News Item Text dalam Bahasa Inggris: Pengertian, Fungsi, Struktur Teks, Unsur Kebahasaan, dan Contohnya


    News Item Text dalam Bahasa Inggris: Pengertian, Fungsi, Struktur Teks, Unsur Kebahasaan, dan Contohnya



    Hi, sobat!

    Tahukah kamu apa itu news item text? Ya, news item text adalah teks berita. News item text merupakan salah satu teks yang menyajikan informasi terkait peristiwa atau kejadian terkini yang perlu diperhatikan oleh pembaca dan pendengar. Informasi yang disampaikan adalah fakta-fakta yang bersumber dari narasumber, informan, dan saksi.

    Selain itu, news item text dibedakan menjadi written news item text atau spoken news item text. Teks ini seringkali dipublikasikan pada media cetak, seperti koran, artikel, majalah, atau tabloid atau media elektronik, seperti televisi, radio, dan platform media sosial seperti YouTube, Facebook, Instagram, Twitter, dan sebagainya.

    Kemudian, news item text bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada pembaca atau pendengar agar mereka memperhatikan peristiwa atau kejadian yang terajadi sehingga mereka dapat menyimpulkan dan memberikan respon atau tindakan dalam kehidupan sehari-hari.

    Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas pengertian, fungsi, struktur teks, & unsur kebahasaan news item text dalam bahasa Inggris. Yuk, simak selengkapnya pada artikel berikut ini!


    News Item Text dalam Bahasa Inggris: Pengertian, Fungsi, Struktur Teks, & Unsur Kebahasaan


    Definition of News Item Text (Pengertian News Item Text)


    What is news item text? News merupakan kata dalam bahasa Inggris berarti berita. Dikutip dari Create Webquest dan British Course, news item text is a text which informs readers about events of the day which are considered newsworthy or important and should be known by many people; yaitu artinya sebuah teks dalam bahasa Inggris yang menginformasikan tentang peristiwa hari ini yang dianggap penting dan harus diketahui oleh banyak orang.

    Peristiwa atau kejadian yang dibahas dalam news item text berisi informasi factual kejadian penting yang terjadi di tengah masyarakat pada hari ini dan juga relevan yaitu berkaitan dengan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat saat ini. Kemudian, news item text ini pada umumnya disajikan secara tulisan dan lisan. Seringkali news item text ini dapat kita jumpai pada koran, artikel, majalah, atau tabloid; bahkan kita juga dapat memdengarkan dan melihat news item text tersebut melalui televisi, radio, dan platform media sosial seperti YouTube, Facebook, Instagram, Twitter, dan sebagainya.

    Selain itu, news item text merupakan serangkaian informasi tentang kejadian hangat yang tengah terjadi dan patut untuk diketahui atau penting, yang ditujukan kepada pembaca, pendengar, atau penonton. Kejadian atau peristiwa yang diinformasikan pada news item text adalah peristiwa atau kejadikan yang baru saja berlangsung dan didukunng dengan fakta-fakta yang akurat. Fakta-fakta tersebut merupakan serangkaian bukti lisan atau tertulis yang disampaikan oleh para saksi, narasumber atau informan yang terlibat pada terjadinya peristiwa tersebut.

    Fakta-fakta yang ada pada news items text memuat informasi 5W + 1H yaitu what, where, when, who, why, dan how. Maksudnya adalah news items menyampaikan:
    • What: peristiwa atau kejadian apa yang sedang terjadi.
    • Where: dimana tempat peristiwa atau kejadian itu berlangsung.
    • When: kapan peristiwa atau kejadian itu berlangsung.
    • Who: siapa yang terlibat dalam peristiwa atau kejadian tersebut.
    • Why: mengapa peristiwa atau kejadian itu dapat terjadi.
    • How: bagaimana peristiwa atau kejadian itu berlangsung.

    Jadi, sudah pasti kita dapat menyimpulkan bahwa news item text berisi informasi-informasi factual terkait peristiwa atau kejadian yang penting untuk kita ketahui.


    Kinds of News Item Text (Macam-Macam News Item Text)


    What are the kinds of news item text? Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, news item text dibedakan menjadi 2 jenis yaitu 1) written news item text (teks berita secara tertulis) dan 2) spoken news item text (teks berita secara lisan). Berikut ini penjelasan selengkapnya.

    1) Written News Item Text

    Written news item text merupakan news item text yang disampaikan secara tertulis baik pada media cetak ataupun media elektronik. Written news item text ini dapat kita jumpai pada koran, surat kabar, majalah, tabloid, artikel, atau media social.

    2) Spoken News Item Text

    Spoken news item text merupakan news item text yang disampaikan secara lisan baik hanya dapat kita dengarkan, seperti pada radio, ataupun dapat kita dengarkan dan saksikan secara langsung, seperti pada televisi, youtube, facebook, Instagram, twitter, dan platform online lainnya.


    Characteristic of News Item Text (Ciri-ciri News Item Text)


    What is the characteristic of news item text? Adapun ciri-ciri news item text yaitu sebagai berikut.
    • News item text berfokus pada suatu kejadian atau peristiwa penting yang sedang terjadi.
    • News item text menggunakan bahasa yang singkat, padat, jelas, dan komunikatif.
    • News item text biasanya diawali dengan nama kota atau nama media yang menerbitkan.
    • News item text biasanya disertai gambar, ilustrasi, atau judul (headline) yang mendeskripsikan inti peristiwa.
    • News item text juga memuat keterangan atau informasi yang diperoleh dari saksi, narasumber, atau informan yang terlibat dalam peristiwa atau kejadian.
    • News item text juga menggunakan pola kalimat langsung (direct speech) dan kalimat tidak langsung (indirect speech).
    • News item text memuat informasi kualitatif yang berkaitan dengan 5W + 1 H, seperti tempat, waktu, orang-orang yang terlibat, latar belakang kejadian, keadaan, dan sebagainya.
    • News item text memuat informasi kuantitatif yang berkaitan dengan jumlah, angka, atau peringkat.

    Baca Juga:


    Social Function of News Item Text (Fungsi Sosial News Item Text)


    What is the social function of news item text? Adapun fungsi social atau tujuan news item text yaitu to inform the readers or listeners about newsworthy events of the day; yang artinya untuk menyampaikan informasi kepada pembaca atau pendengar tentang suatu kejadian atau peristiwa penting saat ini.

    Selain itu, tujuan news item text ini juga dipengaruhi oleh topik yang dibahas. Topik utama ini dapat diketahui secara langsung pada judul news item text itu sendiri. Dalam hal ini, news item text bertujuan to tell the readers or listeners the important information abour the factual events they should know and then react to; yang artinya memberitahukan kepada para pembaca atau pendengar informasi penting tentang peristiwa factual yang harus mereka tahu dan kemudian mereka tanggapi. Hal ini dikarenakan news item text juga memberikan kebebasan kepada masyarakat untuk menentukan sikap sebagai respon atau tanggapan terhadap suatu berita.

    News item text juga berfungsi untuk to reminds the readers or listeners to be careful and concerned about the actual events, such as crime, disaster, social abuse, etc so that they may decide which is better for them to do or prevent; yaitu untuk mengingatkan kepada pembaca dan pendengar untuk berhati-hati dan penuh perhatian terhadap peristiwa actual, seperti kejahatan, bencana, atau kekerasan social dan sebagainya, sehingga mereka bisa memutuskan yang lebih baik mereka lakukan atau cegah.


    Generic Structure of News Item Text (Struktur Umum News Item Text)


    What is the generic structure of news item text? Adapun struktur umum news item text yaitu 1) main event atau newsworthy events, 2) elaboration atau background event, dan 3) resource of information. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

    1. Main event or Newsworthy events


    Main event berasal dari kata “main” yang artinya “utama atau pokok” dan dari kata event “yang artinya “peristiwa atau kejadian”. Jadi main event merupakan bagian dari news item text yang berisi tentang ringkasan dari suatu peristiwa yang menjadi ide pokok pembahasan. Bagian ini terletak pada paragraph awal dan berupa informasi penting seputar peristiwa atau kejadian yang perlu pembaca atau pendengar ketahui. Biasanya, main part ini memuat sekilas tempat, waktu, kondisi, dan tokoh yang terlibat dalam peristiwa tersebut.

    Selain itu, main event ini juga disebut juga dengan newsworthy events yaitu bagian dari news item text yang penting untuk diketahui oleh pembaca karena bagian ini menggambarkan sekilas isi dari seluruh teks. Dengan kata lain, penulis akan menyajikan peritiwa yang actual dan up to date atau “terbaru” untuk menarik perhatian para pembaca atau pendengar. Kemudian, bagian newsworthy event yang ada dalam news item ini biasanya diawali dengan kota dan juga media penerbit berita tersebut.

    2. Elaboration or Background Event


    Elaboration, disebut juga dengan “penjelasan atau uraian” merupakan bagian dari news item yang menjelasakan atau menguraikan peristiwa dan kejadian secara jelas, singkat, dan padat. Bagian ini berisi 5W + 1H yaitu what, where, when, who, why, dan how—sebagaimana yang telah dijelaskan di atas.

    Selain itu, Elaboration ini disebut juga dengan “background event” yaitu latar belakang yang menyebabkan peristiwa itu terjadi. Terletak pada paragraph ke-2 dan seterusnya, bagian ini memuat apa dan siapa saja yang terlibat, dimana, kapan, mengapa, serta bagaimana peristiwa atau kejadian tersebut dapat terjadi. Misalnya, waktu, lokasi, dan tokoh-tokoh yang teribat dalam peristiwa.

    Kemudian, bagian ini perlu ditulis dengan lengkap dan komprehensif. Hal ini dikarenakan background event ini mendeskripsikan bagian main event agar pembaca atau pendengar memperoleh pemahaman yang utuh dan menyeluruh dari isu atau topik berita. Jadi, pada akhirnya pembaca atau pendengar mampu menyimpulkan isi berita dan mengambil pesan atau nilai-nilai dari peristiwa atau kejadian yang disampaikan.

    3. Resource of Information (Source)


    Resource of information, disebut juga dengan source yang artinya “sumber”, merupakan bagian dari news item text yang menjadi sumber informasi yang mendukung peristiwa atau kejadian yang diinformasikan dalam berita. Bagian ini berisi tentang pernyataan, kesaksian, atau ungkapan dari orang lain yang terlibat dalam peristiwa atau kejadian tersebut, seperti saksi, narasumber, informan, dan sebagainya.

    Selain itu, resource of information ini tidak hanya berisi opini atau argument dari para ahli atau saksi mata, tetapi juga fakta-fakta atau komentar yang terjadi di lapangan dan dialami oleh orang-orang yang terlibat dalam kejadian; misalnya, pelaku atau korban kejahatan. Oleh karena itu, resource of information ini dinyatakan dalam pola kalimat langsung dan tidak langsung (direct & indirect speech).

    Baca Juga:


    Language Feature of News Item Text (Unsur Kebahasaan News Item Text)


    What are the language features of news item text? Adapun unsur-unsur kebahasaan news item text yaitu sebagai berikut.


    Simple Present Tense


    News item text pada umumnya menggunakan simple present tense. Simple present tense merupakan pola waktu yang menunjukkan kejadian yang biasa terjadi di masa kini atau sekarang, atau pekerjaan yang senantiasa dilakukan di masa kini dalam kehidupan sehari-hari (menjadi sebuah kebiasaan). Simple present tense ini ditadai dengan:
    • Penggunaan simple verb yaitu verb-1 atau verb-s/es.
    • Penggunaan to be yaitu is, am, dan are.
    • Penggunaan auxiliary verb yaitu do atau does.
    Contoh:
    Guangdong is one of at least seven provinces where the record rainfall has caused severe landslides and flooded roads, according to state media. In southwestern Guizhou province, swollen rivers spilled over roads, sweeping away cars and homes, videos on social media showed. The downpours come amid warnings by experts that extreme weather is becoming more frequent.

    *Selain itu, news item text juga dapat menggunakan pola Present Tense lainnya, seperti a) Present Continuous: be (is, am, are) + Verb-ing, b) Present Perfect: have/has + Verb-3, dan c) Present Perfect Continuous: have/has been Verb-ing. Kemudian, news item juga dapat menggunakan simple past tense yaitu bentuk kalimat untuk mengungkapkan suatu kejadian di masa lampau. Soalnya, berita baru ditulis saat peristiwanya sudah terjadi.

    Baca Juga:


    Saying Verb & Action Verb


    Verb, disebut juga dengan verba atau kata kerja merupakan sebuah kata yang menyatakan suatu aktivitas atau kegiatan dan kondisi dari suatu peristiwa yang terjadi. Sementara itu, news item text seringkali menggunakan saying verb. Saying verb itu sendiri diartikan sebagai sebuah kata yang berfungsi menyampaikan atau mengatakan pendapat penulis. Saying verbs juga disebut reporting verb karena kata ini sering digunakan dalam reported speech. Misalnya, respond, say, answer, ask, reply, inquire, tell, dan sebagainya.

    Kemudian, action verb merupakan sebuah kata yang berfungsi untuk menunjukkan adanya suatu aksi atau perbuatan. Action verb juga disebut sebagai “dynamic verbs” yaitu kata kerja yang merujuk pada suatu tindakan yang terlihat oleh orang lain. Misalnya, value, ask, tell, argue, treat, kick, kill, dan sebagainya.
    Contoh:
    "Cold and warm air has converged over southern China, and the two sides have entered a deadlock and a tug of war," Wang Weiyue, an analyst at weather.com.cn, an arm of the China Meteorological Administration, told Reuters.

    Baca Juga:


    Passive Voice


    Passive voice juga seringkali ditemukan dalam news item text. Passive voice, disebut juga dengan kalimat pasif adalah sebuah kalimat yang mana suatu objek kalimat dikenai suatu tindakan atau aksi oleh subjek. Pada dasarnya, passive voices digunakan dalam news item text bertujuan untuk menekankan fokus pada kejadian yang berlangsung daripada subjeknya.

    Kemudian, passive voice seringkali kita temukan dalam pernyataan-pernyataan ilmiah atau faktual. Sementara itu, passive voice ditandai dengan struktur kalimat yaitu “be + Past Pasticiple atau Verb-3”. Be yang dimaksud dapat berupa is, are, be, dan sebagainya. Dalam bahasa Indonesia, passive voice ini memiliki makna verb atau kata kerja yakni “di- atau ter-“.
    Contoh:
    Almost half a million people have been affected by floods and landslides in the Chinese province of Guangdong, according to authorities, after parts of southern China were hit by the heaviest downpours in 60 years over the weekend.

    Baca Juga:


    Modal


    Modal merupakan auxiliary verb atau kata kerja bantu yang seringkali mengiringi main verb (kata kerja) utama. Modal dapat membentuk makna baru dan dapat mengungkapkan suatu ekspresi. Misalnya, ekspresi willingness (kemauan) atau ability (kemampuan), necessity (kebutuhan), dan possibility (kemungkinan).

    Modal auxiliary verb ini biasanya diikuti dengan base form of verb atau simple verb yaitu kata kerja dasar yang tidak mendapatkan imbuhan berupa akhiran atau mengalami perubahan kata. Adapun modal yang sering kali digunakan dalam news item text yaitu can, could, may, might, shall, should, will, would, have to, is/are able to, is/are supposed to, must, dan sebagainya.
    Contoh:
    There is no guarantee that the two companies, which are not in negotiations at the moment, will come to an agreement. But earlier talks are a sign that they may be from a stronger partnership aim intensifying competition from companies like Google and Facebook.

    Baca Juga:


    Noun & Noun Phrase


    Noun, disebut juga dengan nomina atau kata benda adalah kata yang digunakan untuk menunjukkan atau menamai orang, benda, hewan, tempat, dan konsep abstrak, seperti ide, gagasan, dan lain-lain. Sedangkan, noun phrases, disebut juga dengan frasa nomina adalah sekumpulan kata yang berfungsi sebagai kata benda. Pada umumnya, noun phrase memiliki struktur kata, yaitu “Determiner + Adjective + Noun”. Baik noun ataupun noun phrase dapat kita jumpai dalam semua jenis teks dalam bahasa Inggris.
    Contoh:
    Flooding caused by the torrential rain has forced 177,600 people to relocate, destroyed 1,729 houses, damaged 27.13 hectares of crop and caused losses of more than $250 million, Guangdong's Department of Emergency Management said Tuesday.

    Baca Juga:


    Conjunction & Connective Word


    Conjunction, disebut juga dengan konjungsi atau kata hubung merupakan kata yang berfungsi untuk menghubungkan dua kata, frasa (phrase), klausa (clause), atau paragraf (paragraph). Kemudian, conjunction juga dapat menghubungkan thoughts (pemikiran), actions (tindakan), and ideas (ide), sebagimana nouns (kata benda), clauses (klausa), and other parts of speech (part of speech lainnya). Contohnya, because, for, due to, so, and, while, when, dan sebagainya.

    Sementara itu, terdapat beberapa conjunction yang seringkali digunakan dalam news item text yaitu sebagai berikut.
    • Adding information adalah kata hubung yang berfungsi untuk menambahkan informasi. Misalnya, and, moreover, in addition, furthermore, dan also.
    • Contrasting information adalah kata hubung yang berfungsi untuk mengkontraskan sesuatu. Misalnya, but, however, nevertheless, though, dan even though.
    • Causality adalah kata hubung yang berfungsi untuk menunjukkan sebab-akibat. Misalnya, because, therefore, thus, consequently, despite, due to, for that reason, dan sebagainya.
    • Time adalah kata hubung yang berfungsi untuk menunjukkan rangkaian atau tata urutan waktu secara kronologis. Misalnya, second, then, next, dan sebagainya.
    • Comparison adalah kata hubung yang berfungsi untuk perbandingan terhadap dua hal atau lebih. but, rather, on the other hand, dan sebagainya.

    Contoh:
    Flooding caused by the torrential rain has forced 177,600 people to relocate, destroyed 1,729 houses, damaged 27.13 hectares of crop and caused losses of more than $250 million, Guangdong's Department of Emergency Management said Tuesday.

    Baca Juga:


    Adverb & Adverbial Phrase


    Adverb, disebut juga sebagai adverbial atau kata keterangan, merupakan bagian part of speech yang berfungsi untuk menerangkan verb (kata kerja), adjective (kata sifat), maupun adverb (kata keterangan) lainnya. Adverb memberikan penjelasan terkait: waktu, tempat, cara, derajat keseringan, dan lain-lain. Contohnya, always, really, often, just, never, ever, slowly, regularly, dan sebagainya.

    Sedangkan adverbial phrase adalah frasa atau kumpulan beberapa kata yang berfungsi sebagai keterangan. Adverbial phrase yang seringkali muncul dalam news item text adalah adverbial phrase yang berkaitan dengan cara atau derajat kepastian. Misalnya, surely, exactly, absolutely, entirely, mostly, dan sebagainya.
    Contoh:
    Almost half a million people have been affected by floods and landslides in the Chinese province of Guangdong, according to authorities, after parts of southern China were hit by the heaviest downpours in 60 years over the weekend.

    Baca Juga:


    Example of News Item Text (Contoh News Item Text)


    What is the example of news item text? Berikut ini kami sajikan beberapa contoh news item text.

    a) Example of News Item Text about “Hundreds of thousands affected by floods, landslides as heaviest rain in 60 years hits southern China”


    Main Events:
    Almost half a million people have been affected by floods and landslides in the Chinese province of Guangdong, according to authorities, after parts of southern China were hit by the heaviest downpours in 60 years over the weekend.

    Background event:
    Flooding caused by the torrential rain has forced 177,600 people to relocate, destroyed 1,729 houses, damaged 27.13 hectares of crop and caused losses of more than $250 million, Guangdong's Department of Emergency Management said Tuesday.
    Guangdong is one of at least seven provinces where the record rainfall has caused severe landslides and flooded roads, according to state media. In southwestern Guizhou province, swollen rivers spilled over roads, sweeping away cars and homes, videos on social media showed. The downpours come amid warnings by experts that extreme weather is becoming more frequent.
    Precipitation in Guangxi, Guangdong and Fujian reached its highest since 1961, local weather bureaus said on Saturday, as those areas recorded an average rainfall of 621 millimeters (24.4 inches) in the 46-day period from May 1 and June 15, according to state news agency Xinhua.
    That figure is equal to more than 90% of the countrywide average of 672.1 millimeters for the whole of 2021, based on data by the National Climate Center. Weather experts say conditions are ripe for further heavy rainstorms in the south of the country and heatwaves in the north.

    Source:
    "Cold and warm air has converged over southern China, and the two sides have entered a deadlock and a tug of war," Wang Weiyue, an analyst at weather.com.cn, an arm of the China Meteorological Administration, told Reuters.
    Heavy rain is forecast to persist until Tuesday in the southern provinces of Guizhou, Jiangxi, Anhui, Zhejiang and Guangxi and then move northward.
    Adopted from CNN (https://edition.cnn.com/2022/06/20/world/southern-china-southern-severe-flood-rain-climate-crisis-intl-hnk)


    b) Example of News Item Text about “Town Contaminated”

    Main event:
    Moscow - A Russian journalist has uncovered evidence of another soviet nuclear catastrophe, which killed 10 sailors and contaminated an entire town.

    Elaboration:
    Yelena Vazrshaskya is the first journalist to speak to people who witnessed the explosion of a nuclear submarine at the naval base of Shkortova-22 near Vladivostok.
    The accident, which occurred 13 months before the Chernobyl disaster, spread radioactive fall-out over the base and nearby town, but was covered up by officials of the Soviet Union. Residents war told the explosion in the reactor of the Victor-class submarine during a refit had been a 'thermal' and not nuclear explosion. And those involved in the clean-up operation to remove more than 600 tons of contaminated materials were sworn to secrecy.

    Resource Information:
    A board of investigation was later to describe it as worst accident in the history of the Soviet Navy.


    c) Example of News Item Text about “Indonesia Shine at Run for Friends”

    Main event:
    Two hundred runners from Indonesia and Papua New Guinea (PNG) ran from Wutung to Skouw in the international Cross Border 10K on Wednesday.

    Elaboration:
    The race started at Wafa Village, Vanimo, 7,5 kilometers from the RI-PNG border in Wutung, PNG and finished in Skouw, Indonesia. The event which adopted 'Run for Friendship' as its theme, started at 8 a.m. Eastern Indonesia Time.
    Heavy rain did not affect the participants who kept their high spirits throughout the race. The event was dominated by male runners. There were only eight female runners in the event.
    Hanafi of Indonesia was first placed in the male category, completing the course in 31 minutes. Another Indonesian, FG Manori was first place in the female category, completing the course in 44 minutes. The winners in both categories received a cash prize of Rp 5 million, respectively.

    Resource information:
    The cross-border race was the first of its kind held between the two neighboring countries and was made possible thanks to cooperation between Indonesia Papua provincial administration, as well as the support of PT Freeport Indonesia as the event partner.


    d) Example of News Item Text about “An Alliance Could the Answering the Growing Threat from Google and Facebook”

    Main event:
    Apple, which has stumbled in its efforts to get into social media, has talked with Twitter in recent months about making a strategic investment in it, according to people briefed on the matter.

    Elaboration:
    Although Apple has been hugely successful in selling phones and tablets, it has little traction in social networking, which has become a major engine of activity on the web and on mobile devices. Social media are increasingly influencing the ways people spend their time and money - an important consideration for Apple, which also sells applications, games, music, and movies.
    Apple has considered an investment in the hundreds of millions of dollars, one that could value Twitter at more than $10 billion, up from an $8,4 billion valuation last year, these people said. They declined to be identified because the discussions were private.

    Resource Information:
    There is no guarantee that the two companies, which are not in negotiations at the moment, will come to an agreement. But earlier talks are a sign that they may from a stronger partnership aim intensifying competition from companies like Google and Facebook.


    e) Example of News Item Text about “Death Toll from Indonesia’s Volcano Eruption Climbs to 34”

    Main Event:
    Search and rescue operations are still under way to find 16 people missing after the eruption of Java’s Mount Semeru. The death toll from the eruption on Saturday of the highest volcano on Indonesia’s Java island has risen to at least 34, local officials said, and rescue operations are still under way. Mount Semeru, in the Lumajang district of East Java province, spewed thick columns of ash more than 12,000 metres (40,000 feet) into the sky, with searing gas and lava flowing down its slopes after the sudden eruption. The disaster left entire streets filled with mud and ash, swallowing homes and vehicles in several villages.

    Elaboration:
    “So far, 34 people have died and 16 are still being searched [for],” Wayan Suyatna, head of the local search and rescue agency, told state media on Tuesday, raising an earlier death toll of 14. He added that nearly 3,700 people have been evacuated from the affected area.
    Rescuers have been battling dangerous conditions since the eruption, searching for survivors and bodies in the volcanic debris, wrecked buildings and destroyed vehicles. Search crews deployed dogs on Tuesday to aid the operation.
    Mount Semeru has remained active since Saturday, with small eruptions keeping emergency workers and residents on edge. On Tuesday, there were three small eruptions, each spewing ash about a kilometre (3,300 feet) into the sky, authorities said. Officials have advised locals not to travel within 5km (3.1 miles) of Semeru’s crater, as the nearby air is highly polluted and could affect vulnerable groups.

    Resource Information:
    Indonesia, an archipelago of more than 270 million people, is prone to earthquakes and volcanic activity because it sits along the Pacific “Ring of Fire”, a horseshoe-shaped series of fault lines. (This article was published in Al Jazeera Creative Commons)


    Referensi:
    1. Intan Aulia Husnunnisa. (2022). News Item Text: Definisi, Tujuan, Struktur, dan Contohnya. Situs: https://www.english-academy.id/blog/news-item-text diakses pada tanggal 24 April 2023.
    2. Putri Tiah Hadi Kusuma. (2023). Contoh News Item Text Beserta Ciri dan Strukturnya. Situs: https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6554939/contoh-news-item-text-beserta-ciri-dan-strukturnya. diakses pada tanggal 24 April 2023.
    3. Embun Bening Diniari. (2023). News Item Text: Pengertian, Tujuan, Struktur, Kebahasaan & Contoh | Bahasa Inggris Kelas 12. Situs: https://www.ruangguru.com/blog/struktur-dan-contoh-news-item-text diakses pada tanggal 24 April 2023.

    Demikian, artikel terkait news item text dalam bahasa Inggris: pengertian, fungsi, struktur, unsur kebahasaan, & contohnya. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan bahan belajar. Terima kasih. 😊

    Post a Comment

    "Terima kasih Anda telah mengunjungi blog kami. Kami berharap Anda dapat memberikan saran, kritik, ataupun dukungan yang positif dan membagun agar kami dapat melakukan perbaikan pada artikel blog kami."

    Previous Post Next Post