Contoh Dialog Expression of Intention or Plan dan Artinya


    Contoh Dialog Expression of Intention or Plan dan Artinya



    Hi, sobat!
    Pernahkan kamu menyampaikan rencana kegiatan yang akan kamu lakukan? Ya, rencana dalam bahasa Inggris disebut plan dan seringkali dikaitkan dengan intention yang berarti niat atau maksud. Dengan demikian expression of intention or plan adalah sebuah ungkapan yang bertujuan untuk menyatakan maksud atau rencana yang akan dilakukan oleh seseorang di masa mendatang. 
    Selain itu, expression of intention or plan juga dapat diartikan sebagai harapan yang akan terlaksana di masa yang akan dating. Oleh karena itu, pada umumnya expression of intention or plan ini seringkali menggunakan future tense. Future tense merupakan pola waktu yang menunjukkan kejadikan yang akan terjadi di masa yang akan datang. Pola waktu ini seringkali ditandai dengan penggunaan auxiliary verb, seperti will atau shall, dan be going to

    Baca Juga: 

    Pada kesempatan kali ini, kami akan menyajikan materi bahasa inggris terkait contoh dialog expression of intention or plan (ungkapan niat atau rencana) dan artinya. Yuk simak penjelasannya berikut ini!

    Dialog with Expression of Showing Intention or Plan (Contoh Dialog dengan Ungkapan Menyatakan Niat atau Rencana) dan Artinya

    Dialog with Expression of Showing Intention or Plan (Contoh Dialog dengan Ungkapan Menyatakan Niat atau Rencana)

    Berikut ini contoh dialog expression of showing intention or plan (ungkapan menyatakan rencana atau niat). 

    Dialog 1

    A long weekend is coming. Riri, Santi, and Bayu are talking about their plans.
    Riri : “It will be a long weekend soon. Do you have any plans?”
    Santi : “Uhm, I’m not sure. I don’t have any idea yet. I think I might stay at home.”
    Bayu : “Stay at home? Well, you could do something more interesting!”
    Santi : “So, what about you Bayu? Do you have any plans?”
    Bayu : “Definitely! My dad and I are going to go fishing.
    Santi : “Fishing? It sounds boring too! Are you going to go fishing in the river near your house?”
    Bayu : “No. We plan to go fishing in a lake near my uncle’s house. Would you like to come with us?”
    Santi : “Fishing? I don’t really like fishing. I would rather stay at home than go fishing.”
    Bayu : “What about you, Riri? What would you like to do on the long weekend?”
    Riri : “I have made a plan with my mother about what to do on this long weekend. We are going to practice baking cookies.”
    Santi : “That sounds like a very good plan!”
    Bayu : “Are you going to bake choco chips cookies like the last time?”
    Riri : “Well, yes. That is my favorite. But we will also try to make ginger cookies.”
    Santi : “Oh, how I envy you. My mother is going to accompany my little brother to attend a drawing competition. I don’t think I can ask her to teach me baking cookies.”
    Bayu : “Ha ha, I guess you should enjoy staying at home alone.”
    Riri : “Oh, would you like to join me to learn baking cookies? You can come to my house.”
    Bayu : “It’s a good idea! Or will you go fishing with me and my dad?”
    Santi : “Uhm, not fishing I guess. But I think I would like to bake cookies with Riri. Thanks for asking me to join you, Riri.”
    Riri : “No problem. I will call you on Friday to let you know the time when we can start.”
    Santi : “Thanks a lot. I will be waiting for your call.”
    Bayu : “Have a nice long weekend everyone.”
    Riri, Santi : “You too.”

    Artinya:
    Akhir pekan yang panjang akan datang. Riri, Santi, dan Bayu sedang membicarakan rencana mereka.
    Riri : “Sebentar lagi long weekend. Apakah Anda punya rencana? ”
    Santi : “Uhm, aku tidak yakin. Saya belum punya ide. Saya pikir saya mungkin tinggal di rumah. ”
    Bayu : “Tinggal di rumah? Nah, kamu bisa melakukan sesuatu yang lebih menarik!”
    Santi : “Jadi, bagaimana denganmu Bayu? Apakah Anda punya rencana? ”
    Bayu : “Pasti! Ayah saya dan saya akan pergi memancing.
    Santi : “Memancing? Kedengarannya membosankan juga! Apakah Anda akan pergi memancing di sungai dekat rumah Anda?”
    Bayu : “Tidak. Kami berencana untuk pergi memancing di danau dekat rumah paman saya. Maukah kamu ikut dengan kami?”
    Santi : “Memancing? Saya tidak terlalu suka memancing. Saya lebih suka tinggal di rumah daripada pergi memancing.”
    Bayu : “Bagaimana denganmu, Riri? Apa yang ingin kamu lakukan di akhir pekan yang panjang?”
    Riri : “Saya sudah membuat rencana dengan ibu saya tentang apa yang harus dilakukan di akhir pekan yang panjang ini. Kami akan berlatih membuat kue.”
    Santi : “Kedengarannya seperti rencana yang sangat bagus!”
    Bayu : “Apakah kamu akan membuat kue kering choco chips seperti terakhir kali?”
    Riri: “Yah, ya. Itu adalah favorit saya. Tapi kami juga akan mencoba membuat kue jahe.”
    Santi : “Oh, betapa aku iri padamu. Ibuku akan menemani adikku mengikuti lomba menggambar. Kurasa aku tidak bisa memintanya untuk mengajariku membuat kue.”
    Bayu : “Ha ha, kurasa kamu harus menikmati tinggal di rumah sendirian.”
    Riri : “Oh, maukah kamu bergabung denganku untuk belajar membuat kue? Kamu bisa datang ke rumahku.”
    Bayu : “Ide yang bagus! Atau maukah kamu pergi memancing denganku dan ayahku?”
    Santi : “Uhm, bukan memancing kurasa. Tapi saya pikir saya ingin membuat kue dengan Riri. Terima kasih telah memintaku untuk bergabung denganmu, Riri.”
    Riri : “Tidak masalah. Saya akan menelepon Anda pada hari Jumat untuk memberi tahu Anda waktu kapan kita bisa mulai.”
    Santi : “Terima kasih banyak. Aku akan menunggu panggilanmu.”
    Bayu : “Selamat berakhir pekan panjang semuanya.”
    Riri, Santi : “Kamu juga.”

    Dialog 2

    Sarah : “Hello Ali, what are you going to do this weekend?”
    Ali : “Hello, I am going to visit my grandmother in Jakarta. How about you?”
    Sarah : “Well, I still do not have any plan for the weekend.”
    Ali : “Why don’t you go to museum?”
    Sarah : “That is a good idea. But, I have to do my assignment first. Have you done your assignment?”
    Ali : “No, I have not, I’d like to do them this evening.”
    Sarah : “Well, can we do together?”
    Ali : “Yes, of course.”
    Sarah : “Okay, great. I will go to your house at 4 P.M then.”
    Ali : “I will be waiting for.”

    Artinya:
    Sarah: “Halo Ali, apa yang akan kamu lakukan akhir pekan ini?”
    Ali : “Halo, saya akan mengunjungi nenek saya di Jakarta. Bagaimana dengan kamu?"
    Sarah: "Yah, aku masih belum punya rencana untuk akhir pekan."
    Ali : “Kenapa kamu tidak pergi ke museum?”
    Sarah: “Itu ide yang bagus. Tapi, aku harus menyelesaikan tugasku dulu. Apa kau sudah menyelesaikan tugasmu?”
    Ali: “Tidak, saya belum melakukannya, saya ingin melakukannya malam ini.”
    Sarah: "Baiklah, bisakah kita melakukannya bersama?"
    Ali : “Ya, tentu saja.”
    Sarah: “Oke, bagus. Aku akan pergi ke rumahmu jam 4 sore kalau begitu.”
    Ali : “Aku akan menunggu.”

    Dialog 3

    Anita: “Hi Diana, how are you?”
    Diana: “I'm good. Thanks.”
    Anita: “What is your plan for this coming holiday?”
    Diana: “I am going to visit grandmother in Solo. What about you? Do you have any plans?”
    Anita: “Well, my mother is thinking of sending me and my brother to spend our holiday at our Aunt's house in Medan. I have never been there before.”
    Diana: “Are you exciting?”
    Anita: “Yes, I am. I can't wait for the holiday coming soon.”
    Diana: “Yes, it still two weeks away but I already packed up.”
    Anita: “I will bring some books and toys to play there.”
    Diana: “Sounds great. I am planning to pack up some more books this weekend.”
    Anita:  “Have a great holiday, Diana!”
    Diana: “Thanks Anita, you too!”

    Artinya:
    Anita: “Hai Diana, apa kabar?”
    Dian: “Aku baik-baik saja. Terima kasih."
    Anita: “Apa rencanamu untuk liburan yang akan datang ini?”
    Diana: “Saya akan mengunjungi nenek di Solo. Bagaimana denganmu? Apakah Anda punya rencana? ”
    Anita: “Nah, ibu saya berpikir untuk mengirim saya dan saudara laki-laki saya untuk menghabiskan liburan kami di rumah Bibi kami di Medan. Saya belum pernah kesana sebelumnya."
    Diana: "Apakah kamu menarik?"
    Anita: “Ya, saya. Saya tidak sabar menunggu liburan segera datang.”
    Diana: "Ya, masih dua minggu lagi tapi aku sudah berkemas."
    Anita: “Saya akan membawa beberapa buku dan mainan untuk bermain di sana.”
    Diana: “Kedengarannya bagus. Saya berencana untuk mengemas beberapa buku lagi akhir pekan ini.”
    Anita: “Semoga liburanmu menyenangkan, Diana!”
    Diana: “Terima kasih Anita, kamu juga!”

    Dialog 4

    Refi: “We are going to be leaving here soon after we do shopping.”
    Renata: “That's too bad. What is your plan after shopping?”
    Refi: “We're going back to my uncle's house, and then pack up and head back up to Solo.”
    Renata: “Well, have a good journey. Send my regards to your parents.
    Refi: “Okay.”

    Artinya:
    Refi: “Kita akan segera pergi dari sini setelah kita berbelanja.”
    Renata: “Sayang sekali. Apa rencanamu setelah berbelanja?”
    Refi: “Kita akan kembali ke rumah pamanku, lalu berkemas dan kembali ke Solo.”
    Renata: “Baiklah, semoga perjalananmu menyenangkan. Sampaikan salamku untuk orang tuamu.
    Refi: “Oke.”

    Dialog 5

    Jihan: “Can we talk for a while?”
    Vera: “Sure.”
    Jihan: “I'm going to have a birthday party this Saturday. Would you like to come?”
    Vera: “I'd love to. Thanks for inviting me. Who are going to come to the party?”
    Jihan: “Well, I invite all of our classmates and some of my neighbors. Ronny and Bob
    are going to help out with the decoration.”
    Vera: “That's great. Is there going be a theme for the party?”
    Jihan: “No, there isn't. Just to have fun. Well, I'm going to hire a clown.”
    Vera: Really? I like clowns. I'm going to have a clown at my own birthday party, too.”
    Jihan: “I'm sure everyone will have a good time.”

    Artinya:
    Jihan: "Bisakah kita bicara sebentar?"
    Vero: “Tentu.”
    Jihan: “Aku akan mengadakan pesta ulang tahun Sabtu ini. Apakah kamu mau datang?"
    Vera: “Saya ingin sekali. Terima kasih telah mengundang saya. Siapa yang akan datang ke pesta?”
    Jihan: “Yah, saya mengundang semua teman sekelas kami dan beberapa tetangga saya. Ronny dan Bob
    akan membantu dengan dekorasi.”
    Vera: “Bagus sekali. Apakah akan ada tema untuk pestanya?”
    Jihan: “Tidak, tidak ada. Hanya untuk bersenang-senang. Yah, aku akan menyewa badut.”
    Vero: Benarkah? Saya suka badut. Aku juga akan mengadakan badut di pesta ulang tahunku sendiri.”
    Jihan: “Saya yakin semua orang akan bersenang-senang.”

    Dialog 6

    Mr. Rudy: “Excuse me. Can you help me please?”
    Mrs. Erika: “Yes, Sir. What can I help you?”
    Mr. Rudy: “I'm going to the hotel. Which way is it?”
    Mrs. Erika: “Go up this road about one kilometer and turn right. You'll get to the hotel there. It’s near to flower garden.”
    Mr. Rudy: “You've helped me a lot. Thank you.”
    Mrs. Erika: “You're welcome.”

    Artinya:
    Pak Rudy: “Permisi. Bisakah Anda menolong saya?"
    Bu Erika: “Ya, Pak. Apa yang bisa saya bantu?"
    Pak Rudy: “Saya mau ke hotel. Jalan mana itu?”
    Bu Erika: “Naik jalan ini kira-kira satu kilometer dan belok kanan. Anda akan sampai ke hotel di sana. Dekat dengan taman bunga.”
    Pak Rudy: “Anda telah banyak membantu saya. Terima kasih."
    Bu Erika: “Sama-sama.”

    Dialog 7

    Arga: “Hi, Erlina. What’s up?”
    Erlina: “Hello, Arga. I’m okay.”
    Arga: “What’s your plan tonight? Are you going to watch the movie on TV tonight?”
    Erlina: “No. I think I'll watch it on my laptop.”
    Arga: “That's a good idea. My DVD player is broken.”
    Erlina: “Laptop can be the alternative.”

    Artinya:
    Arga: “Hai, Erlina. Ada apa?"
    Erlina: “Halo, Arga. Saya baik-baik saja."
    Arga: “Apa rencanamu malam ini? Apakah kamu akan menonton film di TV malam ini?”
    Erlina: “Tidak. Saya pikir saya akan menontonnya di laptop saya.”
    Arga: “Itu ide yang bagus. Pemutar DVD saya rusak.”
    Erlina: “Laptop bisa jadi alternatifnya.”

    Dialog 8

    Rega: “Hi, Fina. How are you doing?”
    Fina: “Hello, Rega. I’m doing good.”
    Rega: “After this class, what is your plan?”
    Fina: “Well, I'm going to go shopping with my sister and then we'll go home and make dinner.”
    Rega: “What do you plan to make?”
    Fina: “I think we're going to make chicken soup. How about you?”
    Rega: “I will join swimming course and then play music with my friends.”
    Fina: “That would be interesting.”

    Artinya:
    Rega: “Hai, Fina. Apa kabarmu?"
    Fina: “Halo, Rega. Aku melakukan dengan baik."
    Rega: “Setelah kelas ini, apa rencanamu?”
    Fina: “Yah, aku akan pergi berbelanja dengan adikku dan kemudian kita akan pulang dan membuat makan malam.”
    Rega: "Apa yang kamu rencanakan untuk dibuat?"
    Fina: “Kurasa kita akan membuat sup ayam. Bagaimana dengan kamu?"
    Rega: “Saya akan mengikuti kursus renang dan kemudian bermain musik dengan teman-teman saya.”
    Fina: “Itu akan menarik.”

    Dialog 9

    Dina: “Are you sure that we are going to have a math test tomorrow?”
    Arman: “I am 100 percent certain about it. We have finished lesson 5, haven't we?”
    Dina: “That's right. So, what are you going to do now?”
    Arman: “I’m about to study together with Rina and do some math questions. And you?”
    Dina: “I’ll learn by myself watching some youtube videos about how to solve the math question.”
    Arman: “It must be hard, but I’m pretty sure you can do your best.”
    Dina: “I hope so. We are going to discuss the lesson tomorrow if you don’t mind.”
    Arman: “Of course. We can share what we’ve understood.”

    Artinya:
    Dina: “Kamu yakin besok kita akan ulangan matematika?”
    Arman: “Saya 100 persen yakin tentang itu. Kita sudah menyelesaikan pelajaran 5, bukan?”
    Dina: “Benar. Jadi, apa yang akan kamu lakukan sekarang?”
    Arman: “Saya akan belajar bersama dengan Rina dan mengerjakan beberapa soal matematika. Dan kau?"
    Dina: “Saya akan belajar sendiri menonton beberapa video youtube tentang cara menyelesaikan soal matematika.”
    Arman: “Pasti sulit, tapi aku yakin kamu bisa melakukan yang terbaik.”
    Dina: “Saya harap begitu. Kami akan membahas pelajaran besok jika Anda tidak keberatan. ”
    Arman: “Tentu saja. Kami dapat membagikan apa yang telah kami pahami.”

    Dialog 10

    Juna: “Hi, Gita. Have you seen Rina these days?”
    Gita: “Hello, Juna. Didn’t you know what’s happened to Rina?”
    Juna: “No, I didn’t. What is that?”
    Gita: “Rina got an accident and she has been in hospital for three days.”
    Juna: “Are you going to visit her?”
    Gita: “Sure. Would you like to join? But I’m gonna buy some gift for Rina at first.”
    Juna: “Yes, I would. I also plan to return her book.”

    Artinya:
    Juna: “Hai, Gita. Apakah kamu melihat Rina akhir-akhir ini?”
    Gita: “Halo, Juna. Apa kamu tidak tahu apa yang terjadi pada Rina?”
    Juna: “Tidak, saya tidak. Apa itu?"
    Gita: “Rina mengalami kecelakaan dan sudah tiga hari dirawat di rumah sakit.”
    Juna: "Apakah kamu akan mengunjunginya?"
    Gita: “Tentu. Apakah Anda ingin bergabung? Tapi aku akan membeli beberapa hadiah untuk Rina terlebih dahulu.”
    Juna: “Ya, saya mau. Saya juga berencana mengembalikan bukunya.”

    Text 11

    Victor,
    I'm going to the supermarket to get some things. Would you like to turn the stove on when you are home? I've put some soup there. Just heat it for about 5 minutes and then take it out from the stove before you have dinner.

    Mother

    Artinya:
    Pemenang,
    Aku akan pergi ke supermarket untuk membeli beberapa barang. Apakah Anda ingin menyalakan kompor saat Anda di rumah? Saya sudah menaruh beberapa sup di sana. Panaskan saja selama sekitar 5 menit dan kemudian keluarkan dari kompor sebelum Anda makan malam.

    Ibu

    Dialog 12

    Jess: “I want to up the Nile to visit my friends who is living in the desert. It really is a beautiful place.”
    Katie: “I have heard it. I would like to visit it one day. I have heard there is Great Library. I would like to visit it and also see the Great Lighthouse.”
    Mike: “I could show you around.”
    Katie: “I would like that.”
    Jess: “Me, too.”

    Artinya:
    Jess: “Saya ingin ke sungai Nil untuk mengunjungi teman-teman saya yang tinggal di padang pasir. Ini benar-benar tempat yang indah.”
    Katie: “Aku sudah mendengarnya. Saya ingin mengunjunginya suatu hari nanti. Saya telah mendengar ada Perpustakaan Besar. Saya ingin mengunjunginya dan juga melihat Mercusuar Agung.”
    Mike: "Aku bisa mengajakmu berkeliling."
    Katie: "Aku ingin itu."
    Jessi: "Aku juga."


    Baca Juga:

    Demikian tadi sekilas penjelasan materi bahasa Inggris terkait contoh dialog expression of intention or plan (ungkapan niat dan rencana) dan artinya. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru bagi kita dalam mempelajari bahasa Inggris. Terima kasih 😊 

    Post a Comment

    "Terima kasih Anda telah mengunjungi blog kami. Kami berharap Anda dapat memberikan saran, kritik, ataupun dukungan yang positif dan membagun agar kami dapat melakukan perbaikan pada artikel blog kami."

    Previous Post Next Post