Procedure Text dalam Bahasa Inggris: Pengertian, Fungsi, Struktur, Unsur Kebahasaan, & Contohnya


    Procedure Text dalam Bahasa Inggris: Pengertian, Fungsi, Struktur, Unsur Kebahasaan, & Contohnya



    Hi, sobat!

    Tahukah kamu apa itu procedure text? Ya, yang terbayang dalam benak kalian how to do, how to make, atau how to use something bukan?

    Procedure text merupakan salah satu teks dalam bahasa Inggris yang seringkali kita jumpai bada manual book (buku pedoman), food recipe (resep makanan), guidance book (buku panduan), dan bahkan juga artikel pada surat kabar. Procedure teks adalah teks yang membahas langkah-langkah melakukan sesuatu hal, atau menggunakan sesuatu hal dengan baik dan benar.

    Procedure text ditujukan agar seseorang dapat mandiri melakukan sesuatu hal sesuai dengan arahan yang diberikan. Kemudian, ketika sesuatu hal yang disampaikan dalam procedure text dilakukan dengan baik dan benar maka akan memperoleh hasil yang diharapkan.

    pada kesempatan kali ini, kita menyajikan artikel terkait pengertian, fungsi, struktur teks, unsur kebahasaan & contohnya procedure text dalam bahasa Inggris secara legkap. Yuk, simak penjelasan selengkapnya berikut ini!


    Procedure Text dalam Bahasa Inggris: Pengertian, Fungsi, Struktur Teks, Unsur Kebahasaan, & Contohnya



    Definition of Procedure Text (Pengertian Procedure Text)


    What is procedure text? Procedure text adalah salah satu teks dalam bahasa Inggris yang bertujuan untuk menjelaskan bagaimana cara membuat sesuatu atau cara melakukan sesuatu secara berurutan. Procedure test memuat bahan, alat, dan langkah-langkah yang harus dilakukan oleh seseorang dalam melakukan sesuatu hal agar mereka mampu memperoleh hasil yang maksimal dan sesuai harapan.

    Sementara itu, procedure text seringkali dimuat dalam majalah, surat kabar, artikel, atau buku pedoman. Pada dasarnya, procedure text dapat dibedakan menjadi beberapa macam yaitu 1) tips (tips), 2) tutorials (tutorial), ataupun 3) manuals (petunjuk). Procedure text jenis tips ini seringkali membahas terkait topik-topik social dalam kehidupan. Misalnya, tips to speak English well (tips berbicara bahasa Inggris dengan baik), tips to care of your skin (tips merawat kulit), tips to succeed in life (tips sukses dalam hidup), dan sebagainya.

    Selain itu, procedure text jenis tutorial biasanya berkaitan dengan bagaimana menggunakan atau membuat sesuatu hal. Misalnya, how to make a pancake (bagaimana cara membuat roti panggan), how to do push up (bagaimana melakukan push up), how to make a poster (bagaimana cara membuat poster), dan sebagainya. Kemudian procedure text jenis manuals atau petunjuk ini dapat kita jumpai pada buku pedoman penggunaan alat elektronik atau digital. Misalnya, how to install your mobile phone (bagaimana cara menginstal telepon), how to use mixer (bagaimana cara menggunakan mixer), how to operate a laptop (bagaimana cara mengoperasikan laptop), dan sebagainya.

    Masing-masing jenis procedure test di atas memiliki persamaan yaitu berisi tentang cara atau langkah-langkah melakukan suatu hal. Namun, perbedaan dalam procedure text, seperti tips, tutorial, buku petunjuk, dan lain-lain adalah berkaitan dengan bahan, alat, atau ketentuan khusus yang perlu dipersiapkan.


    Social Function of Procedure Text (Fungsi Sosial Procedure Text)


    What is the social function of procedure text? Fungsi sosial atau tujuan utama procedure text antara lain:

    To tell about how to do or make something, i.e. food, drink, handy craft, etc. (menceritakan tentang cara melakukan atau membuat sesuatu, seperti makanan, minuman, hasta karya, dan lain-lain);

    To inform about how to use or operate something, i.e. product, electronic stuffs, machine, etc. (menginformasikan bagaimana cara menggunakan atau mengoperasikan sesuatu, seperti produk, barang-barang elektronik, mesin, dan lain-lain);

    To give a guide or tips about how to be good person; get something the best; achieve success in some field, especially on social life, career, study, etc. (memberikan petunjuk atau tips bagaimana menjadi seorang yang baik; mendapatkan sesuatu yang terbaik; mencapai kesuksesan pada beberapa bidang, khususnya pada kehidupan sosial, karir, pendidikan, dan lain-lain).


    Generic Structure of Procedure Text (Struktur Umum Procedure Text)


    What is the generic structure of procedure text? Struktur umum pada procedure text yaitu sebagai beerikut.

    a. Aim/Goal/Purpose (Tujuan)


    Aim, seringkali disebut juga dengan goal, purpose, atau objective dalam bahasa Inggris adalah bagian dari procedure text yang menyatakan terkait tujuan utama dari procedure text itu sendiri. Umumnya tujuan procedure text dapat kita ketahui dari judul procedure text. Selain itu, kita juga dapat mengetahui tujuan procedure text ini dari deskripsi singkat yang sampaikan sebagai pembuka procedure text tersebut. Contoh:
    1) Title
    How to make a pizza
    How to use an oven
    How to treat kitten

    2) Opening or Description of Procedure Text
    Don’t have time for an intensive skin care? You can still pamper yourself by doing the basics. Good skin care and healthy lifestyle choices can help delaying the natural aging process and prevent various skin problems. Get started with these five no-nonsense tips to care of skin.

    b. Materials, Ingredients or Tools (Bahan atau Alat)


    Material, seringkali disebut juga dengan ingredients dalam bahasa Inggris, merupakan bagian dari procedure text yang menbahas bahan-bahan yang diperlukan dalam melakukan atau membuat sesuatu hal. Bagian ini berisi daftar bahan yang akan digunakan untuk melakukan sesuatu hal yang disebutkan pada tujuan procedure text tersebut. Selain itu, material atau ingredient ini juga diganti dengan tool, utility, atau device yaitu alat atau perlengkapan yang diperlukan dalam melakukan sesuatu hal. Bahkan baik material atau tool dapat dimuat bersamaan dalam suatu procedure text. Tool tersebut biasanya berkaitan dengan procedure text jenis tutorial dan manual. Namun tidak semua procedure text membutuhkan material atau bahkan tools seperti yang ada dalam beberapa contoh procedure text jenis tips.
    Contoh:
    Ingredients: 2 cloves of garlic, 2 onions, An egg, 1 table spoon of vegetable oil, A plate of rice, and Salt

    c. Steps, Methods, or Ways (Langkah, Metode, atau Cara)


    Steps, seringkali disebut dengan methods atau ways dalam bahasa Inggris merupakan bagian dari procedure text yang menyajikan langkah-langkah atau cara melakukan atau membuat sesuatu hal secara runtut dan benar. Bagian ini berisi serangkaian metode yang runtut atau sistematis untuk melakukan sesuatu hal agar tujuan procedure text dapat tercapai. Steps dalam procedure text ini umumnya berupa kalimat perintah ataupun saran yang harus dilakukan oleh pembaca. Kadang-kadang kita juga dapat menjumpai larangan yang harus dihindari pembaca agar mereka dapat melakukan sesuatu hal dengan berhasil. Oleh karena itu, steps, methods, atau ways dalam procedure text merupakan bagian penting.
    Contoh:
    First, chop garlic and onions into the small pieces.
    Second, heat vegetable oil on a frying pan.
    Third, put the chopped garlic and onion into the hot vegetable oil. Fry them a while.


    Kinds of Procedure Text (Macam-macam Procedure Text)


    What are the kinds of procedure text? Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, procedure text dapat dibedakan menjadi beberapa macam yaitu 1) tips (tips), 2) tutorials (tutorial), ataupun 3) manuals (petunjuk). Sementara itu, berkaitan dengan menggunakan atau tidak menggunakan materials atau alat, procedure text pada dasarnya dibedakan menjadi beberapa jenis di antaranya yaitu:

    • Procedure Text yang menjelaskan bagaimana melakukan suatu intruksi secara manual atau bagaimana sesuatu dapat bekerja. Contoh: How to use the television, the friedge, the phone, atau the rice cooker, dan lain lain.
    • Procedure Text yang menjelaskan peraturan dari bagaimana melakukan kegiatan-kegiatan tertentu. Contoh: flight safety rules, video game rules, dan lain lain.
    • Procedure text yang mengajarkan manusia tentang kehidupan atau yang berhubungan dengan sifat dan kebiasaan manusia.Contoh: How to be happy, how to be useful for someone, how to be a smart learner, dan lain sebagainya.


    Language Feature of Procedure Text (Unsur Kebahasaan Procedure Text)


    What is the language feature of procedure text? Adapun ciri-ciri kebahasaan yang terkandung dalam procedure text yaitu antara lain:

    Simple Present Tense

    Procedure Text pada umumnya menggunakan simple present tense. Simple present tense merupakan pola waktu yang menunjukkan kejadian yang biasa terjadi di masa kini atau sekarang, atau pekerjaan yang senantiasa dilakukan di masa kini dalam kehidupan sehari-hari (menjadi sebuah kebiasaan). Simple present tense ini ditadai dengan:
    Penggunaan simple verb yaitu verb-1 atau verb-s/es.
    Penggunaan to be yaitu is, am, dan are.
    Penggunaan auxiliary verb yaitu do atau does.
    Contoh:
    One of the most important ways to take care of your skin is to protect it from the sun.
    We know this device as Rice Cooker, Magic Jar or Magic Com.

    Baca Juga:


    Present Modal


    Modal merupakan auxiliary verb atau kata kerja bantu yang seringkali mengiringi main verb (kata kerja) utama. Modal dapat membentuk makna baru dan dapat mengungkapkan suatu ekspresi. Misalnya, ekspresi willingness (kemauan) atau ability (kemampuan), necessity (kebutuhan), dan possibility (kemungkinan). Modal auxiliary verb ini biasanya diikuti dengan base form of verb atau simple verb yaitu kata kerja dasar yang tidak mendapatkan imbuhan berupa akhiran atau mengalami perubahan kata. Adapun present modal yang sering kali digunakan dalam procedure text yaitu can, may, shall, will, have to, is/are able to, is/are supposed to, must, dan sebagainya.
    Contoh:
    A lifetime of sun exposure can cause wrinkles, age spots, and other skin problems, as well as increase the risk of skin cancer.
    A healthy diet may help you look and feel good.

    Baca Juga:


    Imperative Sentence


    Imperative sentence, atau disebut juga dengan kalimat perintah, merupakan salah satu pola kalimat yang diawali dengan base form of verb atau simple verb yaitu kata kerja dasar langsung yang berfungsi untuk menunjukkan perintah melaksanakan suatu hal. Selain itu, imperative sentence juga dapat diawali dengan auxiliary verb yaitu don’t untuk menunjukkan larangan melakukan suatu hal. Umumnya, imperative sentence ini diakhiri dengan tanda baca seru atau exclamation mark “!”.
    Contoh:
    Cut the banana into pieces!
    Don't mix the coconut milk with water!
    Heat the water for 5 minutes!


    Action Verb


    Verb, disebut juga dengan verba atau kata kerja merupakan sebuah kata yang menyatakan suatu aktivitas atau kegiatan dan kondisi dari suatu peristiwa yang terjadi. Sementara itu, procedure text seringkali menggunakan action verb. Action verb itu sendiri diartikan sebagai sebuah kata yang berfungsi menjelaskan aksi, tindakan atau aktivitas yang berlangsung.
    Contoh:
    Cook the mixture for one hours.
    Boil the water for 15 minutes.
    Crack the egg into the bowl.

    Baca Juga:


    Passive Voice


    Passive voice juga seringkali ditemukan dalam procedure text. Passive voice, disebut juga dengan kalimat pasif adalah sebuah kalimat yang mana suatu objek kalimat dikenai suatu tindakan atau aksi oleh subjek. Pada dasarnya, passive voices digunakan dalam procedure text bertujuan untuk menekankan fokus pada kejadian yang berlangsung daripada subjeknya. Sementara itu, passive voice ditandai dengan struktur kalimat yaitu “be + Past Pasticiple atau Verb-3”. To be yang dimaksud adalah is, are, be, dan sebagainya. Dalam bahasa Indonesia, passive voice ini memiliki makna verb atau kata kerja yakni “di- atau ter-“.
    Contoh:
    Shaving cream, lotion or gel can be applied to protect and lubricate your skin.
    Continue frying until the rice is mixed perfectly.

    Baca Juga:


    Noun & Noun Phrase


    Noun, disebut juga dengan nomina atau kata benda adalah kata yang digunakan untuk menunjukkan atau menamai orang, benda, hewan, tempat, dan konsep abstrak, seperti ide, gagasan, dan lain-lain. Sedangkan, noun phrases, disebut juga dengan frasa nomina adalah sekumpulan kata yang berfungsi sebagai kata benda. Pada umumnya, noun phrase memiliki struktur kata, yaitu “Determiner + Adjective + Noun”.
    Contoh:
    Third, put the chopped garlic and onion into the hot vegetable oil.
    Fifth, put one plate of rice. Fry and mix them around 3 minutes.
    Sixth, add two pinces of salt. Continue frying until the rice is mixed perfectly.

    Baca Juga:


    Sequence Adverbs & Conjunction


    Conjunction, disebut juga dengan konjungsi atau kata hubung merupakan kata yang berfungsi untuk menghubungkan dua kata, frasa (phrase), klausa (clause), atau paragraf (paragraph). Kemudian, conjunction juga dapat menghubungkan thoughts (pemikiran), actions (tindakan), and ideas (ide), sebagimana nouns (kata benda), clauses (klausa), and other parts of speech (part of speech lainnya). Contohnya, because, and, while, when, dan sebagainya. Sedangkan sequence adverbs merupakan kata keterangan yang menunjukkan tata urutan sesuatu hal, seperti first, second, thirdly, next, then, finally, while, before, after that dan lain-lain.
    Contoh:
    Firstly, chop garlic and onions into the small pieces.
    Secondly, heat vegetable oil on a frying pan.
    Thirdly, put the chopped garlic and onion into the hot vegetable oil. After that, fry them a while.

    Baca Juga:


    Adverb & Adverbial Phrase


    Adverb, disebut juga sebagai adverbial atau kata keterangan, merupakan bagian part of speech yang berfungsi untuk menerangkan verb (kata kerja), adjective (kata sifat), maupun adverb (kata keterangan) lainnya. Adverb memberikan penjelasan terkait: waktu, tempat, cara, derajat keseringan, dan lain-lain. Contohnya, always, really, often, just, never, ever, slowly, regularly, dan sebagainya.

    Sedangkah adverbial phrase adalah frasa atau kumpulan beberapa kata yang berfungsi sebagai keterangan. Adverbial phrase yang seringkali muncul dalam procedure text adalah adverbial phrase yang berkaitan dengan rincian waktu, dan tempat.
    Contoh:
    Cook the mixture for one hours.
    Crack the egg into the bowl.
    Stir the soup slowly.

    Baca Juga:


    Example of Procedure Text (Contoh Procedure Text)


    What are the examples of procedure text? Berikut ini beberapa contoh procedure text yaitu antara lain:

    a. Example of Procedure Text about “How To Make Fried Rice”

    How To Make Fried Rice

    Ingredients:
    2 cloves of garlic
    2 onions
    An egg
    1 table spoon of vegetable oil
    A plate of rice
    Salt

    Steps:
    1. First, chop garlic and onions into the small pieces
    2. Second, heat vegetable oil on a frying pan.
    3. Third, put the chopped garlic and onion into the hot vegetable oil. Fry them a while.
    4. Fourth, add an egg into the pan and stir them.
    5. Fifth, put one plate of rice. Fry and mix them around 3 minutes.
    6. Sixth, add two pinces of salt. Continue frying until the rice is mixed perfectly.
    7. Finally, put the fried rice on a plate. Fried rice is ready to serve.


    b. Example of Procedure Text about “Tips To Get Healthy Skin”

    Tips To Get Healthy Skin

    Don’t have time for an intensive skin care? You can still pamper yourself by doing the basics. Good skin care and healthy lifestyle choices can help delaying the natural aging process and prevent various skin problems. Get started with these five no-nonsense tips.

    1. Protect yourself from the sun. One of the most important ways to take care of your skin is to protect it from the sun. A lifetime of sun exposure can cause wrinkles, age spots, and other skin problems, as well as increase the risk of skin cancer.
    2. Don’t smoke. Smoking makes your skin look older and contributes to wrinkles. It narrows the tiny blood vessels in the outermost layers of skin, which decreases blood flow. It also his depletes oxygen and nutrients of the skin.
    3. Treat your skin gently. Limiting your bath – time will keep your skin gentle. Hot water and long showers remove oils from your skin. Use warm rather than hot water. To protect and lubricate your skin, apply shaving cream, lotion or gel before shaving.
    4. Eat a healthy diet. A healthy diet can help you look and feel good. Eat plenty of fruits, vegetables, whole grains, and lean protein. Some research that a rich diet in vitamin C and low in unhealthy fat might promote younger looking skin.
    5. Manage stress. Uncontrolled stress can make your skin more sensitive and trigger acne breakouts and other skin problems. To encourage healthy skin and a healthy state of mind, take some steps to manage your stress, set reasonable limits, scale back your to do list, and make time to do the things you enjoy.


    c. Example of Procedure Text about “How To Use An Electric Rice Cooker”

    How To Use An Electric Rice Cooker

    Nowadays cooking is no longer complicated things. Especially when it comes to cooking rice, there is an electronic device designed especially for this. We know this device as Rice Cooker, Magic Jar or Magic Com. The following steps will show you how to operate a Rice Cooker properly.

    1. Wash the cooking pot and make sure the inner side is clean.
    2. Measure the rice by using the measurement cup and put the rice into the cooking pot. Make sure to give space for the rice, water and the expansion.
    3. Rinse the rice so that we can remove the pesticides that may be present.
    4. Add some water into the cooking pot, usually we need to see the water is 1cm above the rice surface.
    5. Soak the rice for about 30 minutes in order to make the cooked rice stickier.
    6. Put the cooking pot along with the rice and water into the Rice Cooker.
    7. Close the Rice Cooker lid and then plug the cable into the electricity socket.
    8. Start the Rice Cooker by pressing the Cooking/Timer Button.
    9. Wait until the cooking process is over.
    10. Open the lid and the rice is ready to be served.


    Demikian, artikel terkait procedure text dalam bahasa Inggris: pengertian, fungsi, struktur, unsur kebahasaan, & contohnya. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan bahan belajar. Terima kasih. 😊

    Post a Comment

    "Terima kasih Anda telah mengunjungi blog kami. Kami berharap Anda dapat memberikan saran, kritik, ataupun dukungan yang positif dan membagun agar kami dapat melakukan perbaikan pada artikel blog kami."

    Previous Post Next Post