Contoh:
    Top Gun: Maverick is a 2022 American action drama film directed by Joseph Kosinski and written by Ehren Kruger, Eric Warren Singer and Christopher McQuarrie, from a story by Peter Craig and Justin Marks.


    Thinking Verb & Action Verb


    Verb, disebut juga dengan verba atau kata kerja merupakan sebuah kata yang menyatakan suatu aktivitas atau kegiatan dan kondisi dari suatu peristiwa yang terjadi. Sementara itu, review text seringkali menggunakan thinking verb. Thinking verb itu sendiri diartikan sebagai sebuah kata yang berfungsi menunjukkan atau mengekspresikan pendapat penulis. Misalnya, feel, experience, realize, sense, believe, think, consider, decide, dan sebagainya.

    Kemudian, action verb merupakan sebuah kata yang berfungsi untuk menunjukkan adanya suatu aksi atau perbuatan. Misalnya, value, ask, tell, argue, dan sebagainya.
    Contoh:
    This film tells the story of the great naval aviator of more than 30 years, Pete Mitchell who is assigned to lead his juniors on a mission.

    Baca Juga:


    Passive Voice


    Passive voice juga seringkali ditemukan dalam review text. Passive voice, disebut juga dengan kalimat pasif adalah sebuah kalimat yang mana suatu objek kalimat dikenai suatu tindakan atau aksi oleh subjek. Pada dasarnya, passive voices digunakan dalam review text bertujuan untuk menekankan fokus pada kejadian yang berlangsung daripada subjeknya. Kemudian, passive voice seringkali kita temukan dalam pernyataan-pernyataan ilmiah atau faktual.

    Sementara itu, passive voice ditandai dengan struktur kalimat yaitu “be + Past Pasticiple atau Verb-3”. Be yang dimaksud dapat berupa is, are, be, dan sebagainya. Dalam bahasa Indonesia, passive voice ini memiliki makna verb atau kata kerja yakni “di- atau ter-“.
    Contoh:
    Top Gun: Maverick is a 2022 American action drama film directed by Joseph Kosinski and written by Ehren Kruger, Eric Warren Singer and Christopher McQuarrie, from a story by Peter Craig and Justin Marks.

    Baca Juga:


    Modal Auxiliary Verb


    Modal merupakan auxiliary verb atau kata kerja bantu yang seringkali mengiringi main verb (kata kerja) utama. Modal dapat membentuk makna baru dan dapat mengungkapkan suatu ekspresi. Misalnya, ekspresi willingness (kemauan) atau ability (kemampuan), necessity (kebutuhan), dan possibility (kemungkinan).

    Modal auxiliary verb ini biasanya diikuti dengan base form of verb atau simple verb yaitu kata kerja dasar yang tidak mendapatkan imbuhan berupa akhiran atau mengalami perubahan kata. Adapun modal yang sering kali digunakan dalam review text yaitu can, could, may, might, shall, should, will, would, have to, is/are able to, is/are supposed to, must, dan sebagainya.
    Contoh:
    If you are a person who likes action or adventure genre films, then this film will amaze you. Tom Cruise's expertise in "playing" fighter jets amazed the audience. You will have a great experience if you watch it in a 4D cinema.

    Baca Juga:


    Noun & Noun Phrase


    Noun, disebut juga dengan nomina atau kata benda adalah kata yang digunakan untuk menunjukkan atau menamai orang, benda, hewan, tempat, dan konsep abstrak, seperti ide, gagasan, dan lain-lain. Sedangkan, noun phrases, disebut juga dengan frasa nomina adalah sekumpulan kata yang berfungsi sebagai kata benda. Pada umumnya, noun phrase memiliki struktur kata, yaitu “Determiner + Adjective + Noun”.
    Contoh:
    Top Gun: Maverick is a 2022 American action drama film directed by Joseph Kosinski and written by Ehren Kruger, Eric Warren Singer and Christopher McQuarrie, from a story by Peter Craig and Justin Marks.

    Baca Juga:


    Technical Terms


    Technical terms adalah istilah-istilah yang merujuk pada topik pembahasan dalam bidang tertentu, seperti sosial, sains, keilmuan, penelitian, dan-lain-lain.
    Contoh:
    This film tells the story of the great naval aviator of more than 30 years, Pete Mitchell who is assigned to lead his juniors on a mission. Pete only has less than three weeks to make all his juniors have the skills and strong mental to carry out the mission.


    Conjunction & Connective Word


    Conjunction, disebut juga dengan konjungsi atau kata hubung merupakan kata yang berfungsi untuk menghubungkan dua kata, frasa (phrase), klausa (clause), atau paragraf (paragraph). Kemudian, conjunction juga dapat menghubungkan thoughts (pemikiran), actions (tindakan), and ideas (ide), sebagimana nouns (kata benda), clauses (klausa), and other parts of speech (part of speech lainnya). Contohnya, because, for, due to, so, and, while, when, dan sebagainya.

    Sementara itu, Discussion text seringkali menggunakan internal conjunction yang bertujuan untuk memperkuat atau mendukung argument atau opini penulis. Internal conjunction tersebut diberdakan menjadi beberapa kategori yaitu:
    • Adding information adalah kata hubung yang berfungsi untuk menambahkan informasi. Misalnya, and, moreover, in addition, furthermore, dan also.
    • Contrasting information adalah kata hubung yang berfungsi untuk mengkontraskan sesuatu. Misalnya, but, however, nevertheless, though, dan even though.
    • Causality adalah kata hubung yang berfungsi untuk menunjukkan sebab-akibat. Misalnya, because, therefore, thus, consequently, despite, due to, for that reason, dan sebagainya.
    • Time adalah kata hubung yang berfungsi untuk menunjukkan rangkaian atau tata urutan waktu secara kronologis. Misalnya, second, then, next, dan sebagainya.
    • Comparison adalah kata hubung yang berfungsi untuk perbandingan terhadap dua hal atau lebih. but, rather, on the other hand, dan sebagainya.

    Contoh:
    This film not only emphasizes the skill side as a pilot, but there are stories of family, love, friendship, competition, and friendship. This film deserves to be the best film in 2022.

    Baca Juga:


    Adverb & Adverbial Phrase


    Adverb, disebut juga sebagai adverbial atau kata keterangan, merupakan bagian part of speech yang berfungsi untuk menerangkan verb (kata kerja), adjective (kata sifat), maupun adverb (kata keterangan) lainnya. Adverb memberikan penjelasan terkait: waktu, tempat, cara, derajat keseringan, dan lain-lain. Contohnya, always, really, often, just, never, ever, slowly, regularly, dan sebagainya.

    Sedangkah adverbial phrase adalah frasa atau kumpulan beberapa kata yang berfungsi sebagai keterangan. Adverbial phrase yang seringkali muncul dalam Discussion text adalah adverbial phrase yang berkaitan dengan cara atau derajat kepastian. Misalnya, surely, exactly, absolutely, entirely, mostly, dan sebagainya.
    Contoh:
    This film tells the story of the great naval aviator of more than 30 years, Pete Mitchell who is assigned to lead his juniors on a mission. Pete only has less than three weeks to make all his juniors have the skills and strong mental to carry out the mission.

    Baca Juga:


    Adjective & Adjective Phrase


    Adjective, disebut juga sebagai adjektiva atau kata sifat, merupakan kata yang berfungsi untuk menerangkan atau mensifati suatu benda, tempat, atau seseorang (noun) atau pronoun (kata ganti), seperti dalam hal fisik, kualitas, kuantitas, dan lain-lain. Pada dasarnya, Adjective (Kata Sifat) dapat dikategorikan menjadi 8 jenis yang dikenal dalam kata “OSAShCOMP”, yaitu Opinion (Pendapat), Size (Ukuran), Age (Masa Atau Umur), Shape (Bentuk), Color (Warna), Origin (Asal Tempat), Material (Bahan), dan Purpose (Tujuan). Contohnya, beautiful, big, small, bright, new, dan sebagainya.
    Contoh:
    If you are a person who likes action or adventure genre films, then this film will amaze you. Tom Cruise's expertise in "playing" fighter jets amazed the audience. You will have a great experience if you watch it in a 4D cinema.

    Baca Juga:


    Metaphor or idiom


    Metaphor, disebut juga metafora merupakan salah satu jenis majas yaitu kata atau kelompok kata dengan arti yang bukan sebenarnya, melainkan sebagai lukisan yang berdasarkan persamaan atau perbandingan. Tujuan dari metaphor ini adalah untuk menarik perhatian pembaca dan juga mempengaruhi pemikiran pembaca untuk menggunakan produk, jasa, atau karya yang diulas. Sementara itu, idiom adalah serangkaian kata yang tidak bisa diartikan secara harfiah namun memiliki makna tertentu.
    Contoh:
    I think this music can make a lot of people feel as snug as a bug in a rug.
    *Kalau secara harfiah, snug as a bug in a rug artinya adalah nyaman seperti serangga di permadani. Padahal, makna yang sebenarnya adalah “senang/nyaman”


    Example of Review Text (Contoh Review Text)


    What are the examples of review text? Berikut ini kami sajikan beberapa contoh review text beserta struktur umum teksnya. Simak selengkapnya berikut ini!

    1) Example of Review Text about “Top Gun Maverick Film”

    Introduction:
    Top Gun: Maverick is a 2022 American action drama film directed by Joseph Kosinski and written by Ehren Kruger, Eric Warren Singer and Christopher McQuarrie, from a story by Peter Craig and Justin Marks.
    The sequel to Top Gun (1986), the film stars Tom Cruise as Captain Pete "Maverick" Mitchell reprising his role from the original, alongside Miles Teller, Jennifer Connelly, Jon Hamm, Glen Powell, Lewis Pullman, Ed Harris, and Val Kilmer. Top Gun Maverick released in the box office on May 27, 2022 by Paramount Pictures.

    Evaluation:
    This film tells the story of the great naval aviator of more than 30 years, Pete Mitchell who is assigned to lead his juniors on a mission. Pete only has less than three weeks to make all his juniors have the skills and strong mental to carry out the mission.
    The mission that must be carried out is quite dangerous, so the juniors must have jet maneuvering skills and also high concentration. The action of chasing fighter jets in the air is one of the stunning displays and the main attraction of this film.
    The most unique fact of this film is about Tom Cruise operating a real fighter jet. At first, he was skeptical about this project, but the production team twisted Tom Cruise's arm by sending him to the Naval Air Facility in El Centro (California) to ride an F-14 until finally he was convinced to take this film.

    Interpretation:
    Reportedly, Top Gun: Maverick managed to earn Rp 11 trillion and became Tom Cruise's most successful film. I think they really deserve it. This film not only emphasizes the skill side as a pilot, but there are stories of family, love, friendship, competition, and friendship. This film deserves to be the best film in 2022.

    Summary:
    If you are a person who likes action or adventure genre films, then this film will amaze you. Tom Cruise's expertise in "playing" fighter jets amazed the audience. You will have a great experience if you watch it in a 4D cinema.


    2) Example of Review Text about Phone “Siomay 510”

    Introduction:
    Siomay 510 is a sophisticated Android smartphone. It comes at a considerably affordable price and has excellent specifications. This smartphone is powered by Ontel processor which runs at 4 GHZ.

    Evaluation:
    Siomay $10 also provides 128GB internal memory and a card slot for up to 500GB microSD. In addition to its 5.5 inches screen, the 720x1280 pixels resolution maximises user's visual experience, Moreover, its dual camera - 12 MP and 5 MP - supports the phone to capture satisfying photos.

    Interpretation:
    The first impression when holding the phone is that it is surprisingly light despite its size. All applications run smoothly. However, the phone heats too quickly, Siomay Inc, also misses the boat since other typical phones have a battery capacity of more than 2000 mAh.

    Summary:
    To conclude, Siomay $10 is the best smartphone for those who want to own a decent smartphone with a limited budget.


    3) Example of Review Text about Song “Making My Way”

    Introduction:
    Making My Way is the newest hit from Ruangguru's Music Studio. It is performed by its two newly debuted artists, Hania and Adhiwira.

    Evaluation:
    This song falls into the pop genre with a prominent sound of strings accompanied with subtle orchestra instruments. With Hania's and Adhiwira's melodious strong vocals, the song lyrics can easily be digested by the audience. Looking at the lyrics, Making My Way straightforwardly motivates the listeners to move forward despite all the hardships and negativity in life. It starts with gloomy lyrics in the verse, and it later shifts into a positive tone in the chorus which focuses on making a way to new chances.

    Interpretation:
    Making My Way has considerably short duration compared to today's pop songs. Thus, it can be a downside considering people may need more time to comprehend all the song elements including its lyrics and arrangement. Nonetheless, this song is rich with the tone of empowerment for the listeners. Not only through its lyrics, this is also supported by the musical composition,

    Summary:
    Overall, this song is really easy to listen to. It is highly recommended for those who need a little motivation and optimism to get out of an undesirable situation. It also tells us that when one door closes, another opens.


    Referensi:
    1. Intan Aulia Husnunnisa. (2022). Review Text: Definisi, Struktur, Tujuan, dan Contohnya. Situs: Source: https://www.english-academy.id/blog/review-text diakses pada tanggal 8 Mei 2023
    2. Wall Street English. (2020). Review Text: Pengertian, Struktur, Ciri, Tujuan, dan Contohnya. Situs: https://www.wallstreetenglish.co.id/english-tips/review-text/ diakses pada tanggal 8 Mei 2023
    3. Leo Bisma. (2022). Review Text: Pengertian, Struktur, & Contoh | Bahasa Inggris Kelas 12. Situs: https://www.ruangguru.com/blog/pengertian-struktur-dan-contoh-review-text diakses pada tanggal 8 Mei 2023

    Demikian, artikel terkait review text dalam bahasa Inggris: pengertian, fungsi, struktur, unsur kebahasaan, & contohnya. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan bahan belajar. Terima kasih. 😊



    Post a Comment

    "Terima kasih Anda telah mengunjungi blog kami. Kami berharap Anda dapat memberikan saran, kritik, ataupun dukungan yang positif dan membagun agar kami dapat melakukan perbaikan pada artikel blog kami."

    Previous Post Next Post