Informal Letter Text dalam Bahasa Inggris: Pengertian, Fungsi, Struktur Teks, Unsur Kebahasaan, dan Contohnya


    Informal Letter Text dalam Bahasa Inggris: Pengertian, Fungsi, Struktur Teks, Unsur Kebahasaan, dan Contohnya



    Hi, sobat!

    Tahukah kamu apa itu informal letter? Ya, informal letter, atau lebih kita kenal dengan personal letter adalah surat pribadi. Informal letter merupakan sebuah surat yang dikirimkan oleh individu kepada individu lainnya, seperti teman dekat, kerabat, anggota keluarga, pasangan, rekan kerja, dan sebagainya.

    Informal letter bersifat pribadi. Hal ini berarti bahwa informasi yang disampaikan dalam informal letter berkaitan dengan kepentingan pribadi; misalnya, kegiatan di sekolah, hobi, pengalaman liburan, kondisi lingkungan kerja, prestasi lomba, dan sebagainya. Dengan demikian, informal letter ini biasanya disampaikan dengan menggunakan bahasa sehari-hari yang cenderung tidak resmi, dan bahkan seringkali memasukkan bahasa yang kurang sopan dan bahasa gaul atau ‘slank’.

    Sementara itu, struktur teks pada informal letter berbeda dengan formal letter. Struktur formal letter lengkap, seperti kop surat, tanggal pembuatan, penerima dan alamat lengkap, pembuka, isi, penutup, dan pengirim surat, sedangkan informal letter hanya berisi tanggal pembuatan, penerima dan alamat lengkap, pembuka, isi, penutup, dan pengirim surat tanpa adanya kop surat.

    Pada kesempatan kali ini, kita akan menyajikan artikel terkait informal letter text dalam bahasa Inggris: pengertian, fungsi, struktur, & unsur kebahasaan. Yuk, simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

    Informal Letter Text dalam Bahasa Inggris: Pengertian, Fungsi, Struktur, & Unsur Kebahasaan


    Definition of Informal Letter Text (Pengertian Informal Letter Text)


    What is the informal letter? Letter, dalam bahasa Indonesia disebut “surat”, merupakan salah satu media untuk berkomunikasi dan menyampaikan pesan informasi secara tertulis. Sementara itu, informal diartikan tidak resmi atau bersifat pribadi. Dengan demikian, informal letter merupakan sebuah surat yang digunakan untuk alat komunikasi atau menyampaikan informasi secara tertulis yang berkaitan dengan keperluan pribadi dan bersifat tidak resmi.

    Pada dasarnya, surat memiliki lima fungsi utama yaitu sarana pemberitahuan, permintaan, buah pikiran, dan gagasan; alat bukti tertulis; alat pengingat; bukti historis; dan pedoman kerja. Namun, informal letter, atau yang seringkali disebut “personal letter” pada umumnya berfungsi untuk berbagi pengalaman atau cerita kepada teman, kerabat, atau anggota keluarga. Selain itu, informal letter kadangkala berisi ucapan selamat, terima kasih, bela sungkawa, motivasi, dan sebagainya.

    Selain itu, informal letter atau surat pribadi merupakan surat yang ditujukan ditujukan kepada orang lain, seperti teman, kerabat, anggota keluarga, rekan kerja, tetangga, dan lain-lain dengan menggunakan bahasa yang friendly dan tidak baku. Berbeda dengan formal letter, informal letter tidak terikat oleh peraturan atau kaidah penulisan surat yang baku. Kemudian, surat pribadi biasanya ditulis sesuai dengan keperluan, referensi, dan selera masing-masing penulis.

    Meskipun, tidak terikat oleh kaidah penulisan surat yang baku dan bersifat personal, informal letter tetap ditulis dengan memperhatikan etika penggunaan bahasa yang sopan dan santun. Hal ini dikarenakan penggunaan bahasa yang sopan, santun, dan beretika tersebut disesuaikan dengan latar belakang orang yang akan menerima surat pribadi. Penggunaan bahasa yang santun sebagai wujud rasa hormat kepada penerima surat.


    Characteristics of Informal Letter (Ciri-Ciri Surat Resmi)


    What are the characteristics of informal letter? Berikut ini beberapa karakteristik atau ciri-ciri utama pada informal letter atau surat pribadi.
    • 1. Surat pribadi umumnya tidak dilengkapi dengan kepala surat (kop surat).
    • 2. Surat pribadi tidak memiliki nomor surat.
    • 3. Biasanya, salam pembuka serta penutup dalam surat pribadi bersifat non-formal dan santai.
    • 4. Bahasa yang dipakai disesuaikan dengan tujuan surat pribadi itu. Memakai bahasa baku kalau bersifat resmi, serta menggunakan bahasa tidak baku kalau sifatnya tidak resmi.
    • 5. Format surat pribadi lebih bersifat bebas.


    Social Function of Informal Letter Text (Fungsi Sosial Informal Letter Text)


    What is the social function of informal letter? Adapun fungsi social atau tujuan utama informal letter yaitu sebagai berikut.

    1. To Express Personal’s Feelings (Untuk Mengekspresikan Diri)
    Informal letter atau surat pribadi biasanya digunakan untuk keperluan personal yaitu untuk mengungkapkan perasaan seseorang, seperti ungkapan terima kasih, saran, rencana, selamat, motivasi, dan sebagainya.

    2. To Share Some Story or Experience (Untuk Berbagi Cerita)
    Informal letter atau surat pribadi juga dapat berfungsi untuk berbagi cerita atau pengalaman kepada teman, kerabat, anggota keluarga, rekan kerja dan lain-lain. Misalnya, penulis menyampaikan cerita terkait pengalaman bekerja, liburan, sekolah, kompetisi dan sebagainya.

    3. To Give an Idea or Opinion (Untuk Menyampaikan Ide atau Pendapat)
    Informal letter atau surat pribadi juga dapat bertujuan untuk menyampaikan ide atau pendapat berkaitan dengan sesuatu hal. Misalnya, penulis menyampaikan pendapat tentang makanan, tempat wisata, barang elektronik, pakaian, sekolah, dan sebagainya.

    4. To Inform Factual Information or Condition (Untuk Memberitahukan Informasi atau Kondisi Faktual)
    Informal letter atau surat pribadi berfungsi untuk menyampaikan informasi atau kondisi factual terkait diri penulis dan lingkungannya. Misalnya, penulis menceritakan tentang kondisinya saat ini, lingkungan baru tempat dia tinggal, sekolah tempat dia belajar, dan sebagainya.


    Generic Structure of Informal Letter Text (Struktur Umum Informal Letter Text)


    What is the generic structure of informal letter? Pada dasarnya, stuktur umum informal letter mencangkup: 1) Date of letter, 2) Addresse, 3) Salutation, 4) Opening Paragraph, 5) Content Paragraph, 6) Closing Paragraph, 7) Complimentary close, 8) Singnature & Sender of letter. Yuk, simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

    1. Date (Tanggal surat dibuat/dikeluarkan)

    Date merupakan tanggal pembuatan surat resmi yang biasanya ditulis dengan diawali dengan nama kota, kemudian diikuti oleh tanggal, bulan, dan tahun surat. contoh penulisan tanggal informal letter yaitu sebagai berikut.
    • Bandung, 3rd July 2023
    • Jakarta, July 4th 2023
    • Palembang, 03/07/2023

    2. Addressee (Nama dan alamat penerima)

    Addressee merupakan nama dan alamat penerima surat baik atas nama individu, seperti teman, kerabat, anggota keluarga, rekan kerja, dan lain-lain.

    3. Salutation (Sapaan) dan Name (Nama penerima)

    Salutation merupakan sapaan yang disertai dengan nama penerima surat. Salutation yang umumnya digunakan dalam letter adalah ‘Dear’ yang diikuti dengan last name atau nama terakhir penerima surat. Selain itu, penulis perlu menyematkan gelar seperti Mr, Ms, atau Mrs apabila penerima surat adalah orang yang berlatar belakang atau berstatus social tinggi. Misalnya, Mr. Edward, Ms. Erika, dan Mrs. Evan.

    For your information!
    • Gelar “Mr” (lalu diikuti nama) ditujukan untuk laki-laki, baik yang masih lajang maupun sudah menikah. Misalnya, Dear Mr. John.
    • Gelar “Ms.” (lalu diikuti nama) hanya ditujukan untuk perempuan dewasa yang belum menikah. Misalnya, Dear Ms. Ana.
    • Gelar “Mrs. (lalu diikuti nama) berlaku untuk wanita dewasa yang sudah menikah. Misalnya, Dear Mrs. Gregoria.

    Selain itu, gelar Mr., Ms. atau Mrs. itu seharusnya diikuti oleh family name (nama keluarga). Misalnya, penerima surat bernama Jaya Erwin Candra, maka seharusnya ditulis sebagai Mr. Candra, atau bahkan ditulis secara lengkap dengan Mr. Jaya Erwin Candra. Namun, kata sapaan juga dapat diikuti oleh given name (bukan nama keluarga). Misalnya, penerima surat bernama Erika Sartro Widodo maka ditulis sebagai Mrs. Erika.
    Kemudian, jika pengirim surat tidak mengetahui nama penerima surat maka cukup untuk menuliskan kata ‘Dear, Sir’, ‘Dear, Madam’, atau ‘Dear, Sir or Madam‘. Selain itu, kamu juga bisa menuliskan nama posisi/jabatan mereka. Misalnya, ‘Dear Hiring Manager’.

    4. Opening Paragraph (Paragaraf Pembuka)

    Opening paragraph merupakan suatu paragraph yang mengawali atau membuka isi surat. Pada umumnya, opening paragraph pada informal letter berupa bertanya kabar atau harapan penulis kepada penerima surat. Contoh opening paragraph pada informal letter yaitu sebagai berikut.
    • Hi, Mark! How are you now? I hope you and your family are fine there.
    • Hello, Jessica! What’s up? I wish you and your family were totally in good condition.

    5. Body/Content Paragraph (Isi atau inti dari surat)

    Body atau content merupakan isi atau inti surat. Bagian ini seringkali disebut dengan body of letter, content of letter, atau body paragraph. Hal ini dikarenakan body of letter memuat informasi yang akan disampaikan kepada penerima surat. Kemudian, isi surat tergantung pada maksud dan tujuan mengirimkan surat. Contonya, isi surat berkaitan dengan pengalaman berlibur ke Disneyland, suasana bersekolah di Oxford University, dan sebagainya.

    6. Closing Paragraph (Penutup Surat)

    Closing paragraph merupakan paragraf yang menutup atau mengakhiri surat. Bagian ini biasanya berisi tentang harapan serta ucapan terima kasih pengirim surat kepada penerima surat. Harapan yang dimaksud adalah agar surat yang diberikan segera memperoleh balasan atau respon yang cepat dari penerima surat. Contoh kalimat yang seringkali digunakan pada closing paragraph yaitu sebagai berikut.
    • Thanks for your time. Reply my letter soon.
    • I hope you like my story. I can’t wait to hear your thought about it.
    • Thank you. I hope I get your letter soon.

    7. Complimentary close (Salam penutup)

    Complimentary close merupakan salam penutup untuk mengakhiri penulisan surat yang telah tulis. Complimentary close yang digunakan pada informal letter biasanya lebih bebas. Contoh complimentary close yang digunakan pada iformal letter adalah ‘Sincerely’, ‘Best Regards’, ‘Warm Regards’, ‘Your Love’, ‘Best Buddy’, dan sebagainya.

    8. Sender & Signature (Penngirim & Tanda tangan)

    Sender merupakan nama pengirim surat yang mana biasanya disertai dengan tanda tangannya.


    Language Feature of Informal Letter Text (Unsur Kebahasaan Informal Letter Text)


    What are the language features of informal letter? Adapun unsur-unsur kebahasaan yang terdapat pada informal letter antara lain:

    Simple Present Tense

    Informal letter pada biasanya menggunakan simple present tense apabila penulis berusaha menyampaikan informasi terkait dirinya dan lingkungannya saat ini, serta memberikan ide atau pendapatnya tentang suatu hal. Simple present tense merupakan pola waktu yang menunjukkan kejadian yang biasa terjadi di masa kini atau sekarang, atau pekerjaan yang senantiasa dilakukan di masa kini dalam kehidupan sehari-hari (menjadi sebuah kebiasaan). Simple present tense ini ditadai dengan:
    • Penggunaan simple verb yaitu verb-1 atau verb-s/es.
    • Penggunaan to be yaitu is, am, dan are.
    • Penggunaan auxiliary verb yaitu do atau does.

    Baca Juga:

    Simple Past Tense

    Informal letter pada biasanya menggunakan simple past tense apabila penulis berusaha menyampaikan informasi terkait cerita atau pengalaman yang telah berlalu. Simple past Tense adalah bentuk pola waktu yang berfungsi untuk menyatakan: 1) kebiasaan di masa lampau atau kebenaran umum di masa lampau; 2) suatu kejadian yang terjadi di masa lampau. Simple past tense ditandai dengan penggunaan be “was” dan “were, simple past verb “Verb-2”, dan auxiliary verb “did”.

    Baca Juga:

    Noun

    Noun, disebut juga sebagai nomina atau kata benda, merupakan kata yang digunakan untuk menunjukkan atau menamai orang, benda, hewan, tempat, dan konsep abstrak, seperti ide, gagasan, dan lain-lain. Informal letter menggunakan noun untuk menamai orang, tempat, ide, dan sebagainya yang disampaikan pada surat. Contohnya, holiday, trip, family, friend, tourism place, dan lain-lain.

    Baca Juga:

    Adverb

    Adverb, disebut juga sebagai adverbial atau kata keterangan, merupakan bagian part of speech yang berfungsi untuk menerangkan verb (kata kerja), adjective (kata sifat), maupun adverb (kata keterangan) lainnya. Adverb memberikan penjelasan terkait: waktu, tempat, cara, derajat keseringan, dan lain-lain. Contohnya, always, really, often, just, never, ever, slowly, regularly, dan sebagainya.
    Biasanya, adverb of place atau adverb of time pada informal letter disertai dengan preposition. Contohnya, in the school hall, in the meeting room, on Monday, 4th May 2023, dan sebagainya.

    Baca Juga:

    Adjective

    Adjective, disebut juga sebagai adjektiva atau kata sifat, merupakan kata yang berfungsi untuk menerangkan atau mensifati suatu benda, tempat, atau seseorang (noun) atau pronoun (kata ganti), seperti dalam hal fisik, kualitas, kuantitas, dan lain-lain. Pada dasarnya, Adjective (Kata Sifat) dapat dikategorikan menjadi 8 jenis yang dikenal dalam kata “OSAShCOMP”, yaitu Opinion (Pendapat), Size (Ukuran), Age (Masa Atau Umur), Shape (Bentuk), Color (Warna), Origin (Asal Tempat), Material (Bahan), dan Purpose (Tujuan). Contohnya, beautiful, big, small, bright, new, dan sebagainya.
    Adjective pada informal letter biasanya digunakan untuk menunjukkan suasanya hati atau ekspresi dan juga kondisi sesuatu cerita. Contohnya, happy, worried, afraid, challenging, bored, dan sebagainya.

    Baca Juga:

    Conjunction

    Conjunction, disebut juga sebagai konjungsi atau kata hubung, merupakan kata yang berfungsi untuk menghubungkan dua kata, frasa (phrase), klausa (clause), atau paragraf (paragraph). Kemudian, conjunction juga dapat menghubungkan thoughts (pemikiran), actions (tindakan), and ideas (ide), sebagimana nouns (kata benda), clauses (klausa), and other parts of speech (part of speech lainnya). Contohnya, after, and, because, if, when, but, for, so, dan sebagainya.

    Baca Juga:


    Example of Informal Letter Text (Contoh Informal Letter Text)


    What is the example of informal letter? Berikut ini kami sajikan beberapa contoh informal letter dalam bahasa Inggris.

    Contoh Informal Letter about Missing a Friend

    To: Erika
    Jl. Bumi Manti 3 No. 80, Bandar Lampung

    Dear Erika,
    Hi my partner, how are you there? I trust you are great. I miss you on the grounds that we have not met in quite a while. Do you miss me as well? On the off chance that you are out of town, I trust you can visit Jogjakarta. I hope we can meet each other soon. I really missing you.
    Ideally, we can meet soon, my closest partner

    Your Partner,

    Wilona
    Natasya Wilona


    Contoh Informal Letter about Visiting to Ethiopia

    34, Park Avenue
    Mumbai – 400023

    24th September, 2023

    Dearest Maria,
    I was so glad to hear from my mother that you are back home after the trip. Hope you had a safe and enjoyable trip. I have been waiting to hear all about the trip from you.
    Since this was the first time you have been to a foreign land, I guess every little bit of the trip was as exciting as you expected it to be. I have heard from my friends residing there that the place is extremely beautiful and that the people there are very endearing. However, I was worried when I knew that there were a few bomb blasts during your stay there. Hope all of you there were safe. I hope everything else was fine except for this.
    I had spoken to your mother earlier, and she told me that you would be coming home after two weeks. I saw your pictures on Instagram as well. I can’t wait to meet you and hear all your stories. Waiting eagerly for your reply.

    Your loving cousin,

    Sarah
    Sarah Elviana


    Contoh Informal Letter about Arranging a Get-together

    BB Street,
    Allahabad – 211005

    12/02/2020

    Dear Surya,
    Hope you are keeping well, and everyone at home is keeping safe and healthy. It has been a long time since all of us have met, so I was thinking we could all meet up. I have planned to have a get-together next month. I would love to discuss more about it.
    All of us could meet on Friday evening and stay over the weekend at a resort in Munnar. The climate in Munnar is great and it will be a good stress reliever. We could also go around the tourist spots if everyone is interested. If you are ready, we could talk to the others also. I will visit you next weekend to discuss more on this.
    Awaiting your reply and hoping to meet you soon.

    Love,

    Sreya
    Sreya Hadikusuma


    Contoh Informal Letter about Regretting Inability to Join

    144, Stark Lane
    Mumbai – 400054

    15/02/2020

    Dear Sreya,
    It is extremely thoughtful of you to plan a get-together for all of us. I wish I could join you, but I am sorry to say that I have a project starting next month, and it would not be possible for me to be there. If there is any way of preponing the get-together to any time before the month-end, I can definitely make it to our gathering.
    I hope we can reschedule the get-together and not miss the chance to meet up. Waiting to hear from you.

    With love,

    Surya
    Surya Darma Ali


    Referensi
    1. Ning Setiawati. (2023). Letter : Pengertian, Jenis, Bagian, Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris. Situs: https://www.ilmubahasainggris.com/letter-pengertian-jenis-bagian-dan-contohnya-dalam-bahasa-inggris/ diakses pada tanggal 1 Juni 2023.
    2. Faozan Tri Nugroho. (2020). Pengertian Surat Pribadi, Ciri-ciri, Fungsi, Struktur, dan Contohnya. Situs: https://www.bola.com/ragam/read/4429940/pengertian-surat-pribadi-ciri-ciri-fungsi-struktur-dan-contohnya diakses pada tanggal 1 Juni 2023.
    3. Informal Letter Format - How to Write, Parts, Sample Informal Letters. Situs: https://byjus.com/english/informal-letter-format/ diakses pada tanggal 1 Juni 2023.

    Demikian, artikel terkait informal letter text dalam bahasa Inggris: pengertian, fungsi, struktur, unsur kebahasaan, & contohnya. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan bahan belajar. Terima kasih. 😊

    Post a Comment

    "Terima kasih Anda telah mengunjungi blog kami. Kami berharap Anda dapat memberikan saran, kritik, ataupun dukungan yang positif dan membagun agar kami dapat melakukan perbaikan pada artikel blog kami."

    Previous Post Next Post